Resep Cara Membuat Tengkleng Kambing Khas Solo - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tengkleng Kambing Khas Solo

Resep Cara Membuat Tengkleng Kambing

Resep tengkleng kambing, kali ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Tengkleng merupakan sejenis sup yang dibuat dengan bahan utama yang berbahan dasar daging, jeroan atau tulang kambing. Karena bahan dasarnya adalah daging kambing jadi disebut juga dengan tengkleng kambing. Resep ini cocok untuk anda yang mempunyai daging kambing atau lebih cocok juga seperti idul adha karena memang banyak daging kambin hasil qurban yang melimpah ruah.

Cara membuat tengkleng kambing yang nantinya akan kita bahas pada akhir artikel ini. Tengkleng kambing berasal dari Solo. Masakan yang memang tekenal di daerah tersebut. Apabila anda mampir di Solo bisa mencoba makanan tengkleng kambing yang khas ini. Jadi bisa dimasukkan dalam daftar kuliner anda. Tengkleng kambing mirip dengan gulai kambing namun kuahnya lebih encer.
Resep Tengkleng, Resep Tengkleng Kambing, Cara Membuat Tengkleng, Cara Membuat Tengkleng Kambing
Resep tengkleng kambing, resep yang mantap untuk urusan daging kambing. Bumbu diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan masakan yang menggugah selera. Dengan daging yang empuk dan kuah yang dicampur dengan bumbu yang khas akan terasa lebih gurih dan dagingnya empuk. Anda bisa menikmati tengkleng kambing dengan sepiring nasi hangat.

Cara membuat tengkleng kambing begitu mudah. Dengan beberapa bahan yang bisa anda dapatkan di pasar. Untuk membuat tengkleng kambing yang mantap campuran bahnnya seperti bawang merah, bawang putih, daun salam dan daun jeruk dan beberapa bahan lain akan menjadi campuran yang begitu khas. Pastinya anda akan ketagihan dengan tengkleng kambing ini.

Resep yang akan disajikan terlebih dahulu yaitu mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut.

Resep Tengkleng Kambing

Bahan Ukuran
Tulang kambing sedikit berdaging 500 g
Air 1 liter
Minyak sayur 3 sdm
Bawang merah iris tipis 3 butir
Bawang putih iris tipis 2 siung
Daun salam 1 lembar
Daun jeruk 2 lembar
Serai memarkan 1 batang
Santan 500 ml
Tomat hijau 4 buah
Haluskan Bahan :
Bahan Ukuran
Kemiri 3 butir
Bawang merah 2 butir
Bawang putih 1 butir
Kunyit 2 cm
Lengkuas 1 cm
Jahe 1 cm
Merica butiran ½ sendok teh
Ketumbar ½ sendok teh
Gula merah 20 g
Garam 1 sendok teh
Bahan Pelengkap :
Bahan Ukuran
Bawang merah goreng Secukupnya
Sambal kecap rawit Secukupnya
Apabila bahan sudah lengkap dan terkumpul kini giliran membuat tengkeleng kambing yang mantap. Untuk membuatnya anda simak dibawah ini.

Cara Membuat Tengkleng Kambing

  1. Rebus tulang kambing yang sudah di cuci dengan air bersih hingga empuk.
  2. Tumis irisan bawang putih dan bawang merah hingga harum hingga agak layu.
  3. Kemudian masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya ditumis secara bersama-sama kemudian angkat. Lalu hasil tumisan di tuangkan ke dalam rebusan tulang kambing tadi. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
  4. Masukkan santan dan tomat hijau kemudian tungu hingga bumbu meresap dan tercampur dengan baik.
  5. Tengleng kambing sudah masak dan siap untuk dihidangkan dengan mantap jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap sebagai penghias. Sajikan hangat anda pasti tidak sabar untuk menyantapnya. Selamat makan..
Resep yang bisa di coba dirumah. Resep tengkleng kambing cocok untuk makanan sehari-hari atau di idul adha qurban kambing banyak jadi resep ini bisa di coba. Dengan cara membuat yang mudah sepeti yang sudah di tulis di atas.

Demikian cara membuat tengkleng kambing dan sharing kali ini. Banyak artikel menarik yang sebelumnya sudah saya posting untuk koleksi kuliner. Silahkan simak dan baca.