Resep Cara Membuat Soto Ayam Dengan Kuah Yang Mantap - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Soto Ayam Dengan Kuah Yang Mantap

Resep Cara Membuat Soto Ayam

Resep soto ayam, resep khas masakan Indonesia yang mantap. Soto ayam merupakan makanan yang berjenis sup ayam ini mempunyai kuah yang agak kekuningan. Kuahnya yang terlihat kuning dikarenakan oleh bumbu kunyit yang terdapat didalamnya. Soto ayam yang khas ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia karena memang masakan ini sangatlah populer di dalam negeri maupun juga luar negeri seperti Singapura.

Cara membuat soto ayam untuk sajian biasanya disajikan dengan menggunakan lontong maupun nasi putih sebagai hidangan. Selain itu soto ayam juga sering di sandingkan dengan sambal sehingga terasa lebih hot dan kerupuk ataupun koya yang merupakan campuran kerupuk dengan bawang putih.

Resep Soto Ayam, Cara Membuat Soto Ayam

Resep soto ayam dibuat dengan bumbu-bumbu khas nusantara seperti telur rebus, irisan kentang, bawang goreng dan daun seledri dan rempah lainnya yang bisa disajikan bersama soto ayam ini. Selain itu juga bisa ditambah dengan kol, tomat, tauge dan soun yang lebih menarik hati untuk segera menyantap soto ayam.

Cara membuat soto ayam bisa anda simak dibawah ini. Rasa kuahnya juga tidak kalah gurihnya dengan daging ayam ditambah lagi dengan perasan jeruk limau pasti sungguh mantap sekali. Resep soto ayam ini bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia dengan beragam rasa karena memang tiap daerah terkadang mempunyai varasi resep tersendiri untuk menghasilkan rasa soto ayam yang khas.

Resep akan kita buat yang terlebih dahulu menyajikan bahan-bahan yang diperlukan atara lain sebagai berikut.

Resep Soto Ayam

Bahan Ukuran
Ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan 1 ekor
Kol 200 gram
Tauge 200 gram
Kentang rebus atau kukus 4 Buah
Tomat 2 Bua
Soun 50 gram
Telur rebus 3 Butir
Air 2 liter
Bawang goreng secukupnya
Bumbu:
Bahan Ukuran
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun bawang 1 batang
Lengkuas 25 gram
Minyak goreng Secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
Bahan Ukuran
Kunyit 5 gram
Kemiri 4 buah
Jahe 15 gram
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 2 siung
Merica 1/2 sendok teh
Garam Secukupnya
Cara membuat yang sangat mudah dibawah ini, setelah sebelumnya menyiapkan bahan secara lengkap. Bagaimana cara membuatnya silahkan simak.

Cara Membuat Soto Ayam

  1. Untuk membuatnya pertama kali yaitu dengan menumis bumbu yang sudah di haluskan terlebih dahulu, aduk hingga beberapa saat dan terasa harum aromanya.
  2. Selanjutnya waktunya merebus ayam kedalam panci bersamaan dengan bumbu yang sudah di tumis tadi di campur juga dengan lengkuas, daun salam, daun jeruk kemudian serai. Untuk merebus diperlukan waktu kurang lebih sekitar 30 menit hingga daging benar-benar empuk. Untuk hasil yang lebih memuaskan bisa menggunakan panci presto untuk memasaknya.
  3. Silahkan dicicipi kemudian kurang apa bisa dibambah garam, ataupun merica seperlunya saja.
  4. Kemudian pisahkan tulang dari daging menggunakan daging ataupun pisau kemudian masukkan kembali tulang kedalam panci.
  5. Masukkan juga potongan daun bawang kemudian didihkan kembali untuk dihidangkan.
Hidangan :
  1. Untuk menghidangkannya, silahkan ambil mangkuk dengan ukuran secukupnya kemudian masukkan juga kol, tauge, irisan kentang, soun, tomat, telur, kemudian daging ayam.
  2. Sirami dengan menggunakan kuah soto yang mendidih kedalam mangkuk tersebut.
  3. Untuk lebih rasa yang lebih nikmat anda bisa menambahkan irisan jeruk nipis dan bawang goreng diatasnya.
  4. Hidangkan dengan kecap manis, cuka, kerupuk, sambal dan emping agar supaya rasanya kriuk-kriuk.
Resep yang bisa anda coba dirumah, resep soto ayam yang merupakan khas nusantara ini enak disajikan dalam keadaan panas. Diatas sudah dijelaskan cara membuat sehingga menghasilkan soto ayam yang nikmat.

Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat soto ayam semoga bermanfaat dan menjadi koleksi masakan anda untuk disajikan. Baca juga artikel menarik lainnya bisa anda coba seperti.