Resep Cara Membuat Lasagna Kukus Praktis Mudah Sederhana Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Lasagna Kukus Praktis Mudah Sederhana Enak

Resep Cara Membuat Lasagna

Resep lasagna, akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Sebelumnya bagi anda tentu sudah mengertai dan tahu apa itu lasagna. Biasanya pecinta kuliner luar negeri tahu dengan masakan yang satu ini. Namun, apabila anda yang belum tahu jangan khawatir karena akan kita bahas pada artikel ini. Lasagna merupakan pasta yang dipanggang di oven dan masakan tradisional yang khas Italia. Sebelum lebih jauh lasagna sering dikenal juga dengan lasagne secara harfiah yang berisikan daging didalamnya.

Cara membuat lasagna bisa kita buat, sebenarnya untuk isinya bisa diisi sesuai selera anda misalnya diisi dengan sayur-sauran, daging, atau bisa juga makanan laut atau yang lainnya. Jadi memang banyak sekali yang bisa anda kreasikan dengan isi dalam lasagna ini jadi tidak melulu harus daging. Lasagna bahan dasarnya dibuat dengan adonan tepung terigu selanjutnya diberi isi didalamnya dan dipanggang sampai matang.
Resep Lasagna, Cara Membuat Lasagna
Resep lasagna memang berasal dari Italia. Akan tetapi di tanah air sudah cukup populer dengan makanan yang satu ini. Seriring perkembangannya lasagna terdiri dari daua cara memasaknya yaitu dengan dipanggang dan di kukus. Untuk rasanya juga bermacam-macam antara lain coklat, keju, kentang dan lain sebagainya. Lasagna memang enak anda bisa menikmati lasagna buatan sendiri.

Sepertinya anda juga sudah tidak sabar bagaimana cara membuat lasagna, untuk membuatnya juga menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti margarin, gula pasir, tomat pasta, daging giling dan bumbu lainnya untuk lebih jelasnya baca terus.

Resep kita buat dengan bahan-bahan dibawah ini, silahkan siapkan terlebih dahulu sebelum ke langkah membuat lasagna. Berikut ini bahannya.

Resep Lasagna

Bahan Ukuran
Daging Cincang
Kulit Lasagna 7 lembar
Keju Cheddar 350 gram
White Sauce
Bahan Ukuran
Susu Cair 500 ml
Mentega/ Butter 1 sendok makan
Lada secukupnya
Keju Parut 50 gram
Tepung 2 sendok makan
Garam secukupnya
Red Sauce
Bahan Ukuran
Kaldu bubuk (optional) secukupnya
Garam secukupnya
Saus Spaghetti 4 sendok makan
Daun Salam Kering 2 helai
Saus Tomat 3 sendok makan
Oregano (optional) 1/4 sendok teh
Bawang Bombay 1 buah
Bawang Putih 4 siung
Tomat Merah reus dan buang kulitnya 3 buah
Gula secukupnya
Lada secukupnya
Cara membuat kita langsung saja sudah tidak tahan untuk segera menikmati lasagna khas Italia ala anda sendiri. Hehehe..

Cara Membuat Lasagna

  1. Pertama-tama yaitu dimulai dengan memotong tomat menjadi bagian-bagian kecil yaitu dipotong dadu, untuk bijinya jangan dibuang diikutkan saja karena memang bagus untuk kesehatan. Kandungan didalamnya mempunyai vitamin C.
  2. Membuat Red Sauce : yaitu dengan menumis bawang bombai. Tumislah sampai matang dan warnanya berubah nampak transparan, selanjutnya masukkan juga daging cincang yang sudah dipersiapkan. Tumis daging dan wawang hingga berubah warna. Apabila sudah bisa diikuti dengan memasukkan red sauce.
  3. Membuat White Sauce : untuk membuatnya beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu panci anti lengket agar nantinya proses penggorengan bisa bagus. Masukkan mentega apabila sudah meleleh dilanjutkan dengan memasukkan tepung hingga tepung tercampur dengan baik. Untuk proses memasak ini baiknya menggunkan api kecil karena memang tepung mudah untuk cepat gosong.
  4. Tahap berikutnya yaitu dengan memasukkan susu cair sedikit demi sedikit kemudian diaduk untuk mencegah penggumpalan. Tuangkan susu hingga habis dan adonan mengental kemudian bisa ditambahkan dengan keju, garam dan merica.
  5. Melakukan pemanggangan dengan menggunakan oven, silahkan siapkan dan panaskan oven hingga kurang lebih sampai 175 celcius. Atur yang bagus kulit lasagna kemudian tuangkan red sauce pada satu bagian lalu dengan white sauce kemudian tutup dengan lembaran lasagna lagi. Untuk proses ini ulangi sampai pasta heet habis dan pada bagian paling atas setelah menuangkan sauce.
  6. Untuk proses pemanggangan yaitu kurang lebih selama 20 menitan sampai permukaannya terlihat kuning keemasan kemudian anda bisa menaburi keju diatasnya. Kemudian angkat dan hidangkan yang sebelumnya di diamkan dulu agar agak dingin kurang lebih selama 20 menit.
Resep yang bisa anda buat sendiri, karena anak negeri sekarang juga sudah doyan dengan kuliner yang berbagu luar negeri walaupun di negeri sendiri kuliner sudah sangat melimpah ruah. Tidak ada salahnya resep lasagna ini dicoba dengan cara membuat yang sudah kami sajiakan diatas.

Demikian tips kali ini semoga cara membuat lasagna bisa menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba. Baca juga artikel lainnya yang menarik seperti.