Resep Cara Membuat Cake Tiramisu Kukus Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Cake Tiramisu Kukus Sederhana

Resep Cara Membuat Tiramisu Kukus

Resep tiramisu kukus yang merupakan makanan khas Italia yang sangat terkenal. Memang terdapat beberapa varian dari tiramisu seperti tiramisu cake. Untuk kali ini kita bahas yaitu tiramisu kukus. Untuk resep dan pembuatannya ini lebih mudah dibandingkan dengan tiramisu cake karena memang langkah-langkahnya lebih sederhana tiramisu kukus.

Cara membuat tiramisu kukus tidak serumit dengan tiramisu cake yang memang kelihatannya agak rumit namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesulit apapun itu harus dipelajari sampai akhirnya mendapat hasil kerja yang memuaskan. Yuk lanjut untuk membuat tiramisu kukus.
Resep Tiramisu Kukus, Cara Membuat Tiramisu Kukus
Resep tiramisu kukus bisa juga anda buat sendiri dirumah. Kali ini kami akan sharing bagaimana cara membuat tiramisu kukus ini agar enak dan mudah bisa dinikmati dirumah.

Cara membuat tiramisu kukus tentu saja anda harus mengerti dulu bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan. Kurang lebih untuk bahan juga tidak terlalu sulit seperti kuning telur, garam, baking powder dan bahan-bahan lainnya yang mendukung untuk pembuatan tiramisu kukus ini.

Resep akan kita buat, sepertinya memang sudah tidak sabar untuk melihat hasilnya seperti apa. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti dibawah ini.

Resep Tiramisu Kukus

Bahan Ukuran
Telur Ayam 2 butir
Cake Emulsifier 1 sendok makan
Keju Cheddar 50 gram
Baking Powder 1 sendok teh
Minyak Goreng 125 ml
Garam 1 sendok teh
Gula Bubuk 200 gram
Tepung Terigu Protein Sedang 225 gram
Kuning Telur 6 butir
Kopi Bubuk Instant 2 sendok makan
Meises (Chocolate Rice) 90 gram
Santan 125 ml
Cokelat Bubuk 25 gram
Cara membuat kita lanjukan, pastikan bahan-bahan sudah terkumpul dengan lengkap dan dalam keadaan baik. Karena bahan yang baik juga berpengaruh besar terhadap hasil akhir dari pembuatan tiramisu kukus ini. Seperti apa simak terus.

Cara Membuat Tiramisu Kukus

  1. Untuk memulai membuat tiramisu kukus anda bisa menyiapkan loyang terlebih dahulu. Ukuran loyang kira-kira 20 cm dengan tingg 7 cm. Silahkan beri alas kertas pada permuaan roti dengan mengoli minyak goreng terlebih dahulu agar tidak lengket. Untuk bagian dinding loyang dibiarkan kering tidak apa-apa. Anda bisa memulainya dengan memanaskan kukusan tersebut hinga air mendidih.
  2. Sambil menunggu mendidih anda bisa membuat kocokan telur yang dicampur dengan cake emulsifier, gula dan garam hingga putih kental.
  3. Buat adonan dengan menggunakan terigu yang sudah diayak sebelumnya dicampur dengan baking powder aduk perlahan hingga benar-benar rata.
  4. Masukkan minyak goreng dan santan kara aduk lagi hingga tercamur dengan baik.
  5. Untuk adonan tadi silahkan ambil sepertigana kemudian dicampur dengan larutan coklat dan aduk hingga rata kemudian selanjutnya aduk ke dalam loyang. Tahap selanjutnya yaitu mengukus adonan kurang lebih hingga 10 menit, setelah itu anda bisa mengangkat adonan dari kukusan. Untuk mempercantik silahkan taburi dengan mises pada bagian atas secara rata.
  6. Sepertiga bagian adonan putih dituangkan di atas adonan coklat kemudian di kukus lagi kurang lebih sama sekitar 10 menit.
  7. Sambil menunggu bisa menyiapkan adonan kopi, silahkan tuangkan pasta kopi kedalam sisa adonan dan diaduk lagi hingga merata. Apabila adonan sudah mengeras pada bagian permukaannya anda bisa mengangkatnya dari kukusan dan menaburinya dengan keju parut.
  8. Sisa adonan kopi yang tersisa di tuangkan dan di kukus lagi hingga keseluruhan matang kurang lebih hingga 20 menit.
  9. Tahap ini yang paling ditunggu-tunggu heemmm... sudah tidak sabar apabila sudah matang silahkan angkat dari kukusan, congkel atau kikis bagian pinggirnya untuk lebih mudah dalam melakukan pengangkatan, balik dan dinginkan. Tahap menghiasi, silahkan hiasi sesuai dengan selera dan kreasi anda. Siap untuk disajikan....
Resep sudah sudah jadi, bagaimana anda pasti capek tapi apabila sudah masak pasti semuanya terbayar. Waktu makan-makan.. resep tiramisu kukus sudah bisa anda lewati dengan baik. Memang cara membuat yang tidak terlalu mudah, membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk hasil yang maksimal.

Oke demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat tiramisu kukus, semoga menjadi referensi yang baik. Silahkan baca artikel menarik lainnya banyak sekali kami sajikan berbagai resep nusantara di blog ini seperti.