Resep Cara Membuat Kolak Pisang Kepok Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Kepok Enak

Kolak pisang, makanan ini jarang kita temui pada hari-hari biasa. Pada umumnya kolak pisang sering dijumpai ketika bulan Ramadhan seperti kemarin. Terlihat seperti sajian buka puasa, atau takjil bahkan di pinggir jalan banyak sekali mereka menyajikan kolak secara Cuma-Cuma.

Namun, tidak ada salahnya menyajikan kolak pisang pada hari-hari biasa. Tentunya kolak ini akan memberikan rasa yang segar, manis dan spesial.

Untuk membuat kolak pisang kita juga bisa berkreasi, tidak hanya pisang saja yang dijadikan bahan utama. Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti labu, ubi dan kolang kaling agar isinya lebih bervariasi dan lebih spesial.

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Kepok Enak

Rasa manis dari kolak pisang akan terasa sekali manisnya di tenggorokan. Cocok sekali ketika dimakan ketika bersantai. Dari penampilannya yang sangat sederhana makanan ini sangat merakyat dan banyak diminati.

Kalaupun anda harus membeli kolak pisang harganya akan sangat murah sekali. Walaupun begitu anda pasti ingin mencoba resep kolak pisang sendiri di rumah. Anak-anak dan keluarga pasti sangat suka. Berikut ini http://dapurresepnusantara.blogspot.com akan memberikan daftar bahan untuk membuat kolak pisang spesial, anda bisa menambahkan dan mengurangi bahan yang sekiranya tidak diperlukan.

Resep Kolak Pisang

Bahan Ukuran
Pisang kepok dipotong miring 3 buah (300 gram)
Ubi merah dipotong kotak 200 gram
Labu kuning dipotong kotak 200 gram
Air 2.000 ml
Kolang kaling dipotong panjang 3 bagian 100 gram
Gula merah disisir halus 450 gram
Daun pandan diikat 3 lembar
Garam 1/2 sendok teh
Santan kelapa 500 ml
Nangka dipotong panjang 4 bagian 8 buah

Cara Membuat Kolak Pisang

  1. Karena labu dan ubi merah lebih keras dan lebih lama matangnya daripada pisang ketika dimasak maka kedua bahan itu yang di dahulukan. Rebus air, garam, daun pandan, gula merah labu kuning serta ubi merah hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih anda bisa menambahkan kolang-kaling dan pisang kepok yang sudah di potong. Kecilkan apinya hingga bahan dan bumbunya meresap sempurna ke dalam bahan utama.
  3. Selanjutnya masukkan santan dan aduk terus agar santan tidak pecah dan tambahkan juga nangka untuk pelengkap sehingga aromanya lebih terasa. Masak hingga matang, apabila sudah angkat dan sajikan.
Resep kolak pisang sudah matang, anda bisa menyajikannya dengan mangkuk sedang dan dimakan bersama keluarga. Sajikan kolak pisang selagi hangat, apabila kolak pisang masih banyak dan ingin di makan nanti maka panaskan kembali sebelum dihidangkan agar rasanya lebih nikmat. Selain makanan ini sejenis olahan pisang namun dingin juga bisa anda buat seperti..