Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak

Resep Cara Membuat Tempe Bacem

Resep tempe bacem, yupz... makanan khas suku jawa ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini, tempe bacem merupakan makanan khas sajian panganan yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan juga Yogyakarta bagian timur. Pada umumya orang-orang Yogyakarta menyukai bacem yang mempunyai rasa manis yang khas dengan bumbu gula merahnya.

Cara membuat tempe bacem, yang sebetulnya bacem berasal dari pengawetan produk makana jadi bacem adalah cara pengolahan yang biasanya tempe dan tahu yang diawetkan. Dibacem maksudnya direndam di dalam air gula dan air garam agar supaya makanan atau bahan menjadi lebih awet. Seperti halnya dengan makanan tempe bacem ini.
Resep Tempe Bacem, Cara Membuat Tempe Bacem
Resep tempe bacem, untuk tempe bacem yang memang terkenal di daerah Yogyakarta dikenal juga dengan jadah bacem yaitu jada atau uli yang disajikan bersamaan dengan tempe dan tahu bacem. Apabila anda mampir ke Yogyakarta bisa mencobanya. Bacem tempe bisa dimakan dengan nasi secara dalam keadaan hangat.

Cara membuat tempe bacem, tentu anda sudah tidak sabar bagaimana cara membuatnya dan menikmati bagaimana sih rasa khas tempe bacem buatan sendiri. Untuk itu kami coba menyajikan resep tempe bacem ini yang bisa anda coba sendiri di rumah sehingga bisa mencoba tempe bacem ala anda sendiri. Setidaknya bisa membuat tempe bacem dengan kreasi sendiri pastinya sangat asyik untuk di coba bagaimana, silahkan simak trus resepnya.

Resep akan kita buat, pertama-tama kita siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan apa saja, silahkan simak detail bahan dibawah ini.

Resep Tempe Bacem

Bahan Ukuran
Tempe 1 papan
Air kelapa ½ liter
Serai memarkan 1 batang
Lengkuas 1 ruas
Asam jawa ½ sendok teh
Daun salam 2 lembar
Bumbu Tempe Bacem :
Bahan Ukuran
Gula merah 3 sdm
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 4 siung
Kemiri 2 butir
Ketumbar 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Cara membuat apabila bumbu sudah terkumpul dengan baik, selanjutnya pada tahap pembuatan, untukmembuatnya silahkan simak caranya berikut ini antara lain sebagai berikut.

Cara Membuat Tempe Bacem

  1. Untuk membuat tempe bacem langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan air kelapa, diikuti dengan bumbu-bumbu lainnya yang sudah dihaluskan seperti asam jawa, daun salam, lengkuas dan serai dimasukkan secara perlahan-lahan dan diaduk hingga rata dengan tamahan ½ liter air kelapa.
  2. Apabila air kelapa dan bumbu sudah tercampur dengan baik, seanjutnya tempe bisa dimasukkan kedalamnya yang kemudian bisa di aduk perlahan-lahan hingga air kelapa menyusut dan bumbu lebih menyerap dengan baik.
  3. Sebenarnya untuk tahapan ini tempe bacem sudah jadi. Selanjutnya bisa digoreng dan disajikan untuk dimakan namun apabila ingin disimpan juga bisa dengan memasukkan kedalam wadah yang tertutup kemudian memasukkannya kedalam lemari es.
Resep sudah kami sajikan pada artikel ini anda bisa mencatat dan mencobanya sendiri, resep tempe bacem yang khas rasanya, untuk pemilihan tempe bacem ini terkadang ada yang rasanya tidak gurih juga karena mungkin rendaman tidak maksimal sehingga berbau langu. Bisa juga disebabkan dengan hal lain juga seperti kualitas tempe yang memang kurang baik. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ragi yang dipakai karena memang tempe yang dibuat sebenarnya menggunakan tahap fermentasi dengan bahan ragi sehingga kualitas ragi juga berpengaruh besar terhadap rasa dan hasil yang di dapatkan.

Cara membuat yang gampang seperti diatas. Demikian tips kali ini tentang cara membuat tempe bacem selamat menikmati. Selain itu anda bisa mencoba resep masakan lainnya yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya yang memang banyak hal menarik juga untuk coba. Silahkan baca seperti.