Resep Cara Membuat Kue Ape - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kue Ape

Ini kue ape bang??... ini kue ape neng...
Sekilas terlihat percakapan itu seperti guyonan. Karena sebenarnya memang guyonan yang sederhana dan kocak akhirnya menghasilkan nama kue ape.

Walaupun begitu, jangan diremehkan karena setiap makanan mempunyai cerita atau sejarah sendiri. Termasuk kue ape yang satu ini. Kue ape secara ejaan memang mengidentitaskan bahasa Betawi. Karena itu memang benar dan asal dari kue ini adalah Jakarta / Betawi.

Secara sekilas bentuk dari kue ape ini mirip dengan kue serabi solo. Namun, perbedaannya kue ape ini terlihat lebih tipis. Pada bagian tengahnya nampak basah dan agak tebal. Pada bagian pinggirnya garing dan tipis. Kue ini merupakan kue tradisional yang diminati masyarakat.

Seperti yang kita lihat kue ape ini menghiasi pinggiran jalan. Dimana para penjual kue ape menggunakan gerobak untuk menjajakannya.

kue ape, resep kue ape, cara membuat kue ape

Selain itu, kue ape ini sering kali terlihat di pasar tradisional. Jadi anda tidak perlu khawatir anda bisa menikmatinya dengan ke pasar sekalian belanja. Pas belanja sayuran, buah dan lainnya sekalian bungkus juga kue apenya. hehe..

Beberapa variasi dan warna kue ape yang banyak diminati adalah warnah hijau pandan dan daun suji asli. Jadi anda bisa pilih warna itu atau mau coba variasi yang lain juga tidak mengapa. Seiring perkembangannya kue ape mengalami variasi misalnya di tambah dengan taburan keju atau meises di atasnya. Tentu varian tersebut agar terlihat lebih variatif sehingga orang tidak bosan dan itu itu saja.

Apabila anda pergi ke kawasan Glodok Pancoran atau kawasan Koa Tua anda bisa temuai kue ape. Banyak sekali orang yang menjualnya di sana dan harganya yang cukup murah. Anda bisa menikmati kue ape ini dengan harga 1000 hingga 1500 rupiah saja. Begitu terjangkau bisa dapat kue ape yang enak.

Mungkin anda tipe orang yang suka penasaran dan ingin membuat sendiri apa yang dilihat. Misalnya lihat kue ape ingin buat sendiri karena penasaran anda itu kami coba sharing resep kue ape. Anda bisa siapkan bahan dan perhatikan cara membuatnya berikut ini..

Resep Kue Ape

Bahan Ukuran
Tepung beras 200 gram
Baking powder 1 sendok teh
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Garam 1/2 sendok teh
Air 400 ml
Gula pasir 175 gram
Air daun suji terbuat dari 25 lembar daun suji ditambah 2 lembar daun pandan 25 ml
Pasta pandan 8 tetes

Cara Membuat Kue Ape

  1. Pertama kita buat adonan kue ape dengan mencampur bahan dalam tempat yang besih. Bahan yang di campur yaitu tepung terigu, garam, baking powder dan tepung beras. Tambahkan gula, kemudian tambahkan air tuang sedikit demi sedikit kurang lebih setengah bagian sambil di uleni sekitar 15 menit.
  2. Sisa air tadi di maskkan, jangan lupa daun suji juga tuang perlahan sambil di kocok hingga menyatu dengan baik. setelah itu diamkan kurang lebih 60 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat dari biasanya.
  3. Pasang wajan dan panaskan, olesi juga dengan minyak sedikit saja gunakan api besar. Selanjutnya tuangkan adonan yang sudah jadi. Sambil di tekan pada bagian tengah adonan hingga pinggirnya berkulit. Tutup dan kecilkan apinya dan biarkan hingga matang.
  4. Setelah matang siap di angkat dan sajikan.
Kue ape yang awalnya guyonan dan sekarang anda berhasil membuatnya. Yang awalnya anda penasaran sekarang berhasil di buatnya. Rasanya yang begitu lezat begitu menggoda bukan. Kelembutan dan empuk begitu menggoda apalagi di makan ketika keadaan hangat. Mantap!! Sedikit sharing ini semoga bisa menambah koleksi menu anda dirumah. Semoga berhasil dan selamat mencoba..