Resep dan Bumbu Gulai Daun Singkong Teri - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep dan Bumbu Gulai Daun Singkong Teri

Resep gulai daun singkong, merupakan olahan lain dari daun singkong yang akan kita kupas tuntas pada artikel kali ini. Pada umumnya daun singkong biasanya di gunakan sebagai lalapan. Di jalan misalnya tidak jarang kita temui daun singkong biasa di makan dengan lalapan ayam. Dan rasanya pasti sudah tidak di ragukan lagi.

Olahan dari rasa daun singkong yang dihasilkan tentunya sangat berpengaruh terhadap bahan utamanya. Daun singkong yang baik akan menghasilkan rasa yang pas. Tentu untuk mengolah daun singkong anda harus cerdas memilih. Pilihlah daun singkong yang masih muda karena kalo tua akan terasa tidak enak ketika di kunyah. Memang tidak ada yang lebih menyebalkan ketika makan olahan daun singkong yang susah untuk di kunyah.

gulai daun singkong, resep gulai daun singkong, bumbu gulai daun singkong

Daun singkong yang akan kita olah akan di padukan dengan ikan teri. Kedua bahan tersebut merupakan bahan utamanya. Kemudian di bumbu dengan gulai, sudah kebayang bukan rasanya. Jangan ngiler terlebih dahulu apabila anda juga tertarik silakan coba sendiri di rumah.

Beberapa bumbu lainnya yang juga sangat berperan dalam mengolah gulai daun singkong. Selain itu terdapat bumbu yang unik seperti kunyit yang di bakar terlebih dahulu. Tujuannya mendapatkan rasa yang lebih berbeda. Ada juga daun serai serta bumbu yang selengkapnya bisa anda simak berikut ini.

Resep Gulai Daun Singkong

Bahan Ukuran
Daun singkong direbus diperas dan diiris 2 ikat atau 220 gram
Serai dimemarkan 1 batang
Ikan teri nasi, digoreng 50 gram
Daun jeruk dibuang tulang daunnya 4 lembar
Daun salam 1 lembar
Cabai rawit merah utuh 5 buah
Tomat merah dipotong-potong 1 buah
Garam 4 sendok teh
Santan terbuat dari 1/2 butir kelapa 1.500 ml
Gula pasir 1 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Minyak goreng untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu halus
Bahan Ukuran
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Bawang merah 5 butir
Merica 1/4 sendok teh
Kemiri disangrai 2 butir
Kunyit dibakar hingga wangi 1 cm
Lengkuas 1 cm
Cabai merah keriting 2 buah

Cara Membuat Gulai Daun Singkong

  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu halus , daun salam, daun jeruk dan serai hingga harum. Selanjutnya bisa menambahkan cabe rawit serta tomat kemudian masak hingga layu.
  2. Daun singkong siap untuk di masukkan. Aduk beberapa lama hingga agak layu kemudian tambahkan bahan perasa seperti merica bubuk, gula pasir dan garam. Masak hingga agak lama dan terlihat mendidih dan biarkan hingga matang.
  3. Berikutnya ikan teri nasi yang sudah di siapkan bisa di masukkan aduk rata kembali. Apabila sudah matang siap untuk di angkat dan di sajikan.
Sudah tidak sabar makan gulai daun singkong. Karena memang ini yang sudah di nanti-nanti dari awal tadi. Ikan terinya terasa banget serta perpaduan bumbunya sangat pas. Resep gulai daun singkong yang begitu sederhana ini rugi kalau tidak dimasukkan dalam daftar menu favorit anda. Catet ya... Sekian resep gulai daun singkong ini semoga menjadi inspirasi dapur tercinta anda. Semoga berhasil dan selamat mencoba.