Step by Step Resep Cara Membuat Roti Maryam Yang Enak, Empuk & Lembut - DAPUR RESEP NUSANTARA

Step by Step Resep Cara Membuat Roti Maryam Yang Enak, Empuk & Lembut

Step by Step Resep Cara Membuat Roti Maryam Yang Enak, Empuk & Lembut

Roti maryam, sebagian dari kita pastinya sudah familiar sekali dengan roti ini. apalagi pencinta kuliner tentu sudah tidak asing bahkan sudah tahu bagaimana resep roti maryam dan cara membuat roti maryam. Roti maryam merupakan makanan berjenis roti. roti ini pada umumnya adalah makanan yang berasal dari timur tengah. roti maryam yang dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan tepung terigu kemudian di bentuk bulat dan berlapis. roti ini sangat cocok dan memang dijadikan sebagai pendamping gulai daging.

Bahkan cara memakannya pun sangat unik, jarang kita temui lain halnya seperti roti pada umumnya. roti maryam biasanya disobek kemudian roti difungsikan untuk menciduk gulai daging jadi memang mantap sekali. Menikmati roti ini memang sengaja tidak menggunakan pisau atau garpu karena kurang afdol. memang tidak mengapa bagi yang suka menggunakannya. namun, alangkah baiknya memang langsung menggunakan tangan maka akan lebih terasa sensasi dan kelezatan dari roti maryam yang khas ini.

roti maryam, resep roti maryam,cara membuat roti maryam, cara membuat roti maryam yang lembut, resep membuat roti maryam, resep roti maryam enak, resep roti maryam step by step, resep roti maryam empuk

Selain itu resep roti maryam ini sangat cocok sekali apabila dihidangkan bagi yang lagi bersantai ria, menikmati pemandangan dan aktivitas keseharian kita. akan tetapi walaupun demikian tidak jarang juga orang-orang menyajikannya pada acara-acara resmi jadi cocok dalam berbagai suasana.

Nah, untuk itu kita akan coba bagikan bagaimana resep dan cara membuat roti maryam yang empuk lembut dan enak, tentu sangat menarik sekali dan ini yang sudah di nanti-nanti hingga tadi. walaupun sahabat bisa membelinya di toko-toko terdekat untuk roti yang sudah jadi. namun, alangkah lebih kreatifnya kita buat sendiri.

Resep Roti Maryam

Bahan Ukuran
tepung terigu berprotein tinggi 1 kilo gram
garam 1 sendok teh
susu bubuk 4 sendok makan
minyak goreng digunakan untuk adonan 175 ml
air hangat 450 ml
minyak goreng digunakan untuk celupan 100 ml
margarin 50 gram
kuning telur 2 butir
telur 2 butir

Cara Membuat Roti Maryam

  1. Siapkan tempat untuk mencampur beberapa bahan seperti minyak goreng, dua kuning telur dan 2 butir telur utuh kemudian tambahkan air dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Untuk mengaduknya bisa juga menggunakan whisk agar lebih mudah dan cepat tercampur dengan rata.
  3. Selanjutnya tepung terigu protein tinggi, garam dan susu bubuk di masukkan dan diaduk sambil diuleni hingga adonan kalis.
  4. Kemudian tahap membuat adonan yaitu dengan membagi rata adonan kurang lebih sekitar 50 gram dan bulatkan. Pada atas adonan yang sudah jadi bulatan bisa diberi atau diolesi dengan minyak.
  5. Kemudian adonan didiamkan kurang lebih sekitar satu jam dan ditutup dengan menggunakan serbet yang bersih.
  6. Apabila sudah didiamkan adonan selanjutnya digiling hingga tipis dan berbentuk oval memanjang sehingga mudah untuk dibentuk.
  7. Adonan bisa dibentuk menjadi gulungan panjang berbentuk mengerucut ke atas.
  8. Diamkan lagi sebentar dan giling kembali hingga ketebalan kurang lebih mencapai 1/2 cm.
  9. Selanjutnya tahap penggorengan, panaskan minyak di atas penggorengan dengan api sedang, untuk menggorengnya bisa disarankan menggunakan wajan datar atau teflon. Gorenglah adonan yang sudah jadi hingga matang indikatornya yaitu bisa dilihat dari warnanya yang agak kecoklatan.
  10. Apabila sudah matang bisa diangkat dan hias beri topping sesuai dengan keinginan.
  11. Roti bisa di sajikan.

Demikian tips resep roti maryam dengan cara membuat roti maryam yang mudah sehingga bisa dengan cepat di praktekkan di rumah untuk hidangan. roti maryam cocok juga dibuat sarapan apabila sudah merasa lapar sehingga bisa buat mengganjal perut apabila hidangan dan lauk yang masih belum matang. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Resep Iga Bakar dan Cara Membuat Es Pisang Ijo)