Resep Cara Membuat Empal Gepuk Bumbu Sambal Bawang - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Empal Gepuk Bumbu Sambal Bawang

Ternyata daging yang di pukul-pukul ini menjadi daya tarik tersendiri...

Resep empal gepuk yang akan kita sajikan di meja makan kali ini. Sajian daging ungkep yang dilengkapi dengan bumbu empal gepuk sambal bawang pastinya maknyuss. Kebetulan banget untuk anda yang sedang banyak daging sapi di rumah. Bagi anda juga yang penasaran banget dengan makanan yang satu ini nih. Coba deh..

Sebenarnya empal gepuk ini merupakan kuliner daging sapi sebagai bahan utamanya. Rasanya sangat pas sekali di lidah dengan rasa manis, gurih sehingga sangat sedap. Dagingnya empuk dan enak. Memang untuk pemilihan daging sendiri harus selektif. Pilihlah daging dengan kualitas terbaik agar hasilnya memuaskan.

Tekstur empuk yang dimiliki oleh empal gepuk begitu menggoda. Karena perebusannya yang tepat serta proses penumbukan daging yang benar. Untuk penumbukan sendiri tidaklah sulit mirip seperti membuat abon sapi.

empal gepuk, resep empal gepuk, bumbu empal gepuk, cara membuat empal gepuk

Nah, proses penumbukan pada daging dikenal dengan di gepuk. Sehingga makanan ini populer dikenal masyarakat dengan empal gepuk. Sesimpel itu penamaan dari empal gepuk. Namun, memang di beberapa daerah ada yang menyebutnya juga dengan empal atau gepuk saja.

Empal gepuk mudah sekali di temui di beberapa rumah makan di Jawa Barat. Rumah makan yang sering menyajikan empal gepuk yaitu rumah makan khas Sunda. Jadi apabila anda ke Jawa Barat bisa mencoba kuliner empal gepuk ini. Apabila masih belum sempat kami siapkan resepnya sehingga anda bisa membuat sendiri di rumah..

Resep Empal Gepuk

Bahan Ukuran
Daging sapi gandik 500 gram
Serai di ambil putihnya dan di memarkan 2 batang
Air 1.000 ml
Lengkuas di memarkan 1 cm
Daun salam 3 lembar
Air asam jawa di buat dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air 1 sendok makan
Santan terbuat dari 1/2 butir kelapa 750 ml
Minyak untuk menggoreng Secukupnya
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 10 butir
Ketumbar 2 sendok teh
Bawang putih 3 siung
Garam 1 sendok makan
Gula merah 50 gram
Bahan Sambal
Bahan Ukuran
Bawang merah 10 butir
Cabai rawit merah 15 buah
Bawang putih 4 siung
Garam 1/2 sendok teh
Minyak untuk menumis 4 sendok makan
Bahan Taburan
Bahan Ukuran
Bawang merah goreng 1 sendok makan

Cara Membuat Empal Gepuk

  1. Siapkan tempat untuk merebus daging dan air hingga daging ¾ matang. Angkat daging kemudian di potong mengikuti searah serat daging. Kemudian memarkan. Untuk kaldunya ukur kurang lebih 500ml sudah cukup. Sisihkan.
  2. Berikutnya rebus daging bumbu halus, kaldu daging serai, lengkuas, daun salam dan daging hingga mendidih. Jangan lupa untuk memasukkan air asam Jawa dan rebus hingga empuk dan meresap sampai dalam daging. Kemudian dinginkan.
  3. Panaskan minyak dan goreng dagingnya hingga berwarna kecoklatan. Gunakan api sedang agar matang secara menyeluruh.
  4. Buat sambal dengan memanaskan minyak. Tumis bahan antara lain bawang merah, cabe serta bawang putih hingga harum dan layu. Angkat dan tambahkan garam di ulek kasar. Kemudian tumis hingga matang.
  5. Empal gepuk siap untuk disajikan bersama dengan sambal yang sudah di buat. Maknyuss..

Empal gepuk ini memang cocok di makan kapanpun dan dimanapun. Namun, yang paling pas makanan khas Sunda ini cocok untuk mendampingi makan siang.

Dagingnya yang dibuat tipis dengan bumbu yang gurih dan meresap cocok kalau dijodohkan dengan nasi hangat. Sebagian orang menjadikan resep empal gepuk menjadi resep favorit mereka. Bagaimana dengan anda, sudah siapkah.