Resep Membuat Cara Memasak Sayur Sop Bening Enak dan Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Membuat Cara Memasak Sayur Sop Bening Enak dan Sederhana

Resep Membuat Cara Memasak Sayur Sop Bening Enak dan Sederhana

Sayur sop, merupakan jenis sayuran yang biasa kita temui sehari-hari. Tidak jarang sayur sop menjadi pilihan untuk menu hidangan bersama dengan keluarga. Untuk itu kali ini akan dibuat resep sayur sop. Selain itu sayur sop juga baik bagi tubuh kita karena di dalamnya juga banyak mengandung gizi, rasanya enak dan warnanya juga beraneka ragam karena beberapa sayuran di masukkan ke dalamnya sehingga sangat cocok untuk kebutuhan kita.

Tentu saja sayur sop ini sangat cocok dan pas sebagai hidangan misalnya makan pagi, siang dan malam. Cara membuat sayur sop juga tidak begitu sulit, sangat sederhana dan mudah dibuat sendiri di rumah. Resep sayur sop bagi ibu-ibu tentu sudah mahir dan hafal dengan bahan yang digunakan untuk membuat sayur sop ini. akan tetapi mungkin sebagian dari kita masih belum mengetahui apa saja bumbu dan cara membuat sayur sop.

sayur sop,resep sayur sop,cara membuat sayur sop,cara memasak sayur sop,cara masak sayur sop

Sengaja kita bahas dan pilih sebagai judul artikel ini, apabila sahabat belum mengetahui silakan simak dan baca terus artikel ini sampai akhir. Bumbu yang sederhana dan mudah didapatkan di toko sayur terdekat atau bisa juga langsung pergi ke pasar tradisional untuk membelinya. Dengan mudahnya bumbu dan cara membuat sahabat bisa langsung praktek di rumah yang nantinya akan dibuat sajian makan bersama keluarga.

Sayur sop kaya akan sayuran, dari berbagai jenis sayuran bisa dimasukkan ke dalamnya seperti wortel, kembang kok dan kentang. Resep sayur sop yang di Kombinasi dari sayuran akan membuat rasa semakin kaya dan layak dikonsumsi karena baik bagi tubuh. Kuah lebih alami bening dan tentu saja apabila dikonsumsi terasa segar. Selain itu sahabat bisa menambahkan seperti bahan pendukung lainnya seperti makaroni, cocok dan pas sekali apabila di makan hangat bersama dengan nasi putih. Berbagai kandungan yang baik ada dalam sayuran seperti kentang misalnya yang mengandung karbohidrat sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Mungkin sahabat juga suka dengan daging, resep sayur sop yang dikombinasikan dengan daging juga akan membuat sayur sop semakin mantap. Daging yang digunakan seperti daging sapi atau daging ayam kampung yang nanti akan dibuat sebagai kaldu.

Langsung saja untuk cara membuat sayur sop berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk resep sayur sop terlebih dahulu, sebagai berikut :

Resep Sayur Sop

Bahan Ukuran
ayam kampung potong menjadi bagian kecil 1/4 kg
Air secukupnya
wortel ukuran sedang di iris bulat 2 Batang
Daun kol yang iris kecil secukupnya
daun bawang di iris tipis 3 batang
daun seledri 3 batang
makaroni yang di rendam air panas 100 gram
kentang yang iris dadu 3 buah
Kembang kol di iris per kuntum secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
Bahan Ukuran
bawang merah 3 butir
bawang putih 3 siung
garam 2 sendok teh
gula pasir ½ sendok teh
kaldu ayam 1 sachet
merica butir 1 sendok makan

Cara Membuat Sayur Sop

  1. Pertama untuk membuat sayur sop yaitu merebus daging yang sudah disiapkan terlebih dahulu. daging yang sudah di cuci bersih di rebus hingga matang. apabila sudah masak bisa diangkat kemudian air hasil dari rebusan bisa di saring sehingga lebih jernih yang nanti akan dibuat sebagai kuah dari sayur sop.
  2. Apabila sudah bersih silakan tambahkan air lagi secukupnya kemudian didihkan lagi.
  3. Sementara menunggu kuah agar mendidih, kita bisa menumis bumbu yang akan digunakan untuk sayur sop terlebih dahulu. tumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas hingga wangi. kemudian masukkan hasil tumisan bumbu ke dalam sayur sop.
  4. Selanjutnya memasukkan bahan sayuran seperti kentang, wortel dan daun seledri yang kemudian di masak hingga matang.
  5. Masukkan juga tambahan bahan seperti daun kol, kembang kol, makaroni dan terakhir ayam yang sudah di rebus. tunggu beberapa saat hingga bahan-bahan empuk dan matang sempurna. apabila sudah bisa diangkat dan siap untuk disajikan.

Demikian sayur sop sudah matang, bisa disajikan dengan menggunakan mangkuk dan dihidangkan dengan nasi. Untuk lebih kreatif lagi sahabat bisa menggunakan potongan yang lebih unik dari bahan yang digunakan untuk resep sayur sop. Tujuannya adalah agar anak-anak yang mungkin agak sulit untuk makan bisa lebih menarik sehingga nafsu makan dari anak bisa stabil.

Semoga resep sayur sop dan cara memasak sayur sop ini bisa bermanfaat bagi sahabat dan bisa jadikan referensi untuk menambah menu memasak sahabat di rumah.

(Resep Roti Maryam dan Cara Membuat Iga Bakar)