Resep Cara Membuat Sambal Pencit Mangga Muda - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Sambal Pencit Mangga Muda

Resep Cara Membuat Sambal Pencit Mangga Muda

Pedas dan kesegaran sambal pencit atau sambal mangga akan membuat anda kepincut coba deh cara membuat sambal mangga...

Mangga merupakan salah satu dari sekian jenis buah yang di gemari masyarakat kita. tidak jarang ketika musim mangga tiba stok buah mangga di rumah begitu melimpah. Apalagi keluarga memang sangat suka dengan mangga. Jadi tidak heran karena memang mangga juga adalah buah yang begitu menarik dan mempunyai kandungan yang bagus untuk di konsumsi.

Memang mangga di sukai karena rasanya yang manis. Memang tidak semua mangga rasanya manis jadi memang untuk mengkonsumsi buah mangga harus pintar memilih. Namun, sisi lain dari buah mangga yang tidak kalah menggoda ketika mangga belum matang. artinya mangga masih dalam keadaan mentah yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga anda bisa kepincut.

sambal mangga, resep sambal mangga, cara membuat sambal mangga, sambal mangga muda

Olahan seperti apa itu, jawabannya adalah sambal. Ya sambal yang di padukan dengan buah mangga akan menghasilkan kesegaran serta rasa pedas yang begitu menggoda selera. Saya yakin hanya sebagian dari kita yang sering makan sambal mangga selebihnya kebanyakan di konsumsi ketika matang saja.

Bagi anda yang penasaran tentang sambal mangga silakan ikuti terus artikel ini hingga habis. Sambal mangga mempunyai keunikan rasa tersendiri. karena kali ini kita akan bahas bagaimana resep sambal mangga ini. Sambal mangga yang akan kita buat di padukan dengan daging ayam juga jadi akan terasa lebih lengkap dan mantap. Simak apa saja bahan-bahan yang di perlukan serta cara membuatnya yang begitu sederhana.

Resep Sambal Mangga

Bahan Ukuran
Ayam dipotong menjadi 8 bagian 1 ekor
Serai dimemarkan 3 batang
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk yang dibuang tulang daunnya dan disobek-sobek 5 lembar
Air asam dari yang dibuat dari 1 sendok teh ditambah air 2 sendok makan kemudian dilarutkan 1 sendok makan
Garam 1 1/2 sendok makan
Air 750 ml
Gula pasir 1 sendok makan
Merica bubuk 1 sendok teh
Minyak untuk menggoreng Secukupnya
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Jahe 1 cm
Bawang merah 10 butir
Bawang putih 5 siung
Lengkuas 2 cm
Kunyit bakar 2 cm
Ketumbar 1 sendok teh
Sambal Mangga
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 12 buah
Cabai rawit merah 10 buah
Terasi goreng 1 sendok teh
Gula merah disisir 15 gram
Garam 1/2 sendok teh
Mangga muda diiris bentuk korek api halus 150 gram
Minyak goreng dari sisa goreng terasi 1 sendok makan

Cara Membuat Sambal Mangga

  1. Pertama kita bisa merebus daging ayam yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Ayam di rebus dengan air di campur bersama daun salam di tambah daun jeruk, serai dan bumbu halus di atas hingga beberapa lama sampai matang dan meresap.
  2. Masukkan air asam jawa kemudian aduk hingga rata dan ambil kuahnya untuk kaldu kurang lebih hingga 250 ml kemudian sisihkan.
  3. Ayam yang di rebus tadi kemudian di goreng. Siapkan minyak dengan api sedang terlebih dahulu untuk menggorengnya. Goreng hingga matang dan terlihat warnanya berubah menjadi kekuningan.
  4. Berikutnya membuat sambalnya dengan cara mengulek beberapa bumbu yang dibutuhkan yaitu cabai merah keriting, terasi, garam, cabai rawit dan terakhir gula merah. Ulek hingga halus.
  5. Mangga muda yang sudah siap kemudian di masukkan pada sambal, aduk dan ulek sambal agar mangga tercampur dan agak meresap sambalnya. Tambahkan minyak goreng secukupnya aduk kembali hingga merata.
Bahan dan cara membuat sambal mangga yang begitu sederhana. Dengan itu anda akan mampu menyajikan sambal yang begitu istimewa ini dalam hitungan menit. Hal yang spesial di sini campuran ayam goreng yang menemani sambal mangga.

Ketika di makan akan terasa lebih berbeda dengan sambal biasanya. Kesegaran akan terasa dan rasa pedas yang begitu menggoda dilidah. Sambal mangga ini baiknya di makan dengan nasi putih yang masih hangat. Tentu dengan suasana seperti di tempat yang mendukung seperti sambil melihat pemandanga segar akan lebih cocok menikmati sambal mangga.

Selain itu sambal mangga akan mampu menyajikan dan saya rasa sayang sekali kalau ini di terlewatkan dari menu resep spesial anda setiap hari. Sedikit sharing kali ini semoga bisa menjadi inspirasi anda memasak dirumah dan lebih kaya akan resep-resep yang enak dan lezat hanya di dapurresepnusantara. Sebagai catatan anda bisa pilih mangga yang masih mengkal / muda.

Baca juga resep menarik lainnya yang akan membuat anda ngiler seperti..

(wingko babat dan resep tahu gejrot)