Resep Cara Membuat Wedang Ronde Isi Kacang - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Wedang Ronde Isi Kacang

Terdapat kehangatan di musim hujan...

Ya betul, resep wedang ronde merupakan bahasan yang pas pada artikel kali ini. Tepatnya sekarang nuansanya dingin karena musim hujan. Wedang ronde sangat cocok dan tepat sebagai pendamping bersantai di musim hujan. Ia akan memberikan kehangatan serta rasa nyaman saat meneguknya. Selain itu wedang ronde termasuk makanan yang sehat. Beberapa orang percaya bahwa wedang ronde dapat menyembuhkan penyakit seperti flu yang umumnya melanda pada waktu penghujan tiba.

Rasa hangat ini dihasilkan dari bahan yang digunakan yaitu jahe. Jahe di campur atau di rebus dengan air hingga berwarna kemerahan. Apabila di konsumsi terasa agak pedas dan hangat sehingga setelahnya tenggorokan lebih terasa lega. Memang tidak salah kalau orang-orang memilihnya sebagai makanan favorit mereka karena memang baik bagi tubuh.

wedang ronde, resep wedang ronde, cara membuat wedang ronde

Pada umumnya wedang ronde ini lebih terlihat ramai dan marak di kota Yogyakarta dan Solo. Di jajakan oleh pedagang kaki lima biasanya di tempat keramaian. Pada saat ini wedang ronde sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja di alun-alun wedang ronde sudah bisa di dapatkan.

Selain menghangatkan tubuh wedang ronde juga mengenyangkan karena terdapat ronde di dalamnya. Ronde ini terbuat dari tepung ketan putih sebagai bahan utamanya di campur dengan bahan lainnya seperti garam dan air. Selain itu juga dipadukan dengan warna yang unik sehingga lebih menggoda. Para pekerja atau mereka yang sedang santai lebih tertarik pada wedang ronde. Terlihat sekali mereka tetap ramai pembeli. Untuk mendapatkan wedang ini cukup murah biasanya dengan 7 ribu hingga 10 ribu anda bisa mendapatkannya.

Lebih enak lagi apabila anda bisa membuatnya sendiri. Di konsumsi bersama dengan keluarga sehingga kehangatan dan kebersamaan tetap kompak dan terjaga. Bagi anda yang belum pernah membuat sebelumnya bisa simak resep wedang ronde di bawah ini. Lengkap dengan cara membuat wedang ronde. Berikut ini selengkapnya...

Resep Wedang Ronde

Bahan Ronde
Bahan Ukuran
Tepung ketan putih 150 gram
Air hangat 135 ml
Garam 1/4 sendok teh
Pewarna hijau tua 2 tetes
Pewarna merah cabai 2 tetes
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Kacang tanah kupas, disangrai 50 gram
Garam 1/8 sendok teh
Gula pasir 25 gram
Sirup Jahe
Bahan Ukuran
Air 2.000 ml
Jahe dibakar dan dimemarkan 400 gram
Gula pasir 400 gram
Daun pandan 4 lembar
Garam 1 sendok teh
Serai dimemarkan 6 batang
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Kolang-kaling direbus dan diiris 200 gram
Sagu mutiara merah 25 gram
Roti tawar tanpa kulit kemudian dipotong kotak 3 buah
Lengkeng ditiriskan 1 kaleng atau 200 gram

Cara Membuat Wedang Ronde

  1. Membuat isi, siapkan dulu alat blender untuk menyatukan kacang tanah yang masih hangat, gula pasir serta garam di blender hingga rata. Setelah itu bahan yang sudah halus di bentuk menjadi bulat-bulatan kecil. Sisihkan.
  2. Buat juga rondenya dengan mencampur garam dan tepung ketan. Aduk hingga merata. Tambahkan juga dengan air hangat secara perlahan sambil diuleni hingga kalis.
  3. Adonan yang sudah jadi di bagi dalam tiga bagian. Bagian pertama di tambahkan dengan pewarna merah, bagian kedua pewarna hijau kemudian sisanya dibiarkan tetap putih. Setiap adonan di aduk rata.
  4. Bahan ronde di ambil sedikit kemudian di pipihkan untuk di beri isi. Bentuklah bulatan kembali dan begitu terus hingga adonan benar-benar habis.
  5. Siapkan air dan didihkan. Bola-bola ketan yang telah di buat tadi di masukkan dan di rebus hingga mengapung. Apabila sudah angkat dan tiriskan.
  6. Buat sirup jahe dengan merebus air, serai, jahe, daun pandan serta gula pasir. Untuk merebus dan membuat sirup jahe ini gunakan api kecil dan biarkan hingga mendidih dan harum. Apabila sudah ronde bisa di sajikan bersamaan dengan sirup jahe yang sudah jahe dan beberapa pelengkap lainnya.

Wedang ronde lebih enak di makan selagi hangat karena akan menambah kehangatan tubuh. Aroma dan rasanya masih kuat. Memang ada sebagian orang yang lebih suka di makan dalam keadaan dingin. Tidak masalah yang penting tetap enjoy dan menikmati. Sekian dulu resep dan cara membuat wedang ronde ini semoga menjadi teman anda dan keluarga di musim hujan. Selamat mencoba..