Resep Soto Daging Madura Asli - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Soto Daging Madura Asli

Resep soto madura, banyak sekali orang yang penasaran bagaimana membuat soto yang legendaris ini. Soto madura tersebar ke berbagai daerah dan kelezatannya sudah terkenal di mana-mana. Selain itu, kalo ingat soto madura ingat juga dengan makanan yang serupa terbuat dari bahan daging yaitu sate madura.

Soto sering kali di temui ketika ada acara kondangan, acara keluarga dan semacamnya. Anda tentunya sering juga mendapatkan sajian seperti itu. Memang banyak sekali resep soto yang beredar dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Resep Soto Daging Madura Asli

Resep Soto Daging Madura Asli

Kalau anda pernah makan soto madura, anda akan menemukan perbedaannya salah satu ciri khas rasanya yang bikin inget terus karena nikmat. Ciri khasnya adalah bahan utama atau daging yang digunakan yaitu babat, paru sapi dan usus sehingga rasanya gurih dan anda tidak perlu meragukan kelezatannya.

Soto madura terlihat dengan aneka macam tempat jualan misalnya dengan gerobak, tenda bahkan berupa warung makan. Tidak ada salahnya anda berkunjung untuk mencobanya dan pastikan orangnya asli dari madura. Karena dengan tahu asal pedagang yang meracik soto madura kita akan mendapatkan soto madura yang asli mantap.

Apabila anda penasaran tentang bagaimana resep dan cara membuat soto madura simak berikut ini hanya di http://dapurresepnusantara.blogspot.com/..

Resep Soto Madura

Bahan Ukuran
Daging sapi potong 3x3 cm 300 gram
Air 3.500 ml
Babat cuci bersih 150 gram
Usus sapi rebus 150 gram
Paru sapi rebus 150 gram
Daun jeruk buang tulangnya 4 lembar
Lengkuas memarkan 3 cm
Serai ambil putihnya 3 batang
Garam 4 sendok teh
Gula pasir 2 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Ketumbar 2 sendok teh
Bawang merah 12 butir
Bawang putih 5 siung
Jahe 2 cm
Kunyit bakar 2 cm
Kemiri sangrai 4 butir
Merica 1 sendok teh
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
Daun bawang iris halus 3 batang
Seledri iris halus 3 tangkai
Bawang goreng 3 sendok makan
Jeruk nipis 3 buah
Bahan Sambal (di haluskan):
Bahan Ukuran
Cabai rawit merah rebus 10 buah
Cabai merah keriting rebus 2 buah
Garam 1/4 sendok teh
Kemiri goreng 2 butir

Cara Membuat Soto Daging Madura

  1. Siapkan air untuk merebus daging, tunggu beberapa lama hingga mendidih dan kaldunya keluar. Kemudian ambil kaldu secukupnya, saring dan angkat kaldu kemudian didihkan kembali.
  2. Selanjutnya anda bisa memasukkan daging paru, usus, babat dan daging dimasak hingga mendidih.
  3. Selagi menunggu mendidih anda bisa menumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, lengkuas dan serai hingga layu dan harum. Selanjutnya hasil dari tumisan bumbu di masukkan dalam rebusan daging. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga matang sempurna.
  4. Soto daging madura siap untuk disajikan, jangan lupa juga bahan pelengkap dan sambalnya agar terasa lebih mantap.
Udara dingin memang suasana yang cocok sekali menikmati hidangan soto madura. Selain itu bisa juga dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Anda akan merasakan kuah sedap dan kehangatan yang bertabur dengan koya serta taburan bawang perah dan tidak lupa perasan jeruk nipis.

Perasan jeruk nipis membuat rasa gurih tertawar dengan sajian soto yang di hidangkan dengan nasi putih hangat. Jangan lupa juga untuk menambahkan bahan-bahan pelengkap di atas serta sambal biar lebih hot dan istimewa.. Anda juga bisa membuat...

Resep Cara Membuat Soto Ceker Bumbu Spesial