Resep Cara Membuat Tahu Tek Khas Surabaya Yang Mantap - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tahu Tek Khas Surabaya Yang Mantap

Resep Cara Membuat Tahu Tek

Resep tahu tek, merupakan makanan yang cukup terkenal di indonesia khususnya daerah Surabaya karena asal tahu tek memang dari daerah tersebut dan sudah menjadi ciri khas kota Surabaya. Jadi bagi anda yang ingin menikmati tahu tek khas Surabaya silahkan apabila sedang berkunjung ke daerah tersebut tidak lupa untuk menikmati tahu tek yang memamang enak dan patut untuk di coba dan bisa dimasukkan dalam daftar kuliner anda.

Cara membuat tahu tek, untuk membuat tahu tek cukup mudah. Tahu tek dengan bahan dasar utama adalah tahu yang di goreng setengah matang kemudian lontong yang di potong kecil-kecil, kentang taoge ditambah dengan irisan mentimun yang dipotong memanjang kecil yang akhirnya seperti acar yang kemudian disiram dengan bumbu yang mantap ditambah dengan kerupuk udang kecil kira-kira berdeameter 3cm yang membuat suasana makan semakin nikmat kriuk-kriuk dan membuat ngiler. Hehe..
Resep Tahu Tek, Cara Membuat Tahu Tek
Resep tahu tek, kini banyak beredar di daerah-daerah tertentu bukan hanya di Surabaya namun kotal-kota besar lainnya sudah banyak menjajakan makanan tahu tek ini. Mungkin anda belum tahu kenapa kok diberi nama tahu tek?... ini karena bahan yang digunakan untuk memotong bahan dari tahu tek menggunakan gunting sehingga ketika memotong bahan seperti tahu, lontong, kentang dan telur dibunyikan terus yang seakan seperti memotong walalupun bahan makanan sudah habis untuk di potong jadi bunyinya seperti tek... tek... tek.... dan akhirnya di beri nama tahu tek.

Cara membuat tahu tek, caranya sangatlah mudah andapun juga dapat membuatnya sendiri dirumah apabila memang tidak sempat atau tidak bisa berkunjung ke Surabaya. Walaupun tehu tek sudah tersebar di kota-kota besar dan mudah dinikmati tentu anda ingin bisa membuatnya sendiri sehingga menjadi tahu tek ala anda sendiri. Hehe..

Potongan tahu dan lontong di siram dengan bumbu. Bumbu tersebut terbuat dari bahan campuran antara petis, air masak, kacang tanah, cabe, dan bawang putih yang bumbunya di ulek, ditumbuk sedemikian rapa sehingga hasilnya sangat kental. Untuk petis biasanya menggunakan petis sidoarjo karena memang petis khas sidoarjo ini masih berada di sekitar Surabaya jadi ciri khas dari tahu tek ini masih terasa mantap dari petisnya.

Resep, tentu anda sudah penasaran sekali apa saja sih resepnya. Untuk yang sudah tidak sabar ingin membuatnya silahkan simak bahan dari resep tahu tek berikut.

Resep Tahu Tek

Bahan Ukuran
Tahu 400 gram / 3 potong
Lontong Secukupnya
Kentang 2 buah
Taoge pendek 100 gram
Minyak goreng Secukupnya
Bahan Bumbu Kacang
Bahan Ukuran
Kacang tanah goreng 4 sendok makan
Bawang putih 2 siung
Cabai merah 3 buah
Cabai rawit 6 buah
Kecap manis 2 sendok makan
Petis sidoarjo 3 sendok makan
Air asam jawa 1 sendok makan
Air mineral 75 s.d 100 ml
Garam 1/2 sendok teh
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Bawang goreng Secukupnya
Seledri 1 batang iris halus
Kerupuk Secukupnya
Cara membuat, apabila bahan sudah di siapkan sekarang giliran untuk membuat tahu tek yang enak ala anda sendiri. Hehe...

Cara Membuat Tahu Tek

  1. Pertama kita membuat tahu goreng. Silahkan goreng tahu sampai matang kemudian potong-potong menjadi bagian kecil dengan ukurang yang pas.
  2. Membuat kentang rebus. Rebus kentang hingga matang yang sebelumnya di cuci bersih terlebih dahulu yang nantinya akan dikupas kecil-kecil untuk bisa di sajikan.
  3. Membuat bumbu kacang. Siapkan cabe merah, cabe rawit, bawang putih, garam, dan kacang goreng kemudian di ulek agak rata kemudian tambahkan petis dan sedikit air ulek lagi hingga benar-benar rata. Tambahkan juga kecap manis dan air asam jawa dan aduk hingga rata dan sisihkan.
  4. Tahap penyajian. Ini yang memang di tungu-tunggu dari tadi hehe... sipakan piring bersih masukkan lontong iris sesuai dengan selera, kemudian tahu goreng juga sama, kentang dan taoge. Kemudian di atasnya disiram dengan bumbu yang tadi sudah di buat sebelumnya untuk menambah khas nikmatnya tambahkan bawang goreng dan seledri. Sebagai tambahan pelengkap bisa menambahakan irisan timun dengan potongan panjang kecil-kecil dan tomat.

Akhirnya Resep yang sangat mudah dari bahan dan cara membuatnya cukuplah gampang sekali tersebut siap untuk disajiakan. Apabila anda berhasil membuatnya pasti senang sekali dengan memberikan hidangan tersebut sebagai makan bersama keluarga. Resep tahu tek, kami sajikan untuk anda yang memang ingin bisa menikmati tahu tek buatan sendiri dirumah lengkap dengan cara membuatnya. Demikian tips kali ini tentang cara membuat tahu tek. Silahkan baca juga masih banyak resep yang lainnya di blog ini yang bisa anda baca seperti.