Resep Cara Membuat dan Bumbu Martabak Tahu Kulit Lumpia - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat dan Bumbu Martabak Tahu Kulit Lumpia

Martabak tahu adalah turunan dari resep martabak,...

Anda pasti penasaran mendengar kata "martabak". Pikiran Anda langsung teringat martabak yang di jual di pinggiran jalan. Mungkin, karena martabak itu yang sering dibeli. Martabak yang kami maksud bukan itu melainkan martabak tahu.

Martabak tahu sangat sederhana dan mudah di buat untuk sajian di rumah. Kesederhanaannya sangat cocok apabila anda menginginkan makanan cepat saji namun tetap sehat. Misalnya saja ketika pagi-pagi terburu-buru pergi ke kantor. Ada acara meeting dan lain sebainya sehingga tidak ada waktu untuk berkumpul makan bersama. Martabak tahu bisa menjadi solusi anda ketika seperti itu.

martabak tahu, resep martabak tahu, cara membuat martabak tahu, resep martabak tahu kulit lumpia, bumbu martabak tahu

Resep martabak tahu menggunakan tahu sebagai bahan utamanya sehingga sangat praktis dan ekonomis. Tahu mudah di dapat di toko terdekat, pasar atau padagang kaki lima. Untuk pembuatan martabak tahu di lengkapi dengan kulit lumpia. kulit lumpia siap pakai dan di dalamnya di isi tahu. Di bentuk sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan menarik. Kesederhanaan dari martabak tahu bisa juga untuk camilan.

Camilan martabak tahu bisa juga di makan bersama / ramai-ramai pada waktu santai. Waktu berkumpul bersama-sama di rumah sambil ngobrol dan bercerita. Tentu akan sangat seru sekali apabila anda di temani cemilan martabak tahu. Suasana akan lebih ceria dan begitu ramai.

Selain itu martabak tahu dilengkapi dengan saus. Jadi pas makan pake colek-colek jadi lebih asyik kan. Apalagi itu hasil dari kreasi anda pasti akan sangat bahagia. Kami tahu anda penasaran dengan resep martabak tahu yang begitu sederhana ini. Anda sudah tidak sabar ingin menyajikannya juga untuk keluarga anda di rumah. Tenang saja, kali ini saya beri bocorannya simak disini..

Resep Martabak Tahu

Bahan Ukuran
Kulit lumpia 22 lembar
Seledri diiris halus 2 batang
Tahu cina dihaluskan 1 buah
Telur 3 butir
Wortel diiris korek api 50 gram
Garam 1/2 sendok makan
Daun bawang diiris halus 5 batang
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Putih telur untuk merekatkan 2 buah
Penyedap rasa 1/4 sendok teh
Bahan Acar
Bahan Ukuran
Wortel diiris seukuran korek api 1 buah
Gula pasir 1/2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Ketimun dikupas kulitnya dan dibuang bijinya diiris seukuran korek api 2 buah
Cuka 1 sendok teh
Bahan Sambal
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 2 buah
Saus sambal 1 sendok teh
Cabai rawit merah 3 buah
Bawang putih 1 siung
Saus tomat 1/2 sendok makan
Gula pasir 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Cuka 1/2 sendok teh
Air 150 ml
Cabai rawit hijau untuk penyajian Secukupnya

Cara Membuat Martabak Tahu

  1. Anda bisa memulainya dengan mencampur beberapa bahan yang disediakan di atas yaitu tahu cina, daun bawang, merica, penyedap rasa, selederi, telur, garam dan wortel. Semua di aduk hingga rata ketika sudah bisa dibuat isian dalam kulit lumpia. Lipat pada sisinya kemudian bungkus dengan cantik. Anda bisa merekatkan pada bagian pojoknya menggunakan putih telur.
  2. Kalau sudah semua anda bisa memanaskan minyak untuk menggoreng adonan martabak yang sudah jadi. Goreng perlahan dengan api sedang hingga semua matang.
  3. Membuat acar, campur bahan yaitu garam, gula pasir, wortel, ketimun dan cuka. Aduk hingga rata dan diamkan kurang lebih setengah jam hingga meresap dengan baik.
  4. Membuat sambal, sambal di buat dengan bahan yang di rebus. siapkan air untuk merebus cabai merah, saus sambal, cabai rawit, saus tomat, bawang putih, garam, gula pasir dan cuka hingga wangi. Setelah semuanya sudah bisa di blender hingga halus kemudian di saring.
  5. Martabak tahu kini sudah bisa di sajikan, jangan lupa acar, sambal beserta cabai rawit agar lebih mantap.
Untuk hasil yang maksimal apabila ingin lumpia tidak mengkerut anda bisa tambahkan kulit lumpia. Kulit lumpia yang digunakan kalau cuma satu terlihat tipis. Untuk itu anda bisa menggunakan double sesuai kreatifitas anda. Oke demikian tips yang begitu unik ini semoga bisa menambah keceriaan keluarga anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.