Resep Cara Membuat Mie Ayam Solo Sederhana Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Mie Ayam Solo Sederhana Enak

Resep Cara Membuat Mie Ayam

Resep mie ayam, seperti yang kita ketahui bahwa mie ayam merupakan makanan yang sering kita konsumsi. Mie ayam sudah menyebar ke berbagai penjuru daerah di sekitar kita. Jadi memang untuk bisa menikmati mie ayam sudah bisa dengan mudah sekali. Tinggal pergi ke warung yang mejual mie ayam. Selain itu mie ayam sering disebut juga dengan bakmi ayam yang merupakan masakan Indonesia. Mie ayam dibuat dengan bahan dasar mie kuning sebagai bahan utamanya yang direbus dengan air mendidih. Sebagai bahan pelengkapnya mie ayam disajikan dengan saos kecap, daging ayam dan sayuran.

Cara membuat mie ayam yang bisa juga ditambah dengan berbagai makanan variasi seperti menambahkan pentol bakso pangsit ataupun jamur. Mungkin anda pecinta mie ayam namun apakah anda tahu mie ayam berasal dari mana. Mie ayam asalnya dari Cina namun mie ayam yang sudah menyebar di Indonesia yang serupa tidak akan kita temui di Cina. Meskipun mie ayam ini bukan asli Indonesia namun sekarang sudah menjadi makanan tradisional dan tersebar di seluruh Indonesia. Terutama bagi anda penduduk jawa makanan ini hampir seperti makanan pokok. Kalau anda sering membeli mie ayam pasti tahu mie ayam yang terkenal darimana yaitu berasal dari Wonogiri.

Resep Mie Ayam, Cara Membuat Mie Ayam

Resep mie ayam dengan tambahan sayuran dan daging akan sangat nikmat dinikmati. Selain itu mie ayam juga banyak variasinya seperti mie ayam ceker, mie ayam bakso, mie ayam pangsit dan mie ayam lainnya. Selain itu mie ayam banyak sekali kita temui dengan menggunakan bahan sayuran seperti bayam dan wortel.

Cara membuat mie ayam, belum complete rasanya apabila hanya sebagai pecinta dan pengkonsumsi mie ayam saja. Alangkah baiknya anda mencoba membuat sendiri pasti anda penasaran bagaimana cara membuat mie ayam sendiri. Mie ayam dengan ciri khas anda sendiri. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita coba buat mie ayam sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita.

Resep yang sederhana ini bisa anda coba dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Untuk detail bahannya bisa anda simak berikut ini.

Resep Mie Ayam

Bahan Ukuran
Mie ayam 1/2 kilogram
Daun bawang iris halus 2 batang
Kecap asin 100 ml
Kecap manis 10 ml
Minyak ayam 100 ml
Sawi manis potong-potong 1 ikat
Daging ayam 250 gram
Bumbu yang dihaluskan :
Bahan Ukuran
Bawang merah 5 buah
Gula secukupnya
Kemiri 3 butir
Jahe 2 cm
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Kunyit 2 cm
Bahan Kaldu :
Bahan Ukuran
Tulang ayam secukupnya
Lada bubuk ½ sedok teh
Air 2000 ml
Garam 1 sendok teh
Cara membuat mie yang enak bisa anda ikuti step berikut ini tentunya dengan bahan diatas sudah disiapkan terlebih dahulu secara lengkap. Karena bahan yang lengkap akan memperlancar anda untuk melakukan pembuatan mie ayam yang enak. Simak berikut ini.

Cara Membuat Mie Ayam

  1. Pertama-tama untuk membuat mie ayam yang enak yaitu dengan membuat kaldunya terlebih dahulu dengan merebus kaldu hingga mendidih.
  2. Selanjutnya tumis bumbu hingga matang, agak layu dan wanginya harum yang sebelumnya bumbu dihaluskan terlebih dahulu.
  3. Tahap selanjutnya yaitu memasukkan daging yang sudah direbus kemudian menumisnya dan menambahkan sedikit gula untuk rasanya. Kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Tahap berikutnya yaitu proses penyajian yaitu dengan mengambil mangkuk kemudian masukkan mie ayam dan sawi yang sudah direndam di kuah kaldu sebelumnya. Tambahkan kaldu untuk sedikit kuahnya tamahkan bumbu juga. Selanjutnya anda bisa menambahkan irisan tomat kemudian anda bisa menambahkan sedikit saus tomat dan kecap manis.
  5. Mie ayam sudah siap dan bisa dihidangkan.
Resep yang mungkin anda belum pernah mencobanya karena selama ini anda sering membeli untuk menikmati mie ayam. Sesekali anda bisa berkresasi dengan resep yang satu ini dan pastinya mantap sekali. Resep mie ayam bisa menjadi sajian untuk keluarga tercinta selain itu cara membuat yang begitu mudah dan simple.

oke sekian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat mie ayam yang enak. Semoga bisa bemanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Selain itu sudah banyak sekali artikel menarik lainnya tentang resep yang sudah saya tulis disini anda bisa membaca dan mencobanya seperti.