Resep Cara Membuat Sambal Bajak Enak Istimewa - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Sambal Bajak Enak Istimewa

Makan tanpa sambal rasanya kurang menggigit...
Memang begitu adanya tanpa sambal ada yang kurang. Kalau makan sedap ya cuma rasa sedap saja yang terasa. Namun, kalau di beri sambal pasti lebih lengkap. Apalagi anda pecinta pedas. Jangan khawatir kali ini kita kupas habis tentang resep sambal bajak.

Sambal sudah menjadi syarat untuk teman lauk makan bagi kebanyakan orang. Sudah tentu apabila tidak ada sambal rasanya kurang enak. Makan kurang greget dan kurang berselera. Beberapa sambal yang sering dijadikan teman makan biasanya sambal terasi dan sambal bajak.

sambal bajak, resep sambal bajak, cara membuat sambal bajak, resep sambal bajak enak, sambal bajak istimewa

Entah mengapa sambal ini disebut sambal bajak. Tapi memang demikian dari dulu orang menyebuatnya. Sambal bajak begitu pedas apabila anda makan dengan sambal ini akan terasa lebih mantap. Anda berkeringat sedikit dan pastinya sediakan minum untuk teman makan yang lebih lahap.

Sambal bajak menjadi sesuatu yang khas karena memang sudah ada sejak lama. Sering kali kita dirumah juga membuatnya. Tidak tahu kalau anda, namun kalau belum pernah mencoba kami rasa rugi karena memang sambal ini pelengkap yang begitu pas.

Untuk itu kami sharing disini cara membuat sambal bajak yang mantap. Simak terus pembuatan sambal bajak ini. Begitu sederhana dan cepat..

Resep Sambal Bajak

Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 12 buah
Serai dimemarkan 1 batang
Terasi 1 1/2 sendok teh
Asam jawa 1 sendok makan
Bawang merah 2 butir
Daun salam 2 lembar
Tomat 1 buah
Lengkuas dimemarkan 1 cm
Garam 1/2 sendok teh
Gula merah 2 sendok teh
Minyak goreng untuk menumis 5 sendok makan
Air 50 ml

Cara Membuat Sambal Bajak

  1. Siapkan ulekan haluskan beberapa bahan yaitu terasi, tomat, cabai merah dan bawang merah.
  2. Panaskan minyak di atas wajan untuk menumis bumbu halus di atas di tambah lengkuas, asam jawa, garam, daun salam, serai dan gula merah.
  3. Tambahkan air dan masak hingga mengering. Angkat dan sajikan.

Resep sambal bajak sudah jadi, saatnya makan siapkan piring dengan sambal yang baru di buat tadi. Nasi agak hangat dan di barengi dengan lauk lainnya seperti sayuran dan ikan. Semoga makan hari ini lebih lahap. Simpan resep ini, kami harap resep sambal bajak yang anda buat memuaskan. Semoga berhasil.