Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Lamongan, Bening Lengkap - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Lamongan, Bening Lengkap

Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Lamongan, Bening Lengkap

Soto, merupakan jenis makanan yang berbentuk sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Kali ini terdapat dua jenis soto yang akan di bahas yaitu soto ayam Lamongan dan soto ayam bening, selengkapnya bisa di simak di sini.

Soto Ayam Lamongan

Soto ayam Lamongan, merupakan sajikan yang mantap untuk dinikmati. Makanan yang berupa soto yang khas dan sudah tersebar ke berbagai penjuru daerah yang ada di Indonesia. Soto ayam Lamongan sudah terkenal karena memang rasanya yang khas dan sedap. Untuk menikmati soto Lamongan sahabat bisa menggunakan nasi putih kemudian nantinya akan di campur dengan soto ayam Lamongan dengan isi yang komplit dan sudah pasti menyenangkan.

soto ayam, resep soto ayam lamongan, cara membuat soto ayam lamongan

Sebenarnya soto ayam Lamongan ini bisa dinikmati begitu saja, dimakan tanpa menggunakan nasi juga mantap. Jadi memang bagaimana kita sebagai pecinta mau menikmati dengan menggunakan nasi ataupun tidak itu tidak menjadi masalah. Soto ayam Lamongan tetap mantap. Dengan menyebarnya soto ayam Lamongan ke berbagai daerah sudah pasti anda dapat dengan mudah mendapatkan dan menikmati soto ini.

Untuk lebih menantang kalau cuma beli dan langsung makan itu gampang. Namun, bagaimana kalau sahabat membuatnya sendiri di rumah. Jadi soto ayam Lamongan dibuat sendiri kemudian disajikan dan makan bersama dengan keluarga tercinta. Sungguh menyenangkan bukan, untuk itu sengaja kali ini dapur resep nusantara sengaja sharing tentang bagaimana cara membuat soto ayam Lamongan yang mantap. Beberapa bahan dan cara pembuatannya lengkap disajikan dalam artikel ini, jadi yuk... simak dan baca hingga habis.

Resep Soto Ayam Lamongan

Bahan Ukuran
ayam yang dipotong menjadi 4 bagian 1 ekor atau 900 gram
air 2 liter
serai yang dimemarkan 3 batang
merica bubuk 1 sendok teh
gula pasir 1 sendok makan
minyak untuk menumis 3 sendok makan
minyak goreng secukupnya
daun jeruk yang dibuang tulang daunnya 6 lembar
garam 2 sendok makan
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
bawang merah 10 butir
bawang putih 6 siung
kunyit yang dibakar 4 cm
kemiri yang disangrai 4 butir
jahe 2 cm
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
soun yang sudah di seduh 50 gram
seledri dicincang kasar 2 batang
bawang merah goreng 2 sendok makan
taoge 100 gram
kol diiris halus 100 gram
tomat dipotong-potong 2 buah
telur rebus 3 butir
Bahan Sambal:
Bahan Ukuran
cabai rawit merah 12 buah
cabai merah 4 buah
bawang putih 3 siung
garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Soto Ayam Lamongan

  1. Pertama yaitu mendidihkan air untuk merebus ayam dengan menyiapkan panci kemudian diisi dengan air masak hingga mendidih.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke dalam rebusan ayam.
  3. Selanjutnya menumis bumbu, panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan kemudian tambahkan dengan serai dan daun jeruk kemudian di tumis hingga harum. Apabila sudah bumbu yang sudah jadi bisa dituangkan ke dalam rebusan ayam tadi.
  4. Tambahkan beberapa bahan perasa seperti garam, gula pasir dan merica bubuk semuanya dimasak hingga matang. Apabila sudah ayam diangkat dan dikeluarkan untuk di goreng.
  5. Panaskan minyak untuk menggoreng ayam, ayam digoreng dengan menggunakan api sedang sehingga bisa masak dengan menyeluruh ke dalam daging. Angkat dan suwir-suwir menjadi bagian kecil.
  6. Selanjutnya membuat sambal, sambal dibuat dengan direbus bumbunya yaitu cabe rawit, bawang putih dan cabe merah semuanya di rebus hingga layu kemudian diangkat untuk di haluskan. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya kurang lebih 1/4 sendok teh.
  7. Soto siap disajikan.

