Cara Bikin / Membuat Kerak telor Khas Jakarta - DAPUR RESEP NUSANTARA

Cara Bikin / Membuat Kerak telor Khas Jakarta

Saat perayaan khusus di Jakarta tidak ketinggalan juga dengan kerak telornya. Memang sudah menjadi tradisi karena kerak telor merupakan makanan khas Jakarta (Betawi). Jadi tidak perlu heran ketika hari perayaan tiba penjual kerak telor mulai ramai di sana..

Makanan yang tidak pernah absen ini merupakan salah satu produk yang khas dan bisa dibilang selalu mengisi perayaan besar di Jakarta. Sehingga begitu melekat di masyarakat. Sebagai bukti anda bisa tanya kepada mereka makanan apa yang paling berkesan misalnya pada perayaan Jakarta Fair..

Cara Bikin / Membuat Kerak telor Khas Jakarta

Cara Bikin / Membuat Kerak telor Khas Jakarta

Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, ebi, telur serta bahan lainnya. Begitu sederhana namun, ini menjadi salah satu makanan khas Jakarta yang sudah terkenal..

Anda bisa melihat penjual kerak telor di area kampung Betawi. Mereka menjualnya dengan harga yang relatif terjangkau mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu..

Walaupun merupakan makanan khas Jakarta yang ramai ketika hari perayaan anda juga bisa menikmatinya..

Resep kerak telor ini saya sajikan khusus bagi anda yang ingin mencoba lezatnya makanan khas Jakarta ini. Anda bisa mulai menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut..

Resep Kerak Telor Khas Jakarta

Bahan Ukuran
Telur bebek 6 butir
Beras ketan direndam 1 malam 300 gram
Ebi, direndam, dihaluskan, disangrai 75 gram
Bawang merah goreng 150 gram
Bahan Taburan:
Bahan Ukuran
Kelapa setengah tua parut kasar 400 gram
Gula pasir 4 sendok teh
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 4 buah
Jahe 3 cm
Kencur 4 cm
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 4 sendok teh
Merica 1 sendok teh

Cara Membuat Kerak Telor

  1. Taburan, anda bisa mulai sangrai kelapa serta bumbu halus hingga meresap. Kemudian tambahkan gula pasir dan aduk rata.
  2. Anda bisa panaskan wajan kemudian sendokkan beras ketan kemudian tipiskan. Diamkan kurang lebih hingga tiga menit.
  3. Ambil telur satu butir kemudian pecah dan masukkan, beri satu sendok teh ebi, dua sendok makan bawang merah goreng dua sendok makan kelapa sangrai, setengah sendok teh garam, dan terakhir seper delapan sendok teh merica bubuk. Kocok rata dan lebarkan kemudian tutup wajan dan biarkan beberapa lama hingga matang kemudian angkat.
  4. Kerak telor siap untuk di sajian, sajikan bersama dengan taburan kelapa, ebi serta bawang goreng.
Untuk telornya ada yang menggunakan telor bebek maupun telur biasa, terserah kreasi anda mau yang mana yang penting anda bisa segera mencoba resep kerak telor yang khas ini. Selain itu anda juga bisa mencoba..

Resep Lontong Medan