Resep Cara Membuat Ayam Rica Rica Cabe Ijo Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Ayam Rica Rica Cabe Ijo Enak

Resep Cara Membuat Ayam Rica Rica

Resep ayam rica rica, merupakan makanan yang sangat khas di Nusantara Indonesia. Masakan ini merupakan makanan khas Sulawesi Utara tepatnya di Manado. Ciri khasnya yaitu rasanya yang pedas. Mungkin anda belum tahu mengapa disebut dengan ayam rica rica, rica merupakan kata yang berasal dari Manado yang artinya yaitu pedas atau cabai. Jadi disebut dengan ayam rica rica merupakan nama yang tepat sekali untuk makanan yang berbahan dasar ayam ini. Apabila anda sempat berkunjung ke daerah Manado silahkan bisa mencoba kuliner yang satu ini.

Cara membuat ayam rica rica pada umumnya sangat beraneka ragam, selain itu untuk cara memasaknya juga mempunyai keunikan tersendiri. Mungkin antar daerah untuk cara memasaknya tidak sama. Namun, persamaannya adalah terletak pada rasanya yang pedas. Untuk penyajiannya ayam rica rica biasanya disandingkan dengan nasi kemudian ditambah dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun. Tentu saja rasanya sangat nikmat, jadi ngiler ingin segera menikmatinya...
Resep Ayam Rica Rica, Cara Membuat Ayam Rica Rica
Resep ayam rica rica, yang tentunya anda sudah penasaran. Kali ini kita akan coba bahas bagaimana cara membuatnya. Tentu saja dengan anda bisa mebuat sendiri di rumah tidak perlu jauh-jauh untuk kuliner ayam rica rica sampai dengan ke Manado. Namun, apabila memang ingin sekali menikmati yang khas silahkan anda bisa kesana.

Cara membuat ayam rica rica dengan ciri khas pedasnya tentu saja membuat semuanya menjadi penasaran karena memang rasa pedasnya menggigit lidah. Seperti apa sih ayam rica rica ini untuk membuatnya anda terlebih dahulu harus menyiapkan bahan yang diperlukan, tentu saja untuk bahannya sangatlah mudah tidak perlu ke Manado juga untuk mendapatkan bumbunya. Ada bisa mendapatkan rempah di pasar terdekat di kota anda.

Resep pertama kali yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja silahkan simak berikut ini.

Resep Ayam Rica Rica

Bahan Ukuran
Serai yang dimemarkan 2 batang
Air mineral Secukupnya
Jahe di gaprek 1 buah
Ayam dipotong beberapa bagian 1 ekor
Daun jeruk nipis 9 lembar
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Bumbu dihaluskan :
Bahan Ukuran
Bawang putih 4 siung
Cabai rawit 10 buah
Bawang merah 4 siung
Cabai merah/ijo besar 5 buah
Cara membuat juga tidak telalu susah, anda bisa mengikuti cara berikut apabila sudah siap dengan bahan-bahannya. Silahkan simak.

Cara Membuat Ayam Rica Rica

  1. Untuk membuat ayam rica rica pertama tama yaitu dengan menyiapkan ayam yang sudah di bersihkan dan di potong-potong sesuai dengan keinginan, kemudian di masak setengah matang. Apabila sudah masak di angkat kemudian tiriskan.
  2. Selanjutnya yaitu dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Kemudian masukkan ayam yang sudah di masak setengah matang tadi. Aduk hingga rata.
  3. Agar bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam bisa menambahkan sedikit air kemudian di aduk kemudian di susul dengan menambahkan daun jeruk dan serai. Aduk kembali hingga bumbu benar-benar tercampur dan rata.
  4. Apabila daging ayam sudah empuk dan matang silahkan bisa di angkat kemudian di sajikan dengan mengunakan wadah yang baik.
Resep sudah anda buat dengan baik. Bagaimana dengan rasanya pastinya sudah mantap bukan. Beberapa lama menunggu akhirnya bisa makan dan merasakan ayam rica rica yang khas ini. Resep ayam rica rica merupakan masakan khas yang sudah terkenal dan populer di Indonesia. Untuk itu anda jangan sampai ketinggalan.

Cara membuat sudah di jelaskan di atas step by stepnya juga sangat mudah sekali diikuti. Untuk itu demikian kali ini tentang tips cara membuat ayam rica rica. Selain resep ayam ini anda bisa membaca resep menarik lainnya yang sudah ditulis pada blog ini seperti.