Resep Cara Membuat Tempe Mendoan Renyah Paling Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tempe Mendoan Renyah Paling Enak

Resep Cara Membuat Tempe Mendoan

Resep tempe mendoan, mendoan merupakan jenis makanan berbahan tempe yang tipis. Tempe di iris tipis kemudian di goreng dengan menggunakan tepung sehigga rasanya gurih dan renyah. Secara umum mendoan merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah Banyumas. Untuk membuat tempe biasanya tempe yang digunakan berupa tempe bungkus yang lebar kemudian tipis yang isinya satu atau dua lembar tiap bungkusnya.

Selain itu cara membuat tempe mendoan bisa juga menggunakan tempe biasa sebagai bahan utamanya untuk di buat tempe mendoan yang diiris dengan tipis-tipis namun irisannya lebar. Untuk adonannya tempe medoan terbuat dari tempe yang digoreng dengan menggunakan tepung beras, tepung kanji, ketumbar, kunyit, bawang putih dan garam sehingga rasa yang dihasilkan terasa renyah dan gurih.
Resep Tempe Mendoan, Cara Membuat Tempe Mendoan
Resep tempe mendoan, ciri khas masakan nusantara yang menggugah selera, tempe mendoan cemilan yang rasanya khas tradisional. Tempe dioleh sedemikian rupa sehingga terlihat praktis untuk disajikan ditambah lagi dengan tambahan kecap pada saat menyantapnya pasti akan terasa pas sekali dilidah terasa mantap. Bagi anda pecinta gorengan tidak lupa untuk menyicipi cemilan tepe mendoan yang satu ini.

Cara membuat tempe mendoan bisa anda buat sendiri pastinya anda sangat penasaran apa saja sih bumbu yang digunakan pada saat membuat tempe mendoan. Untuk lebih jelasnya bahan tidak begitu sulit, bahan yang digunakan adalah umum dan banyak terdapat di daerah sekitar anda, di pasar-pasar seperti tepung terigu, bumbu penyedap, garam dan lain sebagainya. Silahkan simak selengkapnya bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Resep untuk membuat tempe mendoan menggunakan beberapa bahan yang pelu di persiapkan terlebih dahulu. Untuk bahannya adalah sebagai berkut ini.

Resep Tempe Mendoan

Bahan Ukuran
Tempe diiris tipis dan melebar 250 gram
Tepung terigu 50 gram
Tepung beras 10 gram
Garam ½ sendok teh
Bumbu penyedap ½ sendok teh
Bubuk ketumbar 1 sendok makan
Bawang putih halus 1 sendok teh
Daun bawang iris 2 batang
Air 200 ml
Minyak goreng secukupnya
Bahan sambal kecap :
Bahan Ukuran
Kecap manis 4 sendok makan
Bawang putih halus ½ sendok teh
Cabe rawit cincang 3 buah
Garam Secukupnya
Cara membuat sangatlah mudah setelah anda mendapatkan bahan dengan lengkap silahkan ikuti panduan cara membuatnya simak berikut ini.

Cara Membuat Tempe Mendoan

  1. Untuk membuat tempe mendoan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat adonan tepung terigu, campur beras, air kemudian aduk rata, masukkan juga daun bawang, garam, penyedap, bawang putih halus dan bubuk ketumber dan aduk rata.
  2. Celupkan tempe yang sudah diiris satu persatu pada adonan tepung yang sudah dibuat tadi. Angkat dan masukkan ke dalam miyak goreng yang sudah dipanaskan di atas kompor dengan menggunakan api sedang setengah matang kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Bahan sambal di aduk dengan rata kemudian disajikan dengan tempe mendoan yang sudah matang dan hangat. Heemm... nikmatnya anda pasti tidak sabar utuk mencobanya.
Resep yang begitu mudah bisa anda buat dirumah, resep tempe mendoan bisa jadi bahan referensi untuk membuat makanan khas nusantara yang anda sukai dengan bahan tempe sebagai bahan utamanya. Cara membuat bisa dilihat di atas sudah di bahas dengan detail. Demikian cara membuat tempe mendoan yang bisa di sharing pada kesempatan kali ini anda membaca artikel resep menarik lainya yang sudah saya tulis di blog ini seperti.