Soto Ayam Bening

Soto ayam bening, merupakan masakan jenis soto yang tidak kalah enaknya dengan jenis soto ayam Lamongan di atas. Sengaja kita angkat untuk topik kali ini karena memang soto ayam bening juga banyak digemari oleh kalangan masyarakat kita.

soto ayam, resep soto ayam bening, cara membuat soto ayam bening

Kuah yang gurih dihasilkan dari soto ayam bening ini yang ditambah lagi dengan aroma yang lebih memikat dari perasan jeruk limau akan lebih menarik dan aromanya membuat anda teringat. Berbagai jenis olahan soto ayam bening ini juga sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Memang terkadang kita tidak bisa menemukan resep yang presisi sama dengan daerah lainnya. Memang itulah daerah kita soto ayam saja mempunyai resep yang beragam tiap daerah. Jadi sudah benar bahwa Indonesia kaya akan kuliner yang tersebar di berbagai wilayah.

Sudah penasaran belum dengan resepnya, silakan perhatikan bahan yang digunakan di bawah ini lengkap dengan cara memasaknya.

Resep Soto Ayam Bening

Bahan Ukuran
air 2000 ml
Kol yang iris tipis dan memanjang 200 gram
serai 2 batang
penyedap rasa secukupnya
daun bawang yang di potong-potong jadi 1cm 3 batang
bawang goreng untuk taburan secukupnya
taoge bersihkan siram air panas 200 gram
daun salam 3 lembar
Ayam ukuran sedang yang sudah di bersihkan potong menjadi 2 bagian 1 ekor
tomat merah yang di iris 2 buah
soun yang sudah direndam dalam air panas 50 gram
telur yang sudah direbus 3 butir
jari lengkuas 1 ruas
daun jeruk 3 lembar
Bumbu yang dihaluskan
Bahan Ukuran
bawang putih 6 siung
garam 2 sendok teh
merica 1/2 sendok teh
jari kunyit 1 1/2 ruas
kemiri 5 butir
jari jahe 1 1/2 ruas
bawang merah 3 siung

Cara Membuat Soto Ayam Bening

  1. Untuk membuat soto ayam bening yaitu dengan menumis bumbu yang sudah disiapkan hingga layu dan harum. Baiknya menggunakan api kecil agar proses memasak bisa merata.
  2. Rebus ayam dalam panci, tambahkan bumbu soto yang telah ditumis, daun jeruk, lengkuas, daun daun serai dan daun salam kurang lebih 30 menit hingga ayam empuk. Angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian rebus daging ayam dengan panci yang cukup tambahkan juga dengan bumbu soto yang sudah di tumis tadi kemudian tambahkan beberapa bahan lainnya seperti daun jeruk, lengkuas, daun serai dan terakhir daun salam. Didihkan hingga empuk kurang lebih hingga 30 menit. Apabila sudah bisa diangkat dan disisihkan.
  4. Kuah bening dicicipi mungkin kurang asin bisa ditambah garam lagi. Selanjutnya memisahkan tulang ayam di tempat yang berbeda sebenarnya tidak mengapa kalau suka dengan tulangnya bisa dimasak dan dimasukkan kembali ke dalam kuah agar rasa yang dihasilkan lebih sedap.
  5. Pisahkan tulang ayam, masukkan kembali jika anda suka tulang ayam ke dalam kuah agar kuah soto makin sedap.
  6. Tambahkan daun bawang dan didihkan kembali hingga panas.
  7. Soto ayam bening siap untuk disajikan. Tambahkan juga dengan kuah dan taburan bawang goreng.

Untuk menghasilkan rasa dan keharuman yang lebih kuat bisa menambahkan perasan jeruk limau sehingga rasanya lebih mantap. Aroma yang dihasilkan semakin memikat dan pastinya membuat anda lapar karena sudah tidak sabar ingin segera menyantapnya. Demikian kedua resep soto ayam Lamongan dan resep soto ayam bening. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Resep Bakso Malang dan Cara Membuat Sayur Sop)