Resep Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Bawang Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Bawang Enak

Resep Cara Membuat Tempe Penyet

Resep tempe penyet, bagi orang Jawa Timur pastinya sudah paham sekali dengan makanan yang satu ini. Ya betul sekali tempe penyet, merupakan makanan yang memang sering sekali kita lihat setiap hari di sekitar kita. Makanan khas yang sering kita konsumsi juga, apabila kita ke warung pasti anda menemui makanan ini. Makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar tempe sebagai bahan utamanya. Sebelum di goreng menjadi tempe penyet umumnya tempe mentah di rendam dulu kedalam air kaldu yang bumbunya menggunakan garam dan ketumbar. Setelah di rendam beberapa lama tempe siap untuk di goreng sampai masak kemudian disajikan dengan sambal dan menjadi tempe penyet.

Cara membuat tempe penyet sebelum membuat makanan ini tentu anda penasaran kenapa bernama penyet. Penyet sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa jawa dimana artinya adalah lumat. Jadi tempe yang digoreng tadi kemudian di tindih dan dilumat dengan menggunakan sambal terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Sekarang sudah tahu bukan tempe penyet itu apa.
Resep Tempet Penyet, Cara Membuat Tempe Penyet
Resep tempet penyet memang sudah beredar, bukan hanya di Jawa Timur saja namun, tempe penyet sudah tersebar di berbagai daerah-daerah di Indonesia. Tentu saja untuk mendapatkan makanan ini di jaman sekarang sudah sangat mudah sekali. Cepat beredarnya makanan tersebut kemungkinan dikarenakan bahan yang digunakan sudah sangat umum yaitu tempe, dan tempe sudah ada dimana-mana. Selain itu anda bisa membuat tempe penyet sendiri.

Cara membuat tempet penyet yang mudah dan sederhana andapun bisa membuatnya. Makanan ini bisa dihidangkan sebagai menu setiap hari untuk keluarga tercinta anda. Dengan beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat tempe penyet seperti bawang merah, bawang putih dan bahan-bahan lainnya yang di perlukan. Untuk yang sudah tidak sabar ingin membuatnya seperti apa silahkan simak terus artikel ini.

Resep terlebih dahulu untuk membuat tempe penyet yang enak diperlukan bahan-bahan yang di siapkan untuk kelancaran memasak. Apa saja.. simak terus..

Resep Tempe Penyet

Bahan Ukuran
Tempe potong-potong 250 gram
Air campur garam dan penyedap Secukupnya
Minya Secukupnya
Bahan Sambal :
Bahan Ukuran
Cabe rawit mearah 10 buah
Gula merah 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Cabe merah besar 3 buah
Bawang putih 2 siung
Tomat merah 1 buah
Cara membuat, kita lanjutkan apabila bahan di atas sudah terkumpul dengan baik.

Cara Membuat Tempe Penyet

  1. Oke kali ini coba kita buat tempe penyet yang enak, pertama-tama iris tempe sesuai dengan keinginan, untuk irisannya jangan terlalu tebal biar bumbu bisa meresap dengan baik. Rendam potongan tempe yang sudah di buat ke dalam air hangat yang diberi garam dan penyedap secukupnya kira-kira 10 menit.
  2. Sambil merendam bisa untuk menyiapkan gorengan yang diisi minyak untuk menggoreng tempe. Apabila minyak sudah cukup panas silahkan masukkan tempe untuk di goreng hingga matang warna agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Tahap berikutnya yaitu membuat sambalnya, siapkan bahan sambal dan goreng kecuali gula merahnya. Goreng hingga harum dan layu apabila sudah dirasa cukup silahkan angkat dan tiriskan. Dilanjutkan dengan mengulek sambel yang sudah digoreng tadi ditambah dengan garam dan gula merah kemudian ulek hingga rata. Coba rasakan apakah rasanya sambal sudah pas.
  4. Apabila sambal sudah rata silahkan masukkan tempe di atas ulekan sambel kemudian di penyet. Maka tempe penyet sudah berhasil anda buat dengan baik, selanjutnya bisa disajikan.
Resep yang begitu sederhana yaitu resep tempe penyet sudah berhasil anda buat. Bagaimana mudah sekali bukan dan rasanya pasti mantap. Ditambah lagi dengan rasa sambalnya yang mantap anda pasti ketagihan. Hehe...

Cara membuat ini bisa anda terapkan di rumah boleh juga disajikan sebagai menu untuk keluarga tercinta. Pastinya akan senang sekali dengan masakan dan resep tempe yang sudah anda buat dengan baik.

Demikian cara membuat tempe penyet semoga bisa menjadi sumber informasi dan referensi yang baik bagi anda. Anda bisa mencoba resep menarik lainnya yang sudah saya tulis di blog ini seperti.