Resep Cara Membuat Iga Bakar Madu dan Jangkung Bumbu Kecap Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Iga Bakar Madu dan Jangkung Bumbu Kecap Enak

Resep Cara Membuat Iga Bakar Madu dan Jangkung Bumbu Kecap Enak

Iga bakar, dua resep sekaligus yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu resep iga bakar madu dan iga bakar si jangkung. Iga bakar sudah menjadi masakan yang terkenal di kalangan daerah yang ada di Indonesia. Untuk itu sengaja akan kita kupas tuntas bagaimana resep iga bakar, bumbu iga bakar dan cara membuat iga bakar yang rasanya enak dan mantap.

Seperti yang kita ketahui bahwa iga sangat nikmat, iga merupakan daging sapi yang masih menempel pada tulang. Sebagian orang memanfaatkan untuk resep daging yang spesial diolah dengan menggunakan variasi bumbu dan jenis olahan iga yang sempurna. Apalagi ditambah dan di campur dengan kecap dan madu, pasti wow banget.

iga bakar, resep iga bakar, cara membuat iga bakar, resep iga bakar madu, iga bakar madu

Resep iga bakar pada saat ini sudah meluas, sehingga untuk mendapatkan cukup mudah. Sajian iga bakar ini bisa di dapat di berbagai restoran, atau tempat makan yang memang menyediakan menu iga. Aroma yang dihasilkan oleh iga ini memang spesial. Daging yang tebal dan lembut akan lebih mantap apabila dijadikan pilihan yang mantap sehingga rasa dan aromanya terasa banget yaitu harum dari hasil pembakaran. Kali ini kita akan share bagaimana membuat iga bakar madu berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya :

Resep Iga Bakar Madu

Bahan Ukuran
iga sapi yang sudah dipotong-potong 500 gram
daun salam 2 lembar
jahe yang dimemarkan 3 cm
madu 1 sendok makan
gula pasir 1/2 sendok teh
merica bubuk 1/2 sendok teh
minyak untuk menumis 2 sendok makan
kecap manis 1 sendok makan
garam 1 sendok teh
Bahan Olesan :
Bahan Ukuran
madu 1 sendok makan
kecap manis 1 sendok makan
saus tiram 1/2 sendok makan
bumbu tumisan sisa
margarin yang sudah dilelehkan 1/2 sendok makan

Bumbu Iga Bakar

Bahan Ukuran
bawang bombai 1/2 buah
bawang putih 4 siung
rawit merah 3 buah
tomat 1 buah
cabai merah besar 3 buah
cabai merah keriting 5 buah
Bahan Pelengkap :
Bahan Ukuran
wortel yang dipotong di bentuk kotak panjang dan direbus 100 gram
buncis yang dipotong kurang lebih 4 cm dan direbus 10 buah
kentang goreng 300 gram

Cara Membuat Iga Bakar Madu

  1. Untuk membuatnya yaitu dengan presto daging iga yang sudah disiapkan dan daging iga di campur dengan menggunakan air kurang lebih sekitar 500 ml kemudian daun salam dan terakhir jahe. Proses memasak daging sampai setengah matang kemudian diangkat.
  2. Buat kaldu dengan ukuran sekitar 450 ml.
  3. Kemudian dilanjutkan dengan menumis bumbu untuk daging iga sampai layu dan harum. Selanjutnya diaduk hingga bumbu tercampur rata dengan daging.
  4. Masukkan juga beberapa bahan antara lain madu, kecap manis, garam, merica bubuk dan gula pasir untuk rasa yang lebih sedap.
  5. Kemudian kaldu yang sudah jadi di atas dituang dan dimasak hingga daging menjadi empuk dan benar-benar matang. Sesekali dicicipi untuk mengetahui rasa yang dihasilkan agar pas.
  6. Selanjutnya daging iga dibakar yang dicampur dengan bahan olesan di atas. setelah itu daging siap untuk disajikan.

Iga Bakar ala Jangkung

Apabila anda bermain-main ke daerah Bandung akan menemui olahan daging iga yang satu ini. Daging iga yang di olah dengan unik sehingga menghasilkan rasa yang khas. Daging iga dipotong menjadi bagian kecil dan dilepaskan dari tulangnya. Iga bakar khas ini disajikan dengan menggunakan 3 jenis taburan yang berupa irisan bawang mentah, irisan cabe rawit dan potongan tomat.

iga bakar si jangkung, bumbu iga bakar, iga bakar bandung, iga bakar di bandung

Bumbu dan rasanya yang nikmat dan rasa yang gurih dari bumbu dan rempah-rempah yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menyerap dengan baik ke dalam daging iga. Apabila di makan tiap potongnya akan terasa mantap sekali, dagingnya empuk karena cara pemasakannya juga berlapis. Sudah tidak sabar bukan, beriku ini resep iga bakar jakung.

Resep Iga Bakar Jangkung

Bahan Ukuran
iga kambing 250 gram
bawang putih yang sudah di ulek halus 5 siung
kunyit di kupas dan ulek halus 5 cm
air 1,5 liter
minyak samin 2 sendok makan
kecap kualitas bagus 4 sendok makan
bawang merah yang di iris halus 10 siung
tomat merah di iris besar-besar 2 buah
rawit merah di iris halus 5 buah
Garam secukupnya
Lada putih secukupnya

Cara Membuat Iga Bakar Jangkung

  1. Pertama yaitu membersihkan daging iga dulu, dicuci hingga bersih kemudian di potong, untuk pemotongannya sebenarnya sesuai dengan keinginan bisa memotong kurang lebih 2/3 ruas tujuannya agar daging mudah matang.
  2. Daging yang sudah bersih tersebut di atas di rebus dengan campuran kunyit halus, bawang putih dan garam. Semua direbus sampai empuk kurang lebih satu jam sudah cukup. Apabila sudah bisa di angkat kemudian dinginkan.
  3. Iga yang sudah direbus kemudian di bakar sampai garang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan, untuk pembakarannya bisa menggunakan teflon atau bisa langsung dibakar begitu saja.
  4. Ambil minyak samin kemudian panaskan di atas gerabah akan lebih sedap dan menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas. Masukkan bumbunya yaitu bawang merah yang sudah diiris, tomat dan cabe. Masukkan daging iga yang sudah siap kemudian aduk hingga rata.
  5. Tambahkan kecap dan lada untuk hasil yang maknyus. Aduk dan balik hingga rata dan semua sisinya matang sempurna kemudian angkat dan sajikan.
Demikian di atas merupakan olahan resep dari iga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Silahkan baca juga artikel menarik yang tidak kalah enaknya disini..

(Resep Es Pisang Ijo dan Cara Membuat Dadar Gulung)