Resep Cara Membuat Kepiting Lada Hitam - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kepiting Lada Hitam

Pas banget bagi anda yang menyukai masakan seafood. Karena kali ini kita akan memasak kepiting lada hitam. Pada umumnya masakan kepiting seperti ini sering di jumpai di resto, tempat makan yang memang menyajikan makanan seafood sebagai menu andalannya.

Jadi buat anda yang memang mempunyai makanan favorit seperti seafood tentu kepiting tidak luput dari incaran anda. Tampilannya yang begitu menggoda membuat anda tidak sabar ingin segera memakannya. Mungkin anda hanya beberapa sekali setiap minggunya menyantap menu ini karena mungkin masih sering membeli di luar.

kepiting lada hitam,resep kepiting lada hitam,cara membuat kepiting lada hitam

Tentu untuk memuaskan atau tercapainya menu andalan anda salah satunya adalah dengan masak sendiri. Masak sendiri lebih irit, selain itu juga mau porsi ukuran betapapun suka-suka anda. Hal ini membuat saya ingin berbagi kepada anda tentang bagaimana resep kepiting lada hitam yang mantap.

Anda bisa mencoba sendiri di rumah. Anda lebih berkreasi , lebih bebas memilih bahan utama yang anda gunakan. Apalagi rumah anda memang sangat mendukung seperti dekat sekali dengan pelabuhan ikan. Sehingga mudah untuk mendapatkan kepiting. Kalau memang jauh anda bisa membelinya di pasar terdekat di daerah anda. berikut ini simak sampai habis bagaimana cara membuat kepiting lada hitam yang mantap.

Resep Kepiting Lada Hitam

Bahan Ukuran
Kepiting dibersihkan kemudian cangkang dipisahkan dari badannya kemudian bagi dua secara vertikal badannya 2 ekor
Jahe di cincang halus 3 cm
Bawang putih cincang kasar 3 siung
Saus tiram 2 sendok makan
Bawang bombay cincang kasar 1/2 buah
Kecap manis 1/2 sendok makan
Kecap inggris 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica hitam kasar 2 sendok teh
Air 100 ml
Daun bawang diiris miring 2 batang
Minyak untuk menggoreng Secukupnya

Cara Membuat Kepiting Lada Hitam

  1. Ambil kepiting yang sudah siap di olah kemudian pada bagian capitnya di memarkan terlebih dahulu sebelum di goreng.
  2. Siapkan dan panaskan minyak goreng untuk menggoreng kepiting. Goreng kepiting hingga berubah warna setelah itu bisa di angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya panaskan lagi minyak goreng kurang lebih satu sendok saja untuk menumis bumbu. Tumis bawang bombay, jahe dan baawng putih hingga wangi / harum.
  4. Selanjutnya masukkan kepiting yang sudah di goreng tadi di atas. kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Tambahkan beberapa bahan dan perasa lainnya agar lebih mantap seperti garam, kecap manis, gula, merica, kecap inggris, dan terakhir saus tiram.
  5. Tuangkan air dan biarkan hingga merasap, apabila sudah hampir matang sebelum di angkat tambahkan juga daun bawang.
  6. Angkat dan kepiting lada hitam siap untuk di sajikan.
Porsi yang di buat kali ini kurang lebih berukuran 4 porsi. Sehingga apabila anda kurang bisa menyesuaikan sendiri ukuran bahan yang digunakan. Karena sudah masak jadi tidak sabar ingin menikmati kepiting lada hitam buatan sendiri.

Tampilannya yang merah ke coklatan membuat daya tarik tersendiri. Demikian tips kali ini semoga bisa menambah menu favorit anda di rumah dan selamat mencoba semoga berhasil.