Resep Cara Membuat Tongseng Ayam Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tongseng Ayam Enak

Resep Cara Membuat Tongseng Ayam

Resep tongseng ayam, mungkin bagi pecinta kuliner sudah tidak asing dengan masakan yang satu ini. Namun, bagi anda yang belum pernah mendengar atau belum tahu dengan makan kita akan coba ulas apa saja bahan dan juga bagaimana cara membuat tongseng ayam ini. Tongseng ayam pada umumnya dikenal sebagai makanan khas asal Solo dan sekitarnya. Tongseng banyak diminati masyarakat di sekitarnya namun seiring perkembangan yang terus berganti kini tongseng sudah menyebar di daerah-daerah di Indonesia. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat bagus sekali jadi kita bisa menikmati tongseng ini tidak hanya di Solo saja dan anda bisa menikmatinya.

Cara membuat tongseng ayam yang memang terkenal dengan rasanya yang enak. Tongseng dilengkapi dengan bumbu yang enak dan kuah yang kental. Pada umumnya tongseng menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Namun, sekarang kita akan berikan resep tongseng dengan bahan ayam sehingga menjadi tongseng ayam. Tongseng hampir mirip dengan gulai akan tetapi bumbunya bumbu yang digunakan sangatlah tajam dan terasa sekali jadi mamang mantap untuk dicoba.
Resep Tongseng Ayam, Cara Membuat Tongseng Ayam
Resep tongseng ayam yang merupakan perpaduan bumbu yang diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas dan nimat. Beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat tongseng ini hampir mirip dengan bumbu oseng-oseng seperti campuran garam, kecap, bawang putih, lada dan bumbu lainnya untuk membuat tongseng ayam.

Cara membuat tongseng ayam bisa anda buat sendiri dirumah dimana ada beberapa bahan tambahan yang dimasukkan kedalam kuah kental yaitu sayuran seperti kol, tomat, kecap dan bawang putih. Bagi anda pecinta kuliner mungkin ingin membuat tongseng sendiri dirumah dan penasaran ingin tahu apa saja bumbu yang digunakan untuk membuat tongseng ayam.

Resep akan kita buat karena memang sudah tidak sabar ingin mencoba rasa tongseng yang khas ini. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti berikut ini.

Resep Tongseng Ayam

Bahan Ukuran
Daging Ayam 500 gram
Santan Kental 5 sendok makan
Air 400 cc
Tomat Hijau 3 buah
Kubis Bunga Putih 1/2 buah
Daun Bawang 1 batang
Kecap Manis 5 sendok makan
Merica Bubuk 1 sendok makan
Serai 1 batang
Bawang Merah 5 butir
Bawang Putih 3 siung
Kemiri 2 butir
Cabai Merah 5 gram
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya
Gula Pasir secukupnya
Minyak Goreng secukupnya
Cara membuat kita langsung coba, karena memang bahan-bahan di atas sudah lengkap sekali sehingga lebih cepat kita bisa menikmati makanan khas ini.

Cara Membuat Tongseng Ayam

  1. Untuk membuat tongseng kita harus membuat bumbunya terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan antara lain adalah bawang merah, kemiri, bawang putih, cabe merah dan ketumbar silahkan haluskan.
  2. Ambil penggorengan beri sedikit minyak kemudian tumis bumbu yang sudah dibuat tadi.
  3. Selanjutnya memasukkan bahan utama yaitu ayam kemudian serai dan air. Silahkan tunggu beberapa saat dan di aduk hingga ayam benar-benar empuk dan masak.
  4. Kalau diperhatikan apabila ayam masak maka dagingnya akan berubah warna menjadi putih. Setelah itu anda dapat memasukkan kol putih, daun bawang, cabe rawit merah, tomat hijau kemudian santan kedalamnya. Tunggu beberapa lama hingga santan mendidih.
  5. Apabila santan sudah mendidih anda bisa memasukkan kecap manis, garam, gula dan merica bubu, silahkan di aduk lagi hingga rata. Coba anda cicipi bagaimana rasanya pasti enak. Anda bisa menambahkan garam ataupun gula apabila kurang pas.
  6. Dan kini tongseng ayam sudah benar-benar masak dan siap untuk disajikan..
Resep yang telah dibuat tadi sudah masak. Memang ini yang ditunggu-tunggu dari tadi karena memang sudah lapar sekali dan ingin menyantap makanan ini karena penasaran dengan rasanya. Resep tongseng ayam yang sudah jadi bisa anda sajikan dan dihidangkan. Lebih mantapnya tongseng ayam ini dimakan menggunakan nasi kemudian kerupuk sebagai pelengkap sehingga rasanya benar-benar maknyusss.

Cara membuat yang begitu mudah bukan. Anda bisa membuatnya lagi tentu saja dengan mencatat resep ini bisa di bookmark sehingga suatu hari nanti ketika ingin membuat resep tongseng ayam bisa dengan mudah mencarinya. Demikian cara membuat tongseng ayam. Baca artikel resep menarik lainnya seperti.