Resep Bumbu Cara Membuat Sambal Tumpang Tempe Tahu - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Bumbu Cara Membuat Sambal Tumpang Tempe Tahu

Mencoba kelezatan sambal tumpang yang melegenda...

Ternyata seperti ini cara membuat sambal tumpang. Sambal yang memang terbukti banyak di sukai oleh kalangan masyarakat terutama pecinta kuliner. Kalau anda tahu, sambal tumpang terbuat dari tempe semangit sebagai bahan utamanya. Kalau orang belum tahu tempe semangit atau tempe yang telah melewati masa fermentasi dan umumnya berwarna kuning akan dibuang begitu saja. Namun, ketika anda membaca artikel ini itu tidak akan terjadi lagi.

Karena nantinya tempe semangit akan disulap menjadi tempe yang rasanya melegenda. Terbukti sampai saat ini sambal tumpang menjadi kuliner kota Kediri di Jawa Timur. Apabila anda sedang di sana jangan lewatkan untuk mencoba kuliner sambal tumpang. Karena akan menyesal sekali kalau melewatinya begitu saja.

sambal tumpang, resep sambal tumpang, cara membuat sambal tumpang, bumbu sambal tumpang

Selama ini mungkin hanya sambal yang itu-itu saja yang disajikan. Paling sering sambal terasi atau sambal goreng atau yang lain. Cobalah sesekali sambal tumpang saya yakin anda pasti ketagihan. Mungkin anda pikir membuat sambal tumpang sulit. Namun, tidak begitu menurut saya. Penyajian sambal tumpang begitu sederhana hampir sama dengan sambel pecel. Di mana di dalamnya terdapat sayuran dan tauge yang disiram dengan sambal tumpang.

Pada umumnya di kota Kediri sambal tumpang biasa di sajikan untuk sarapan pagi. Mereka biasa menjual di warung-warung kecil. Satu porsi sambal tumpang dengan lauk biasanya di beri harga 7ribu. Harga yang relatif murah untuk makanan yang spesial seperti ini. Bagi anda yang penasaran ingin membuat sambal tumpang sendiri di rumah. Silakan simak resepnya di sini karena saya sajikan lengkap resep sambal tumpang, bumbu dengan cara membuat sambal tumpang..

Resep Sambal Tumpang

Bahan Ukuran
Tempe semangit di haluskan dengan garpu 400 gram
Daun salam 2 lembar
Tahu kulit kotak 10 buah
Lengkuas di memarkan 3 cm
Santan terbuat dari 1 butir kelapa 1.000 ml
Cabai rawit merah 6 buah
Garam 3/4 sendok teh
Daun jeruk buang tulang daunnya 6 lembar
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Cabai merah besar 3 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Cabai merah keriting 4 buah
Bawang merah 6 butir
Kemiri disangrai 3 butir
Bawang putih 3 siung
Kencur 4 cm

Cara Membuat Sambal Tumpang Tempe Tahu

  1. Siapkan tempat untuk merebus santan, lengkuas, daun salam, cabe rawit dan daun jeruk serta bumbu halus sampai mendidih.
  2. Berikutnya anda bisa memasukkan tempe, garam, tahu, gula merah serta merica bubuk dan aduk rata.
  3. Sambil di masak sampai matang aduk terus hingga kental. Angkat dan siap untuk sajian.

Waktunya makan, memang dari tadi sudah tidak sabar ingin mencoba lezatnya sambal tumpang. Kini sudah terwujud, sungguh nikmat dan lezat sekali. Silakan catat sambal ini wajib untuk dimasukkan dalam menu hidangan anda. Semoga kelezatan sambal tumpang dapat menemani anda hari ini dengan lebih ceria. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel berikutnya..