Resep Cara Membuat Opor Ayam Sederhana Enak dan Lezat - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Opor Ayam Sederhana Enak dan Lezat

Resep Cara Membuat Opor Ayam

Resep opor ayam, resep yang sangat terkenal di Indonesia. Masakan yang disekitar kita mudah untuk ditemui. Masakan ini sudah melegenda ke seluruh pelosok Negeri terutama di daerah-daerah Indonesia. Opor ayam berasal dari daerah Jawa khususnya Jawa Timur sebelah barat dan Jawa Tengah. Namun demikian tidak hanya di Jawa namun masakan ini sudah menyebar ke seluruh penjuru Negeri.

Cara membuat opor ayam yang sangat khas dan dikenal ini merupakan masakan yang menggunakan ayam yang direbus sebagai bahan utamanya yang kemudian diberi bumbu kental dari santan kemudian ditambah bumbu-bumbu yang lainnya seperti serai, kencur dan aneka rempah-rempah lainnya sebagai bumbu yang enak. Untuk tradisi d Jawa opor ayam lebih dikenal dan musim pada waktu menyambut hari raya Lebaran dan memang opor ayam terlihat meriah pada acara tersebut dengan bahan sajian khas disandingkan dengan ketupat dan opor ayam tidak lupa ditambah sambal goreng sebagai pelengkap rasa yang nikmat.

Resep Opor Ayam, Cara Membuat Opor Ayam

Resep opor ayam kuahnya berasal dari santan yang kental sehingga rasanya memang unik dan ciri khas Jawanya dapet banget. Perpaduan santan dan bumbu lainnya meresap hingga ke dalam daging sehingga rasanya begitu nikmat dan menggugah selera. Mantap deh pokoknya jadi anda penggemar kuliner di dalam Negeri tentunya bisa mencoba masakan yang memang tersebar di berbagai daerah ini yaitu opor ayam.

Cara membuat opor ayam bisa anda buat dirumah, selain menambah koleksi anda dalam menu masakan keluarga anda. Pastinya dengan ditambah dengan berbagai resep baru pastinya keluarga akan semakin cinta. Apalagi suami pasti tambah lahap dan tambah cnta sama anda karena keuletan anda dalam belajar memasak opor ayam ini.

Resep yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini tentu saja anda sudah tidak sabar untuk membuatnya. Berbagai bahan-bahan yang diperlukan seperti ayam, santan dan gula jawa masuk didalamnya dan berbagai rempah lainnya yang bisa anda siapkan pada detail bahan-bahan berikut ini.

Resep Opor Ayam

Bahan Ukuran
Ayam di potong-potong 1 ekor
Gula jawa 2 sendok teh
Serai dimemarkan 1 batang
Daun jeruk purut 3 lembar
Santan dari 1 butir kelapa 750 cc
Minyak 4 sendok makan
Bumbu di haluskan :
Bahan Ukuran
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 3 siung
Merica bulat 1 sendok teh
Ketumbar 1 sendok teh
Lengkuas atau laos 1 cm
Kemiri 5 butir
Garam 2 sendok teh
Minyak goreng 2 sendok makan
Cara membuat kita akan lanjutkan apabila bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul. Dengan terkumpulnya bahan berarti sudah siap untuk membuat opor ayam ini. Okke... siap kita lanjut..

Cara Membuat Opor Ayam

  1. Pertama-tama yang akan kita lakukan untuk membuat opor ayam adalah dengan memanaskan minyak pada wajan terlebh dahulu kurang lebih 4 sendok makan atau secukupnya. Setelah itu tahap menggoreng ayam hingga setengah matang kemudian ayam tersebut sisihkan angkat dan tiriskan.
  2. Kemudian menumis bumbu, siapkan wajan kemudian diberi minyak secukupnya dengan memanaskan wajan yang lumayan besar dengan api sedang masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian tumis hingga harum.
  3. Apabila sudah agak panas silahkan tuangkan santan, serai, gula dan jeruk purut kedalam wajan tersebut.
  4. Tahap selanjutnya dengan memasukkan ayam yang sudah digoreng setengah matang tadi kemudian rebus bersama bumu hingga empuk dan kuah santan terlihat agak mengental.
  5. Opor ayam sudah masak dan siap untuk disajikan.
Resep yang begitu mudah dan rasanya pasti nikmat sekali. Jadi tidak sabar untuk menikmatinya. resep opor ayam dengan kuah yang agak mengental bisa menjadi sajian yang begitu nikmat bagi keluarga dan kerabat tercinta. Resep ini bisa anda gunakan setiap saat untuk acara tertentu juga cocok. Cara membuat yang mudah sekali andapun bisa mempraktekkannya.

Demikian cara membuat opor ayam semoga menjadi inspirasi, referensi dan informasi yang bermanfaat bagi anda. Tentu saja sudah banyak sekali ditulis di blog ini tentang resep menarik lainnya yang bisa anda coba mudah seperti.