Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Sederhana

Resep Cara Membuat Bubur Ayam

Resep bubur ayam, merupakan jenis makanan bubur yang terkenal di Indonesia. Bubur ini sudah menyebar di kalangan masyarakat, hingga tidak jarang kita jumpai di sekitar kita. Untuk mendapatkan bubur ayam sudah sangat mudah karena memang makanan ini banyak dijual dan peminatnya juga banyak. Bubur ayam sangat enak karna bumbu dan dagingnya, sajian dan bumbunya membuat kita akan tergoda akan nikmatnya makanan ini. Bubur ayam disajikan dengan baik, terdapat irisan aging ayam kemudian dicampur dengan beberapa bumbu seperti kecap asin, merica, garam dan kecap asin. Selain itu bagi yang suka, bisa diberi kaldu ayam agar lebih mantap.

Cara membuat bubur ayam bisa dibuat untuk dinikmati sebagai sarapan, walaupun dapat dinikmati kapan saja tetapi waktu yang paling pas dan cocok untuk suasanya yaitu memang di pagi hari. Karena memang tekstur dan kelembutan yang dimiliki oleh bubur ayam ini sangat menggoda. Disajikan secara hangat, selain itu juga bubur ayam sangat cocok bagi anda yang kurang suka masakan yang pedas. Karena memang penyajian untuk saus cabe terpisah jadi silahkan bisa anda coba.
Resep Bubur Ayam, Cara Membuat Bubur Ayam
Resep bubur ayam mempunyai banyak variasi seiring perkembangannya. Namun, konsep utama dari bubur ayam ini ya menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Pada akhir-akhir ini sering kita lihat penyajian disajikan dengan potongan atau suwir daging ayam, ditambah dengan seledri dan irisan cakwe untuk pelengkap hidangan. Untuk menambah khas kriuk-kriuk tidak lupa menyisipkan kerupuk di atas bubur ayam.

Cara membuat bubur ayam nanti akan dibahas berikut ini. Karena memang sudah tidak sabar ingin segera menikmatinya. Selain rasanya yang memang enak, bubur ayam juga mempunyai banyak kandungan gizi yang dimiliki jadi memang baik sekali untuk kesehatan, bubur ayam bisa disajikan untuk bayi, anak-anak maupun orang yang sedang sakit karena memang teksturnya yang lembut dan mudah untuk dicerna sehingga baik sekali untuk pemulihan. Seperti apa pembuatan bubur ayam silahkan simak terus.

Resep untuk membuat makanan ini cukup mudah untuk di coba. Tentu saja dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Detail bahannya bisa dilihat dibawah ini.

Resep Bubur Ayam

Bahan Ukuran
Air 4,5 liter
Daun bawan iris tipis 1 batang
Serai 3 batang
Garam 1 1/2 sendok teh
Penyedap rasa ayam secukupnya
Minyak secukupnya
Ayam 1/2 kilogram
Beras cuci bersih 200 gram
Daun jeruk 3 lembar
Kecap manis 1 sendok teh
Membuat bumbu :
Bahan Ukuran
Garam 1 1/2 sendok teh
Kemiri 2 butir
Kunyit 2 cm
Bawang putih 3 buah
Ketumbar 3 sendok teh
Pelengkap :
Bahan Ukuran
Kacang goreng secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Kerupuk secukupnya
Seledri iris halus 2 batang
Telur ayam rebus / telur puyuh secukupnya
Emping secukupnya
Cara membuat, step ini akan lanjut apabila bahan sudah tersedia dengan baik. Karena dengan tersedianya bahan akan memperlancar proses pembuatan bubur ayam yang mantap ini. Kira-kira seperti apa cara membuatnya.

Cara Membuat Bubur Ayam

  1. Pertama-tama yaitu merebus daging ayam hingga empuk, jadi silahkan siapkan panci untuk memasaknya kemudian angkat.
  2. Daging ayam yang direbus kuanya airnya jangan dibuang, kuah dibagi menjadi dua bagian karena akan dibuat kuah untuk sisanya dan kira-kira yang 3 literan akan dibuat bubur.
  3. Ayam yang sudah rebus digoreng hingga ayam benar-benar matang. Selanjutnya bisa suwer-suwer kemudian sisihkan.
  4. Saatnya membuat bubur, masak dan masukkan beras dengan menggunakan kaldu ayam yang sudah disiapkan.
  5. Saatnya membuat kuah, kuah dibuat dengan menggunakan tambahan bumbu seperti bumbu yang sudah dihaluskan diatas kemudian ditumis hingga harum tambahkan juga serai dan daun jeruk agar lebih mantap dan wangi. Tuangkan kaldu ayam kedalam tumisan yang dibuat selanjutnya tambahkan kecap, penyedap rasa, daun bawang dan garam kemudian masak hingga benar-benar mendidih.
  6. Apabila sudah siap dan masak tahap selanjutnya yaitu penyajian, tahapan ini yang memang sudah ditunggu-tunggu dari tadi karena memang sudah nggak tahan dengan rasanya pingin segera menikmati bubur ayam ini. Seperti apa, ambil mangkok kemudian ambil bubur taruh kedalam mangkuk, kemudian siram dengan kuah dan taburi dengan bumbu atau bahan pelengkap diatasnya.
  7. Bubur ayam sudah siap, bisa anda hidangkan untuk makana bersama dengan keluarga tercinta. Bubur ayam sangat enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.
Resep sudah anda buat tentunya sangat senang sekali bukan. Rasanya yang menggoda selera memang pantas menjadi pilihan resep untuk kali ini. Resep bubur ayam banyak kita temui namun alangkah bahagianya apabila kita juga bisa membuatnya. Karena memang cara membuat makanan ini tidaklah terlalu rumit.

Untuk penyajiannya sajikan hangat terus, apabila dingin anda bisa memanasinya kemudian dihidangkan. Oke sekita tips kali ini tentang bagaimana cara membuat bubur ayam. Tentu saja saya akan senang sekali apabila tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda tentunya sebagai pembaca. Tidak lupa juga silahkan baca artikel menarik tentang resep yang sudah saya tulis sebelumnya seperti.