Resep Apple Pie - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Apple Pie

Punya stok apel yang banyak di rumah merupakan kebetulan. Mungkin selama ini apel hanya di makan begitu saja. Di kupas kulitnya kemudian di iris untuk di konsumsi di sela-sela waktu senggang ataupun sebagai pencuci mulut setelah makan. Selain itu apel yang paling sering juga di buat jus apel yang segar.

Terlebih dari itu resep Apple pie bisa jadi pilihan resep spesial di rumah. Saya yakin anda jarang buat seperti ini. Namun, tidak ada salahnya berkreasi dengan buah apel. Untuk membuat Apple pie anda tentukan dulu apel yang akan digunakan. Usahakan dalam pemilihan apel ini harus benar-benar tepat. Karena nantinya akan mempengaruhi hasil akhir Apple pie yang anda buat.

resep apple pie, apple pie bogor

Pilih apel dengan tekstur yang renyah karena hasil yang baik seperti itu. Selain itu pilih rasa apel yang sedikit asam karena akan terasa segar ketika dimakan.

Apple pie memang sudah berkembang di Indonesia. Memang Apple pie bukan berasal dari Indonesia tetapi dari negara barat. Dan terbukti banyak masyarakat kita juga menyukainya. Kalau anda main ke Bogor tentu tidak asing dengan Apple pie Bogor. Anda penasaran juga ingin membuat sendiri kan untuk di sajikan di rumah dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Untuk itu kami sengaja sajikan resep Apple pie spesial buat anda.

Resep Apple Pie

Bahan Kulit
Bahan Ukuran
Mentega tawar dingin 150 gram
Garam 1/4 sendok teh
Gula tepung 50 gram
Tepung terigu protein sedang 300 gram
Kuning telur 2 butir
Baking powder 1/2 sendok teh
Air dingin 2 sendok makan
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Apel hijau di potong jadi empat bagian dan di iris tipis 4 buah atau 600 gram
Gula pasir 75 gram
Cengkeh 2 butir
Tepung terigu 1 sendok teh
Kayumanis bubuk 1/2 sendok teh
Kulit jeruk lemon 1 sendok teh
Air jeruk lemon 2 sendok teh
Kismis masing-masing belah menjadi 2 bagian 50 gram
Mentega 2 sendok makan
Bahan Olesan
Bahan Ukuran
Kuning telur di kocok lepas 1 butir

Cara Membuat Apple Pie

  1. Buat dulu isinya dengan menyiapkan dan memanaskan mentega kemudian masukkan kayu manis, gula pasir, apel dan cengkeh. Aduk hingga rata dan layu. Jangan lupa tambahkan tepung terigu dan masak hingga mengental.
  2. Selanjutnya masukkan kulit jeruk lemon, kismis dan air jeruk lemon jadi satu di aduk rata kemudian sisihkan.
  3. Membuat kulit dengan mengaduk mentega, gula tepung, garam, tepung terigu, telur, baking powder dan air dingin aduk hingga merata. Gumpalkan kemudian dinginkan kurang lebih setengah jam sudah cukup dalam lemari es.
  4. Tahap selanjutnya proses penggilingan adonan kulit hingga ketebalan ½ cm.
  5. Siapkan loyang pai berukuran 22cm dan tinggi kurang lebih 3 cm untuk menampung hasil gilingan. Selanjutnya dinginkan lagi dalam lemari es. Tuangkan isi dan giling lagi sisa adonannya.
  6. Selanjutnya tangkupkan di atas isi, kemudian agar lengket pada kedua sisinya di beri air dan rekatkan. Ratakan dan oles pada bagian atasnya dengan kuning telur.
  7. Hias dengan kreativitas anda dengan sisa bahan kulit di bentuk daun.
  8. Tempel pada bagian paling luar kulit.
  9. Beri lubang sedikit pada bagian tengahnya.
  10. Tahap terakhir proses pengovenan. Oven kurang lebih 45 menit untuk hasil maksimal untuk apinya gunakan suhu 170 derajat hingga matang.
Yang ditunggu-tunggu dari tadi ternyata sudah matang. Hemmm.... ayo makan bareng, seru rasanya berkumpul menikmati pie Apple ini. Demikian berbagi resep menarik yang bisa anda coba sendiri di rumah. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba..