Resep Cara Membuat Donat Kentang Spesial Empuk, Lembut dan Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Donat Kentang Spesial Empuk, Lembut dan Sederhana

Resep Cara Membuat Donat Kentang

Resep donat kentang yang akan kita buat pada artikel kali ini. Secara umum donat merupakan jenis makanan yang digoreng ada juga yang menyebutnya dengan doughnuts. Makanan yang terbuat dari bahan adonan antara lain tepung terigu, telur, gula dan mentega. Selain itu umumnya donat berbentuk cincin yang terdapat lubang ditengahnya dan bentuknya bundar. Isinya bisa menggunakan berbagai jenis seperti selai, jelly, custard dan krim. Dari berbagai jenis donat yang pernah disajikan kita akan bahas donat yang unik berikut ini yaitu donat kentang.

Cara membuat donat kentang akan kita sajikan pada artikel ini. Kentang yang merupakan bahan utamanya yaitu kentang akan menjadi adonan untuk membuat donat ini. Ciri khas yang unik untuk membuat donat kentang spesial. Donat memang makanan yang banyak diminati masyarakat apalagi anak-anak juga pasti suka. Seperti yang kita ketahui bahwa donat mempunyai banyak sekali kandungan yang terdapat didalamnya antara lain karbohidrat yang sangat berperan penting dalam adonan donat dan pastinya baik sekali untuk tubuh kita.
Resep Donat Kentang, Cara Membuat Donat Kentang
Resep donat kentang bisa kita buat di rumah, dibawah ini akan kita sajikan bagaimana cara membuat serta bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat donat kentang ini. Donat disajikan dengan berbagai jenis variasi ada yang menggunakan coklat sebagai pelengkapnya sehingga rasa khas yang tersendiri didapat dari donat kentang.

Cara membuat donat kentang sangatlah mudah, tentu saja anda harus seperti biasa anda bisa menyediakan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tepung terigu, margarin, gula dan bahan lainnya. Selengkapnya anda bisa di tabel bahan untuk membuat donat kentang yang khas seperti apa sama-sama kita simak dibawah ini.

Resep yang enak seperti donat kentang ini memang tergantung kita sendiri. Dengan keuletan dan berbagai variasi yang kita gunakan tentu akan menghasilkan rasa yang maksimal. Untuk membuat donat kentang bisa anda simak bahan-bahan berikut ini.

Resep Donat Kentang

Bahan Ukuran
Tepung terigu 500 gram
Kentang kukus 200 gram
Mentega 75 gram
Ragi instan 11 gram
Susu bubuk 50 gram
Gula 100 gram
Garam 1/4 sendok teh
Kuning telur 4 butir
Air dingin 100 ml
Cara membuat sangatlah sederhana anda bisa memperhatikan step by stepnya berikut ini. Silahkan simak.

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Pertama-tama anda bisa mencampurkan bahan seperti tepung terigu, gula halus, susu bubuk dan ragi kemudian bisa mengaduk adonan hingga rata dan tercampur secara baik.
  2. Selanjutnya masukkan kuning telur di susul dengan kentang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu kemudian ditambah dengan menuangkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan terlihat menjadi kalis.
  3. Silahkan masukkan juga garam dan mentega sama seperti di atas di uleni juga hingga adonan menjadi kalis dan elastis. Setelah itu diamkan adoan donat yang tadi sudah di buat kurang lebih hingga 30 menitan. Ambil serbet bersih yang lembab yang fungsinya untuk menutupi adonan kentang tadi agar tetap lembab.
  4. Anda bisa memulai membentuk adonan menjadi bentuk donat, untuk membentuknya bisa secara manual ataupun menggunakan cetakan untuk hasil yang maksimal.
  5. Apabila adonan sudah dibentuk anda mendiamkannya sekitar 20 menitan, setelah itu anda bisa menggorengnya. Untuk menggoreng donat gunakan api kecil untuk hasil yang maksimal hingga donat masak dan warna menjadi kecokelatan.
  6. Apabila donat telah masak silahkan angkat dan hiasi donat dengan hiasan topping dan semacamnya sesuai dengan selera anda.
Resep yang bisa anda buat seperti diatas, bagaimana begitu mudah bukan resep donat kentang yang sudah di sajikan diatas. Tentu sangatlah menggugah selera untuk segera menyantapnya apalagi hasil buatan sendiri pasti akan mempunyai rasa kebanggaan tersendiri.

Silahkan bisa anda praktekkan cara membuatnya. Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat donat kentang semoga bermanfaat dan lebih banyak lagi kreasi resep lainnya yang bisa anda temukan pada blog ini. Karena berbagai macam resep sudah saya tulis pada artikel sebelumnya seperti.