Cara Membuat Kerupuk Ikan: Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Renyah - DAPUR RESEP NUSANTARA

Cara Membuat Kerupuk Ikan: Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Renyah

Cara Membuat Kerupuk Ikan: Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Renyah

Kalau Anda bayangkan kerupuk ikan, saya tahu kemungkinan besar anda membayangkan kerupuk yang bentuknya seperti ikan biasanya kecil-kecil. Memang benar, namun kali ini kita akan coba membuat kerupuk ikan yang bentuknya seperti gulungan dan tidak menyerupai ikan sama sekali.

Walaupun begitu, rasanya ya tetap rasa ikan karena memang pembuatannya menggunakan ikan tenggiri. Jadi aroma dan rasa ikannya lebih kuat.

cara membuat kerupuk ikan

Kalau Anda tahu kerupuk ikan paling-paling Anda pasti jarang membuat sendiri dirumah. Mungkin sebagian dari anda saja yang mempunyai banyak waktu atau sering berexplorasi dengan makanan.

Memang tidak ada yang salah, sesekali saya sarankan untuk membuat kerupuk ikan sendiri pasti rasanya lebih nikmat dan ada kesenangan tersendiri pada waktu membuatnya. Selain itu suami dan anak-anak anda pasti tambah sayang karena anda mempunyai menu andalan buat mereka. hehe..

Kerupuk ikan sering kali dijadikan makanan pendamping pada waktu makan. Sebagian orang yang makan tanpa kerupuk rasanya ada yang kurang. Tapi ada juga yang memang terbiasa makan tanpa kerupuk.

Kerupuk selain di buat menu pendamping makanan juga di buat camilan pada waktu luang. Tidak terasa sambil nonton televisi atau minum teh toples kerupuk sudah kosong dalam waktu sekejap :D . Coba ikuti resep kerupuk ikan ini untuk berkreasi di rumah.

Resep Kerupuk Ikan

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Bahan Ukuran
Ikan tenggiri yang dihaluskan 100 gram
Telur 2 butir
Garam 1 sendok teh
Vetsin 1/2 sendok teh
Tepung sagu 175 gram
Baking powder 1 sendok teh
Tepung sagu untuk taburan 25 gram

Cara Membuat Kerupuk Ikan

  1. Pertama ikan tenggiri di Uleni bersama dengan telur. Kemudian Anda bisa menambahkan garam serta vetsin untuk rasanya. Selanjutnya Aduk rata.
  2. Disusul dengan memasukkan tepung sagu dan baking powder perlahan-lahan sambil diaduk-aduk hingga rata.
  3. Tahap ini mulai pembentukan, caranya gulung memanjang di atas meja yang sudah diberi taburan tepung sagu. Untuk diameternya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil yang sedang-sedang saja kurang lebih diameter gulungan 1/2 cm. 4. Potong-potong selebar 1,5 cm. Lakukan hingga semua terbentuk.
  4. Tahap terakhir panaskan minyak dan goreng hingga matang dan kering menggunakan api sedang. Apabila sudah matang angkat dan tiriskan. Apabila minyaknya sudah turun masukkan dalam toples dan tutup rapat agar tahan lama tidak melempem.

Sungguh mudah bukan, dengan resep di atas anda sudah bisa membuat kerupuk ikan dengan sempurna. Apabila anda kreatif mungkin bisa membuat dengan bentuk yang berbeda misalnya mirip ikan sehingga anak-anak juga tertarik dan antusias untuk mencobanya. Sekian semoga memberikan inspirasi untuk anda.