Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Jakarta Paling Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Jakarta Paling Enak

Resep Cara Membuat Soto Betawi

Resep soto betawi merupakan makanan khas dan populer yang berada di daerah Jakarta. Jadi apabila anda pernah ke Jakarta ataupun tinggal disana pastinya sudah pernah mencicipi makanan yang khas ini. Soto yang memang khas perlu anda coba karena memang rasanya sangat enak dan mantap. Soto betawi sama halnya dengan soto lainnya seperti soto madura ataupun soto sulung. Untuk bahan didalamnya juga mengunakan jeroan sebagai bahannya. Selain itu jeroan yang lainnya juga dimasukkan kedalamnya seperti terpedo, hati dan lainnya.

Cara membuat soto betawi yang memang khas kuliner Indonesia. Soto ini berkembang dan hadir pertama kali sekitar tahun 1977. Memang sangat lama sekali dan memang sudah sangat pantas sekali menyandang makanan khas. Mungkin anda belum tahu, soto dipopulerkan pertama kali oleh penjual soto yang bernama Lie Boen Po Prinsen Park tentu saja dengan rasa dan ciri khas tersendiri. Soto betawi merupakan nama istilah yang dikenal oleh masyarakat dan menyebar secara umum ketika penjual soto tersebut tutup pada tahun 1991 dan mulailah terkenal.

Resep Soto Betawi, Cara Membuat Soto Betawi

Resep soto betawi, sebagai orang Indonesia tentu saja bangga karena memang banyak sekali makanan khas yang terkenal dan bisa kita nikmati di tiap daerah seperti soto ini. Soto yang memang memiliki rasa yang enak dan berkuah dan kuahnya diberi bumbu sedemikian rupa sehingga warnanya juga menggugah selera untuk dinikmati.

Cara membuat soto betawi juga sudah banyak yang menjelaskan tentang referensi dari masakan yang satu ini. Tentu saja kali ini kita coba akan kita kupas apa sih resep rahasianya. Tentu kita semua sudah penasaran sekali seperti apa mulai dari bahan kemudian cara membuatnya. Untuk bahan yang digunakan seperti daging itu sudah tentu, kemudian kayu manis, santan dan rempah-rempah lainnya yang bisa di campur dalam olahan soto betawi ini.

Resep akan kita buat kali ini tentu saja dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti berikut ini.

Resep Soto Betawi

Bahan Ukuran
Babat sapi 150 gram
Usus sapi 150 gram
Daging sandung lamur atau sengkel 300 gram
Santan encer 500 ml
Susu sapi 200 ml
Paru sapi 150 gram
Air 1,5 liter
Minyak 3 sendok makan
Bumbu dihaluskan : 
Bahan Ukuran
Cabai merah besar 3 buah
Daun salam 4 lembar
Serai dimemarkan 2 batang
Merica bubuk 1 sendok teh
Jahe 2 cm
Bawang merah 10 butir
Bawang putih 7 siung
Jintan 2 sendok teh
Cengkeh 1 sendok teh
Garam secukupnya
Bahan pelengkap:
Bahan Ukuran
Tomat merah potong menjadi beberapa bagian 2 buah
Daun bawang iris serong 1 batang
Ddaun seledri iris halus 1 batang
Bawang goreng secukupnya
Emping goreng secukupnya
Sambal cabai rawit secukupnya
Acar secukupnya
Cara membuat, pada tahapan kali ini kita mulai membuat soto betawi yang enak tentu saja bahan sudah dipersiapkan dengan baik agar proses pembuatan berjalan dengan lancar dan berhasil.

Cara Membuat Soto Betawi

  1. Tahap pertama kali untuk membuat soto betawi adalah dengan merebus daging terlebih dahulu dengan air sebentar saja sampai warnanya berubah. Setelah itu tiriskan daging dan buang airnya. Setelah itu rebus kembali dengan menggunakan air sekitar 1,5 liter dengan beberapa campuran bahan didalamnya seperti garam, pada rebusan kali ini yaitu rebus daging hingga benar-benar lunak. Apabila sudah silahkan angkat dan tiriskan selanjutnya daging dipotong-potong kecil potong dadu dan airnya disisihkan untuk kaldu.
  2. Selanjutnya tahap merebus jeroan hingga empuk, silahkan direbus apabila sudah masak maka air yang dibuang untuk merebus silahkan dibuang karena kita akan gunakan air kaldu yang sudah jadi tadi sebagai kuah sotonya. Silahkan potong menjadi bagian kecil untuk jeroannya seperti usus, paru dan lainnya hinga ukurannya cukup pas untuk dimakan.
  3. Kadu yang sudah jadi siap untuk dipanasi. Untuk memanasinya gunakan api sedang selanjutnya proses pembuatan bumbu silahkan tumis bumbu yang sudah disiapkan seperti daun salam, sereh hingga matang dan wangi setelah itu masukkan hasil tumisan bumbu yang sudah masak kedalam kuah kemudian aduk-aduk hingga rata. Masukkan potongan jeroan kedalam kadul tambahkan juga santan dan susu. Silahkan cicipi untuk memastikan sudah pas apa belum jika kurang anda bisa menambahkan sendiri seperti garam.
  4. Dan kini soto sudah jadi dan masak. Anda bisa sajikan untuk tahap penyajiannya bisa lihat berikut ini.
  5. Ambil mangkuk dan sajikan soto dalam mangkuk silahkan irisi tomat, daun seledri dan daung bawang kemudian bawang goreng. Untuk hidangannya anda bisa menyertakan bahan pelengkap lainnya seprti emping, acar dan sambal yang tentu saja dalam tempat yang terpisah.
Resep yang sudah anda buat bisa di sajikan dan disantap. Tentu saja rasa yang khas dan enak terdapat dalam mangkuk ini. Heemm... sudah tidak sabar untuk segera menikmatinya. Resep soto betawi kini sangat mantap dan lengkap apabila disajikan dengan keluarga dan kerabat tercinta.

Cara membuat yang begitu mudah bukan. Demikianlah Cara membuat soto betawi semoga anda artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Tentu saja anda bisa mencatatnya agar suatu saat ketika membuat soto lagi tidak lupa. Selain itu anda bisa baca artikel menarik yang sudah ditulis pada blog ini seperti.