Resep Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Enak

Resep Cara Membuat Tongseng Sapi

Resep tongseng sapi, dua tongseng sudah kita buat sebelumnya dengan mantap. Sekarang giliran tongseng sapi yang akan kita kupas tuntas. Tongseng sapi sama halnya dengan tongseng lainnya merupakan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih banyak dan tajam. Selain itu tongseng sapi ini biasanya dilengkapi juga dengan sayur-sayuran. Jadi memang enak dan kaya akan vitamin dan protein karena bahan-bahan yang digunakannya.

Cara membuat tongseng sapi yang merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat. Tongseng sapi juga cocok sebagai hidangan makan yang disandingkan dengan menggunakan nasi putih. Sehingga memang rasanya yang mantap banget perlu pertimbangkan untuk segera mencoba makanan yang satu ini. Tongseng sapi bisa dinikmati bersama dengan keluarga anda tercinta. Dengan rasa yang hangat dan nikmat juga bisa menambah kehangatan bersama dengan keluarga untuk menikmati tongseng sapi.
Resep Tongseng Sapi, Cara Membuat Tongseng Sapi
Resep tongseng sapi bisa digunakan atau sebagai masakan andalan yang bisa keluarkan pada waktu musim daging sapi milsanya pada perayaan hari raya idul adha. Resep ini bisa menjadi pilihan karena memang di hari raya tersebut daging sapi melimpah ruah.

Cara membuat tongseng sapi bisa anda coba dirumah, seperti apa resepnya karena memang dari tadi sudah penasaran banget untuk tahu resepnya, penasaran banget ingin bisa segera menikmati lezatnya togseng sapi ini. Dengan beberapa bahan utama yang digunakan tentu saja daging sapi, serai, kecap, daun kol dan beberapa bahan lainnya yang bisa anda baca dibawah ini.

Resep yang banyak digemari ini bisa anda coba resepnya dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut :

Resep Tongseng Sapi

Bahan Ukuran
Daging sengkel 400 gram
Merica bubuk 1 sendok teh
Garam 3 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bawang merah diiris tipis 3 butir
Kecap manis 3 sendok makan
Kol dipotong-potong 1/4 buah
Cabai rawit hijau diiris-iris 5 buah
Daun salam 2 lembar
Serai dimemarkan 2 batang
Lengkuas dimemarkan 1 cm
Santan Dari 1 butir kelapa
Air secukupnya
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 6 butir
Kemiri disangrai 4 buah
Kunyit dibakar 3 cm
Jahe 2 cm
Ketumbar, disangrai 1 sendok teh
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
Bawang merah goreng 3 sendok makan
Daun bawang, diiris halus 2 batang
Tomat merah, dipotong-potong 2 buah
Cara membuat kita lanjutkan apabila bahan memang sudah siap untuk digunakan. Kelengkapan bahan sangat berpengaruh dalam pembuatan tongseng sapi. Karena nantinya bahan yang lengkap membuat proses pembuatan menjadi lancar. Untuk langkah-langkahnya bisa perhatikan dibawah ini.

Cara Membuat Tongseng Sapi

  1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan untuk membuat tongseng sapi adalah dengan merebus daging sapi hingga empuk. Apabila sudah bisa di angkat dan dipotong-potong sesuai dengan selera.
  2. Berikutnya dilanjutkan dengan menumis bumbu hingga halus bumbunya antara lain seperti bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus di atas. Tumis bumbu tersebut hingga layu dan wangi harum.
  3. Selanjutnya anda bisa memasukkan bumbu ke dalam daging yang sudah di rebus dengan menambahkan beberapa penyedap seperti garam, merica, kecap manis, gula dan santan yang kemudian dididihkan sampai masak dan aduk agar santan tidak pecah. Kemudian anda bisa memasukkan daging, daung bawang, cabe rawit, tomat, dan kol. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar matang.
  4. Apabila sudah matang bisa disajikan.
Resep yang begitu ditunggu-tunggu untuk segera bisa menikmati rasanya yang khas. Tentu saja rasa yang dihasilkan begitu nikmat. Untuk penyajiannya disajikan secara hangat agar lebih mantap dimakan dengan nasi putih yang hangat. Resep tongseng sapi sudah berhasil dibuat dengan cara membuat seperti langkah-langkah di atas yang sudah dijelaskan.

Cara membuat tongseng sapi bisa anda catat agar tidak lupa, atau bisa juga ikuti blog ini terus. Karena kami akan sajikan banyak konten resep menarik lainnya. Untuk sebelelumnya kami juga sudah tuliskan artikel menarik tentang resep masakan yang bisa anda simak seperti berikut ini yang merupakan pilihan resep terbaik.