Resep Cara Membuat Sambal Dabu Dabu Asli - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Sambal Dabu Dabu Asli

Keunikan pembuatan sambal dabu dabu yang lain dari biasanya perlu di coba...

Sebenarnya sambal dabu dabu ini sama dengan sambal biasanya. Sambal lainnya yang pernah kita makan sehari hari. Namun, ada sedikit perbedaan menarik yang terdapat pada resep sambal dabu dabu ini. Perbedaan tersebut ada pada cara pembuatannya. Dimana pada akhir pembuatan menggunakan minyak jelantah yang panas di campurkan pada sambal dan di aduk. Hal ini lah yang membuat menarik dan rasanya memang berbeda.

Bagi anda yang baru mendengar sambal dabu dabu ini mungkin terasa asing. Pada saat ini sambal dabu dabu berkembang hingga ke beberapa daerah di Indonesia. Beberapa tempat sudah menyediakan sambal ini misalnya rumah makan dan tempat yang menyajikan menu makanan dan sambal sebagai pelengkapnya.

sambal dabu dabu, resep sambal dabu dabu, cara membuat sambal dabu dabu

Sebenarnya, sambal dabu dabu ini berasal dari Sulawesi Utara, Manado tepatnya. Dan sekarang bukan hanya di sana saja tetapi sudah menyebar luas di masyarakat. Memang cenderung banyak yang menyukai sambal ini. Mungkin rasanya yang memang lain dari biasanya karena cara pembuatannya yang unik.

Pada umumnya salah satu makanan pendamping sambal dabu dabu yang pas adalah ayam rica rica (baca disini : resep ayam rica rica). Memang tidak ada salahnya juga anda makan sambal dabu dabu dengan yang lainnya. Anda bisa explore sendiri misalnya dimakan dengan ayam goreng lainnya.

Bagi anda yang tidak sempat membeli atau pergi ke Manado. Tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat sambal dabu dabu sendiri. Beberapa bahan dan cara membuat sambal dabu dabu ada pada artikel ini. Jadi simak terus hingga habis..

Resep Sambal Dabu Dabu

Bahan Ukuran
Cabai merah besar diiris bulat 4 buah
Garam 1 sendok teh
Cabai rawit hijau diiris bulat 5 buah
Gula pasir 3/4 sendok teh
Bawang merah diiris 5 butir
Air jeruk nipis 1 sendok teh
Tomat merah bijinya dibuang kemudian dipotong bentuk kotak 1 buah
Minyak goreng dipanaskan 5 sendok makan

Cara Membuat Sambal Dabu Dabu

  1. Campur semua bahan yang sudah di sediakan antara lain garam, gula pasir, cabai merah, cabai rawit hijau, bawang merah kemudian jeruk nipis di aduk rata jadi satu.
  2. Tambahkan minyak goreng yang sudah di panaskan, tuang dan aduk rata.
  3. Sambal dabu dabu jadi siap untuk teman makan kita.
Setiap daerah mempunyai keunikan tersendiri. Terlihat dari kuliner yang dimilikinya. Bahkan kita bisa melihatnya dari sebuah cara pembuatan sambal. Namun, kita selalu bersyukur karena mempunya keanekaragaman yang berlimpah sehingga begitu banyak yang bisa kita temukan di Indonesia ini. Semoga resep sambal dabu dabu ini bisa anda sajikan di rumah. Selamat mencoba semoga berhasil..