Resep Cara Membuat Tom Yam Seafood Enak Khas Thailand - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tom Yam Seafood Enak Khas Thailand

Resep Cara Membuat Tom Yam Seafood

Resep tom yam seafood, oke kali ini kita bahas makanan Luar Negeri yang menjamur di Masyarakat. Pada umumnya masyarakat yang suka akan masakan dan kuliner jenis sup tentu saja sudah tahu dong mengenai resep yang satu ini yaitu tom yam seafood. Tom yam seafood merupakan makanan asal Thailand yang biasa disebut juga dengan tom yam atau dom yam. Tom yam menggunakan bahan utama seafood seperti udang, ikan laut atau cumi. Walaupun tom yam jenis lain juga ada yang menggunakan ayam yang kita akan bahas kali ini tom yam seafood.

Cara membuat tom yam seafood bisa juga kita buat sendiri apabila sudah mengerti bahan dan cara mengelolanya. Tom yam umumnya memiliki rasa yang enak dan cita rasa khas dan pedas. Karena memang bumbu didalmnya menggunakan cabe dan juga asam sehingga menghasilkan rasa yang segar ketika dimakan. Silahkan simak terus bagaimana membuat tom yam seafood.
Resep Tom Yam Seafood, Cara Membuat Tom Yam Seafood
Resep tom yam seafood memang pantas di coba karena memang sudah terkenal dan khas di dunia. Makanan khas yang pasti enak sekali dan tentu saja yang makan pastinya akan tergoda dengan kenikmatan tom yam. Masakan asal asia tenggara yang memang mantap juga bisa dibuat di dalam negeri. Karena memang Indonesia kaya akan laut juga hasil laut yang melimpah sehingga untuk hasil laut tidak perlu khawatir ini pasti cocok banget di buat di Indonesia juga tom yam seafood.

Cara membuat tom yam seafood yang enak tentu saja kita coba dengan resep bahan-bahan yang baik dan dipilih dengan baik untuk hasil yang enak tentunya. Bahannya seperti serai, jehe, daun jeruk dan masih banyak bahan lainnya yang bisa anda untuk pembuatan tom yam seafood simak dibawah ini.

Resep tom yam akan kita buat dengan enak dan mantap. Siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti berikut ini.

Resep Tom Yam Seafood

Bahan Ukuran
Udang berukuran sedang yang dikupas dan di cuci bersih 50 gr
Cumi-cumi di potong-potong 50 gr
Gula pasir secukupnya
Daun jeruk 3 lembar
Kecap asin 2 1/2 sendok makan
Daun ketumbar cincang kasar secukupnya
Kakap fillet yang sudah di potong-potong 75 gr
Jamur merang belah menjadi dua bagian 40 gr
Sereh dimemarkan 2 batang
Cabe rawit merah dimemarkan 5 buah
Garam secukupnya
Kaldu seafood 750 ml
Perasan jeruk nipis 2 1/2 sdm air
Bumbu Halus :
Bahan Ukuran
Cabe merah 4 buah
Bawang putih 2 siung
Terasi goreng 1/2 sendok teh
Kemiri sangrai 2 butir
Cara membuat akan kita lanjutkan apabila bahan sudah terkumpul dengan baik. Karena untuk membuat tom yam yang enak kita perlu bahan yang komplit terlebih dahulu agar nantinya proses pembuatan tom yam bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga bisa kita nikmati hasilnya.

Cara Membuat Tom Yam Seafood

  1. Langkah pertama untuk membuat tom yam seafood adalah dengan memanaskan kaldu seafood dengan menggunakan api sedang kemudian ditambahkan sereh, daun jeruk dan bahan-bahan utama lainnya. Air jeruk dan ketumbar jangan dimasukkan.
  2. Tahap selanjutnya menumis bumbu yang sudah disiapkan seperti diatas hingga harum. Selanjutnya masukkan hasil tumisan yang sudah matang kedalam rebusan, tambahkan juga kecap asin dan aduk-aduk hingga udang, ikan dan cumi menjadi matang. Apabila sudah masak dan empuk bisa diangkat.
  3. Kini tom yam seafood sudah berhasil anda buat. Bisa disajikan.
Resep yang berhasil anda buat bisa disajikan bersama keluarga tercinta. Tentu dengan resep baru yang enak ini akan mantap sekali dan makan menjadi lahap. Resep tom yam seafood bisa anda jadikan referensi untuk membuat makanan enak di rumah anda.

Selain itu cara membuat ini bisa anda catat agar mudah apabila ingin membuatnya kembali. Oke sekian dulu cara membuat tom yam seafood semoga bisa bermanfaat. Kita juga sudah tulis beragai resep menarik lainnya di blog ini. Anda bisa baca dan jadikan referensi seperti.