Resep Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus Lembut Enak Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus Lembut Enak Sederhana

Resep Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus Lembut Enak Sederhana

Resep cupcake yang merupakan makanan yang bentuknya hampir mirip dengan kue bolu. Jadi apabila mengerti kue bolu cupcake hampir seperti itu. Mirip bukan berarti sama namun bentuknya berbeda. Kalau kita perhatikan untuk membuat kue bolu yaitu dengan dicetak menggunakan loyang ukuran besar yang kemudian dipotong-potong. Sedangkan untuk pembuatan cupcake ini menggunakan cetakan ukuran kecil.

Cara membuat cupcake ini bisa anda coba karena memang resep ini sering dan bayak dicari oleh orang karena memang rasanya yang enak. Selain itu cupcake memang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Pada umumnya cupcake yang terkenal yaitu coklat namun ada beberapa macam varian dari cupcake yaitu cupcake keju, cupcake vanilla, cupcake oreo da cupcake klasik.

resep cupcake, resep cupcake kukus, cara membuat cupcake kukus

Resep cupcake, sebelum membuatnya tentu saja alangkah baiknya anda mengerti dari mana asal kue yang satu ini. Cupcake berasal dari Belanda untuk di negara tersebut kue ini bukan dikenal dengan cupcake namun Muffin tins. Pada umumnya cupcake di Belanda dimakan sebagai camilan yang di makan bersama dengan kopi panas jadi memang sangat mantap sekali.

Cara membuat cupcake yang pastinya kita semua sudah penasaran banget bagaimana cara membuatnya. Namun anda perlu tahu cupcake dibagi menjadi dua jenis dalam pembuatannya yaitu yang pertama cupcake oven selain itu juga terdapat cupcake dengan di kukus untuk membuatnya. Pada kesempatan kali ini yang akan kita buat adalah cupcake dengan kukus. Untuk pembuatan cupcake silahkan simak terus.

Resep yang akan kita buat seperti apa, ada baiknya menyimak secara perlahan dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya seperti apa berikut bahannya.

Resep Cupcake

Bahan Ukuran
Telur 3 butir
Gula pasir halus 75 gram
Emulsifier 1 sendok teh
Cokelat keping 50 gram
Tepung terigu protein sedang 150 gram
Baking powder 1/2 sendok teh
Susu cair 50 ml
Margarin yang dilelehkan 50 gram
Hiasan
Bahan Ukuran
Cokelat masak pekat yang sudah Dilelehkan untuk coretan 15 gram

Cara Membuat Cupcake

  1. Siapkan tempat untuk mencampur adonan yang terdiri dari beberapa bahan seperti telur, gula pasir, emulsifier yang di kocok hingga mengembang. Kemudian masukkan juga tepung terigu ditambah dengan baking powder yang sebelumnya sudah di ayak sehingga hasil dari adonan bisa lembut.
  2. Selanjutnya memasukkan susu cair dan margarin yang sudah di campur dan leleh secara perlahan ke dalam adonan. Sahabat juga bisa memasukkan coklat keping dan aduk kembali hingga rata.
  3. Adonan yang sudah jadi siap untuk di masukkan pada cetakan muffin pendek dan lebar, alasi dengan menggunakan kertas.
  4. Dikukus kurang lebih hingga 10 menit menggunakan api sedang agar adonan masak dengan sempurna. Kukus hingga matang.
  5. Apabila sudah bisa diangkat kemudian di hias dengan coretan cokelat yang sudah disiapkan.

Resep sudah dibuat dengan baik. Anda bisa menyajikan kue cupcake yang tentunya sudah ditunggu-tunggu dari tadi hingga masak. Alangkah bahagianya ketika bisa membuat kue sendiri. Demikian resep cupcake dengan cara membuat seperti langkah diatas. Tentu saja dengan cara membuat yang begitu mudah bukan untuk bisa di praktekkan di rumah.

Sekian sharing kali ini tentang cara membuat cupcake. Tentu saja akan sangat senang sekali apabila artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Selain itu sudah kami tuliskan beberapa resep menarik yang bisa anda coba dan tidak kalah enak dengan resep ini seperti.