Resep Cara Membuat Bakso Malang Komplit Enak dan Spesial - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Bakso Malang Komplit Enak dan Spesial

Resep Cara Membuat Bakso Malang Komplit Enak dan Spesial

Bakso malang, bakso yang sudah populer dan merupakan bakso yang khas dari kota Malang. Sebagian dari kita mungkin sudah tahu tentang bakso malang apalagi yang memang hobi kuliner pasti sudah tidak diragukan lagi atau sudah tahu dengan resep bakso malang. Berbagai jenis bakso yang beredar bakso malang komplit mampu menjadikan dan mempunyai ciri khas tersendiri. Pada umumnya bakso yang sering kita lihat di jalanan dan sering sekali muncul adalah bakso solo dan bakso malang. Saking menyebarnya sekarang bakso ini sudah banyak bermunculan di daerah-daerah tertentu.

bakso malang, resep bakso malang, cara membuat bakso malang

Seperti yang kita ketahui olahan bakso sebenarnya bukan berasal dari daerah kita, olahan bakso ini awalnya bermulai dari Tionghoa akan tetapi bakso yang kita buat jelas berbeda dengan bakso asal Tionghoa seperti daging dan cara pembuatannya. Resep bakso malang terbuat dari daging sapi sedangkan bakso Tionghoa menggunakan daging babi. Kalau dilihat dari bentuk juga sangat berbeda seperti bulatan adonan yang dibentuk oleh bakso malang lebih bulat dari Cina. Dari cara penyajian juga berbeda jadi memang bakso malang ini khas.

Dengan rasanya yang nikmat tentu kita ingin mengetahui bagaimana cara membuat bakso malang. Kali ini sahabat dapur resep nusantara bisa mencoba olahan bakso malang mulai dari bahan, cara pembuatan serta penyajian untuk hidangan sehingga bisa kita santap dengan mantap. Bakso malang memang lezat di nikmati kapan saja, apalagi di musim dingin lebih hangat dan nikmat. Untuk membuatnya sangatlah mudah kita bisa mencoba resep bakso malang sendiri di rumah. Butuh kesabaran serta kemauan untuk mencoba pantang menyerah. Anda bisa menyimak artikel berikut ini hingga habis.

Resep Bakso Malang

Bahan Ukuran
Daging sapi 350 gram
Tepung sagu 50 gram
Bawang putih 4 siung
Merica 1/2 sendok teh
Garam 3 sendok teh
Air es 100 cc
Telur 1 butir
Bahan Kuah
Bahan Ukuran
Air 2 liter
Lutut sapi atau tulang sapi 600 gram
Bawang putih 6 siung
Daun bawang yang di Iris tipis 2 batang
Garam 3 sendok teh
Merica 1/2 sendok teh
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Kulit pangsit yang di Goreng 10 lembar
Mi kuning basah 150 gram
Bawang goreng secukupnya
Sambal rebus secukupnya
Tahu goreng di potong serong 10 buah

Cara Membuat Bakso Malang

  1. Cara pertama untuk membuat bakso malang yaitu dengan membuat baksonya terlebih dahulu. Menyiapkan bahan seperti bawang putih,merica dan garam yang kemudian digiling hingga halus.
  2. Campurkan juga dengan beberapa bumbu lainnya seperti tepung sagu, telur, air es dan bumbu halus. Kemudian di banting-banting dan di aduk rata hingga tercampur dengan sempurna.
  3. Ambil kurang lebih sekitar 1/3 bagian dari adonan yang nantinya akan dibuat isi untuk tahu.
  4. Siapkan air kemudian didihkan apabila sudah matikan. Selanjutnya yaitu membuat bakso dengan ukuran bulan kurang lebih 2 macam bisa dengan ukuran kecil dan ukuran besar.
  5. Bulatan bakso yang sudah dibuat di masukkan ke dalam air yang sudah mendidih hingga adonan bakso habis. panaskan kembali air dan masak hingga bakso mengapung. Kemudian bisa diangkat dan tiriskan.
  6. Sebagian adonan yang tadi di sisihkan dibuat untuk isi tahu yang dikukus.
  7. Selanjutnya membuat kuahnya dengan bumbu yang diperlukan yaitu bawang putih, merica dan garam. Didikan air dengan beberapa bumbu yang dimasukkan bersama yaitu bumbu di atas kemudian tulang. Apabila sudah bisa di angkat untuk disaring agar kuah lebih jernih kemudian taburi juga dengan daun bawang.
  8. Semuanya sudah beres tinggal di hidangkan.

Untuk penghidangan seperti biasa dengan menggunakan mangkuk yang kemudian diisi dengan mie bakso dan tahu yang telah di buat di atas tata dengan baik dan siram dengan kuah yang sudah jadi. tambahkan juga daun bawang serta bawang goreng agar lebih mantap. Bakso malang siap untuk disantap sebagai pelengkapnya bisa menggunakan bahan pelengkap yang sudah ada di atas.

Demikian resep bakso malang dan cara membuat bakso malang yang sangat sederhana dan simpel. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat serta selamat mencoba.

(Resep Sayur Sop dan Cara Membuat Roti Maryam)