Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang Ikan Tenggiri dan Udang Asli Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang Ikan Tenggiri dan Udang Asli Enak

Resep Cara Membuat Tekwan

Resep tekwan, kini tekwan sudah banyak di temui di kota-kota besar terutama Palembang. Karena memang tekwan ini merupakan makanan khas palembang yang berupa hidangan sup. Tekwan berbahan dasar ikan dan sagu yang kemudian dibentuk dengan ukuran kecil-kecil sedemikian rupa dan disajikan dengan kuah. Untuk kuahnya dibuat dengan menggunakan kuah udang jadi memang tekwan ini mempunyai rasa yang khas dan unik.

Cara membuat tekwan, caranya tidak terlalu sulit andapun bisa membuatnya. Sebagai pelengkap tekwan biasanya di sandingkan dengan bihun, irisan bengkoang serta jamur yang dihias sedemikian rupa hingga terlihat cantik. Tidak lupa juga di atasnya di taburi dengan irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng jadi terlihat sangat cantik dan menggugah selera dan tak sabar untuk segera menyantapnya.
Resep Tekwan, Cara Membuat Tekwan
Resep tekwan, apabila anda sedang melakukan perjalanan ke kota Palembang Sumatera Selatan bisa mencoba kuliner yang satu ini. Ikan dan sagu yang dibentuk menyerupai pentol bakso ini kemudian di sajikan menggunakan kuah udang akan memberikan rasa khas seperti pempek. Rasanya yang memang mantap. Anda bisa mencoba membuat tekwan ini sendiri dirumah.

Cara membuat tekwan, membuatnya sendiri dirumah memang bisa menjadi cara terbaik apabila memang tidak sempat atau belum bisa berkunjung ke Palembang. Dengan bahan-bahan yang cukup mudah untuk di dapat di sekitar kita. Karena memang tidak ada bahan yang terlalu sulit untuk bahannya seperti jamur kuping, bengkoang, seledri dan banyak bahan lainnya yang akan di jelaskan dan bisa anda simak di bagian bahan dibawah ini.

Resep, resepnya sangat sederhana anda bisa mencari bahan-bahan seperti tabel di bawah ini.

Resep Tekwan

Bahan Ukuran
Margarin 2 sendok makan
Jamur kuping seduh kemudian di potong-potong 15 gr
Bunga sedap malam seduh kemudian di potong-potong 25 gr
Bengkoang potong kecil-kecil 125 gr
Soun/Bihun rendam dan potong-potong 25 gr
Seledri 1 sendok makan
Cuka 1/2 sendok teh
Bawang goreng 5 sdm
Air mineral 2000 ml
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang putih 5 siung
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam 4 sendok teh
Gula 1 sendok teh
Bahan Bulatan Tekwan
Bahan Ukuran
Daging udang, untuk kuliatnya buat kaldu 250 gr
Putih telur 1 buah
Garam 3/4 sendok teh
Gula Pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/8 sedok teh
Tepung kanji atau sagu 1 sendok makan
Cara membuat, apabila bahan sudah terkumpul kini giliran membuat, wah sudah tidak sabar ingin segera menyantapnya.. hehe.. silahkan simak terus.

Cara Membuat Tekwan

  1. Membuat bulatan tekwan. untuk membuatnya yaitu blender udang sampai halus kemudian aduk udang cincang, tepung kanji, putih telur, garam, merica dan gula kemudian sisihkan.
  2. Rebus air sampai mendidih yang dicampur dengan kulit udang. Sambil menunggu mendidih anda bisa membentuk bulatan tekwan. Apabila rebusan air sudah mendidih silahkan bulatan adonan yang sudah dibentuk bisa dimasukkan kedalam kaldu hingga bulatan tekwan terapung. Kemudian angkat dan keluarkan bulatan tekwan.
  3. Tumis bumbu halus yang sudah dibuat sampai harum kemudian masukkan bulatan tekwan, bengkuang, bunga sedap malam, bihun/soun dan jamur kuping kemudian aduk hingga rata.
  4. Setelah selesai, tuangkan kedalam kaldu kemudian anda bisa memberi tambahan seledri dan cuka kemudian didihkan.
  5. Kini tekwan sudah jadi anda bisa menyajikannya dalam keadaan masih panas. Taburi bawang goreng renyak diatasnya. Hem... pastinya akan terasa nikmat sekali.
Resep, demikian diatas sudah saya bahas dengan cara membuat yang sangat sederhana. Mudah bukan?... tentu saja anda bisa membuatnya setiap hari, atau bisa juga sebagai koleksi menu di rumah anda jadi makan menjadi lebih mantap.

Resep tekwan yang sudah saya tulis di atas bisa anda hias atau percantik sehingga tampak lebih nikmat seperti menaburi bawang goreng dan seledri di atasnya. Atau dengan kreasi yang lain dari cara anda.

Demikian cara membuat tekwan di kesempatan sharing kali ini. Silahkan baca artikel menarik lainnya pada blog ini. Banyak resep yang sudah saya tulis untuk menambah koleksi resep anda sehari-hari dirumah. Resep lain yang bisa anda coba seperti.