Resep Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial Enak

Resep Cara Membuat Semur Ayam

Resep semur ayam merupakan hidangan yang terbuat dari daging rebus yang terkenal di Indonesia. Semur biasanya diolah sedemikian rupa dengan ciri khas kuahnya yang berwarna coklat pekat. Untuk kuahnya menggunakan bahan seperti kecap manis, bawang bombay, pala, cengkeh dan bawang merah. Untuk kecap yang biasanya digunakan biasanya berkualitas bagus yang terbuat dari kedelai hitam. Untuk membuat semur ayam yang perlu diperhatikan yaitu cara pembuatannya karena dengan step yang benar maka rasa dan cita rasa yang didapat akan kuat.

Cara membuat semur ayam yang menggunakan bahan daging sapi dan kentang sebagai bahan utamanya. Selain itu terdapat juga beberapa macam variasi dari cara penyajian seperti bahan tambahan tahu, tempe, ikan, telur dan bahan lainnya yang mendukung sehingga rasa yang dihasilkan oleh semur ayam benar-benar mantap.
Resep Semur Ayam, Cara Membuat Semur Ayam
Resep semur ayam, mungkin bagi anda sudah terbiasa makan semur. Namun, tahukah anda semur yaitu berasal dari bahasa Belanda yang berarti “Smoor” yang artinya masakan yang sudah direbus dengan menggunakan tomat dicampur dengan bawang secara perlahan. Selain diartikan Smoor bisa disebut juga braising yaitu teknik masak dengan cara direbus menggunakan api kecil hingga bahan daging didalamnya menjadi empuk.

Cara membuat semur ayam yang bisa anda buat sendiri. Semur yang memang sangat terkenal ini bisa menjadi pilihan menu masakan anda dirumah. Selain rasanya yang memang enak cara membuatnya juga mudah. Semur sering menjadi pilihan dan diminati oleh banyak orang. Dengan campuran bahan dan rempah di dalamnya membuat semur terasa mantap. Tentu anda sudah tidak sabar ingin memuat dan menyicipi semur ayam untuk cara membuatnya silahkan simak terus ya.

Resep yang memang sudah tidak sabar ingin segera menikmatinya. Untuk itu agar lebih cepat silahkan siapkan bahan-bahan secara lengkap agar dalam pembuatan semur ini menjadi lancar. Bahan sebagai berikut.

Resep Semur Ayam

Bahan Ukuran
Ayam potong menjadi beberapa bagian 1 ekor
Cuka 2 sendok makan
Garam dapur 2 sendok teh
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
Bumbu Haluskan:
Bahan Ukuran
Garam halus 3 sendok teh
Merica 1 sendok makan
Ketumbar 4 sendok teh
Kemiri 8 buah
Bawang putih 8 siung
Bawang merah 12 butir
Pelengkap :
Bahan Ukuran
Bawang goreng untuk taburan secukupnya
Kecap manis 12 sendok teh
Air matang 1000 ml
Cengkeh 10 buah
Pala 1 biji
Lengkuas yang digepengkan 4 cm
Cara membuat bisa anda simak dibawah ini. Resep yang begitu mantap dan patut untuk dicoba. Bagaimana step by stepnya bisa anda perhatikan berikut ini.

Cara Membuat Semur Ayam

  1. Tahapan pertama untuk membuat semur ayam yang enak yaitu dengan melumuri atau mengoleskan daging ayam dengan cuka dan garam. Daging yang sudah dilumuri siap untuk dimasak dan digoreng dengan memanasi minyak diwajan terlebih dahulu. Masak hingga warna berubah menjadi kecoklatan. Apabila sudah bisa di angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan juga lengkuas yang sudah dimemarkan, cengkeh, pada dan minyak secukupnya. Tumis hingga warnanya layu dan wanginya harum.
  3. Selanjutnya memasukkan ayam tadi yang sudah digoreng. Aduk dan bolak baliklah sampai bumbu tercampur sampai benar-benar rata.
  4. Berikutnya menambahkan kecap manis, aduk ayam hingga bumbu meresap dengan rata kemudian tunggu beberapa saat hingga mendidih.
  5. Untuk memasak lebih baik menggunakan api kecil, masak hingga bumbu dan kuah meresap kedalam daging ayam sengan sempurna dan air habis.
  6. Tunggu beberapa saat hingga daging benar-benar empuk dan matang. Apabila sudah bisa diangkat dan disajikan.
Resep yang sudah masak tadi bisa disajikan bersama dengan keluarga tercinta. Untuk penyajian bisa ditaburi dengan tambahan bawang goreng diatasnya agar lebih nikmat. Resep semur ayam dan cara membuat yang begitu mudah. Masakan yang bisa menjadi andalan menu masak anda setiap harinya.

Oke sekian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat semur ayam, semoga bermanfaat dan jadi referensi yang baik. Selain resep semur banyak resep menarik lain yang bisa anda coba dan tidak kalah mantap seperti.