Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Jawa Labu Siam Sederhana Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Jawa Labu Siam Sederhana Enak

Resep Cara Membuat Sayur Lodeh

Resep sayur lodeh, tentu saja bagi sebagian besar orang Indonesia sudah tahu dengan resep yang satu ini. Sayur lodeh merupakan masakan jenis sayuran khas Jawa Tengah khusunya daeah Kebumen. Sayuran ini memang sangat terkenal dan sudah dikenal luas di bebagai daerah di Nusantara. Tentu saja dengan berbagai variasi bumbu yang sudah beredar. Bahan yang digunakan antara lain seperti labu jipang, tepung, petai, tempe, kacang panjang, jagung kecil dan santan untuk membuat sayur lodeh.

Cara membuat sayur lodeh khas terdapat pada santan yang digunakan biasanya ada yang berwarna putih dan warna merah. Resep masakan ini memang terkenal enak dan gurih serta menyegarkan. Beberapa makanan yang cocok menjadi pendamping dari sayur lodeh seperti ikan tongkol, ikan bakar, sambal terasi dan telur asin. Apalagi ditambah dengan sambal pastinya akan terasa lengkap sekali. Makan akan terasa lebih lahap dan mantap dibarengi dengan sayur lodeh.

Resep Sayur Lodeh, Cara Membuat Sayur Lodeh

Resep sayur lodeh yang biasanya kita tahu dan perhatikan mirip dengan kari, tetapi untuk sayur lodeh menggunakan sayur-sayuran sebagai bahan daripada makanan laut. Resep ini tidak jarang menjadi favorit keluarga karena memang rasanya yang enak. Sayur lodeh merupakan makan yang sering kita makan sehari-hari. Selain itu cara untuk membuat pun sangatlah mudah.

cara membuat sayur lodeh bisa dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti santan, tomat dan berbagai macam bumbu lainnya yang nanti akan dioleh sedemikian rupa hingga benar-benar mantap. Untuk membuat sayur lodeh selengkapnya bisa ikuti terus artike ini..

Resep yang begitu menggugah selera untuk dicoba dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan tentunya. Seperti apa simak terus..

Resep Sayur Lodeh

Bahan Ukuran
Santan kental 250 ml
Jagung manis potong beberapa bagian 1 buah
Daun dan buah melinjo secukupnya
Daun salam 2 lembar
Terong putih kupas potong 2 buah
Air 400 ml
Gula merah 1 sendok teh
Penyedap masakan 1/2 sendok teh
Tomat, iris-iris 1 buah
Kacang panjang, potong-potong 1 ikat
Labu siam potong dadu 2 buah
Garam 1 sendok teh
Bumbu halus :
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 buah
Terasi 1/2 sendok teh
Kemiri 4 butir
Bawang putih 3 siung
Cabe merah 3 buah
Cara membuat yang begitu mudah bisa mengikuti step-step berikut ini. Seperti apa yuk simak terus hingga selesai.

Cara Membuat Sayur Lodeh

  1. Apabila bahan sudah disiapkan dengan baik untuk memulainya yaitu bisa dengan mencuci bahan sayur-sayuran terlebih dahulu.
  2. Silahkan tumis bumbu yang sudah dihaluskan diatas hingga benar-benar harum kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya rebus melinjo dan jagung manis menjadi setengah matang diikuti dengan memasukkan potongan sayuran, tombat, dan bumbu yang sudah ditumis diatas dan diaduk dengan rata.
  4. Untuk rasa yang pas silahkan masukkan garam, penyedap, gula merah dan santan. Aduk kembali hingga benar-benar rata dan matang. Cicipi mungkin kurang manis atau kurang asin silahkan sesuaikan sendiri. Apabila sudah masak silahkan angkat dan bisa disajikan.
Resep sederhana untuk membuat sayur yang begitu nikmat dan gurih. Resep sayur lodeh bisa menjadi menu andalan anda setiap saat. Selain cara membuat yang tidak terlalu ribet penyajianpun sangat sederhana dan mudah sekali. Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat sayur lodeh. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat. Tidak hanya sayur lodeh resep menarik lainnya sudah ditulis di blog ini silahkan baca seperti.