Resep Cara Membuat Tempe Orek Kering Kecap Enak Manis - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tempe Orek Kering Kecap Enak Manis

Resep Cara Membuat Tempe Orek

Resep tempe orek, kita akan coba buat resep ini. Resep yang memang Indonesia banget dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari tempe orek menggunakan bahan utama yaitu tempe. Tempe merupakan hasil fermentasi dari biji kedelai sehingga menghasilan tempe. Untuk fermentasi menggunakan ragi tempe. Selain itu tempe mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh diantaranya tempe kaya akan serat pangan, vitamin b, kalsium dan zat besi. Bukan hanya itu saja tempe juga mempunyai kandungan obat antibiotika yang berfungsi menyembuhkan infeksi dan antioksidan sebagai pencegah penyakit.

Cara membuat tempe orek, tempe merupakan makanan favorit keluarga coba perhatikan dalam seminggu atau sebulan berapa kali anda mekan tempe. Pastinya sering banget bukan, karena memang tempe mudah didapatkan disekitar kita bahkan untuk produksi bisa home bussines atau produksi sendiri. Selain rasanya yang enak kita juga bisa berexplorasi dengan tempe ini yaitu dengan membuat tempe orek.
Resep Tempe Orek, Cara Membuat Tempe Orek
Resep tempe orek, tempe yang bisa tahan dalam beberapa hari dan praktis untuk dibuat lauk sebagai pendamping nasi atau makan setiap harinya. Selain praktis tempe juga dapat dihidangkan dengan cepat saji contohnya dengan memasak tempe orek.

Cara membuat tempe orek begitu cepat beberapa menit sudah jadi, 30 menit cukuplah untuk membuat tempe orek yang enak. Sebelum menyiapkan masakan tempe orek tentu saja kita perlu bahannya dulu seperti tempe, gula merah, asam jawa dan berbagai bahan pelengkap lainnya untuk membuat tempe orek.

Resep untuk membuat tempe orek yaitu dengan melengkapi bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti apa bahannya silahkan simak.

Resep Tempe Orek

Bahan Ukuran
Tempe goreng potong dadu setengah matang 500 gram
Garam 1/2 sendok teh
Terasi 1/2 sendok teh
Air 50 ml
Lengkuas 2 cm
Daun salam 2 lembar
Kecap manis 1 sendok makan
Cabe merah iris serong 4 buah
Bawang putih iris tipis 2 siung
Bawang merah iris tipis 4 butir
Udang segar 150 gram
Cabe hijau iris serong 4 buah
Minyak 2 sendok makan
Cara membuat bisa kita lihat dibawah ini. Tentu saja bahan sudah disiapkan dengan baik kemudian tinggal ikuti step by stepnya. Simak berikut ini.

Cara Membuat Tempe Orek

  1. Untuk membuat tempe orek silahkan ambil penggorengan kemudian panaskan minyak goreng diatasnya dengan minyak yang cukup, tumis semua bumbu yang sudah diiris di atas hingga layu dan harum, disusul dengan udang aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya anda bisa memasukkan tempe goreng yang kemudian ditambah dengan kecap manis dan air secukupnya tunggu beberapa menit hingga bumbu meresap dan menyatu dalam tempe, untuk mendapatkan hasil yang maksimal baiknya menggunakan api kecil untuk memasaknya.
  3. Tempe orek sudah masak dan siap untuk disajikan. Untuk penyajiannya lebih baik disajikan dalam keadaan hangat.
Resep yang begitu mudah bukan tentang resep tempe orek ini dibuat. Cara yang sangat sederhana namun untuk rasanya anda tidak perlu khawatir, pasti enak. Cara membuat seperti diatas bisa dicatat mungkin lain waktu anda membutuhkannya lagi.

Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat tempe orek yang enak. Tidak lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang sudah saya tulis sebelumnya pada postingan blog ini seperti.