Resep Cara Membuat Soto Ceker Bumbu Spesial - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Soto Ceker Bumbu Spesial

Soto Ceker, Salah satu kuliner di Surabaya selain rujak cingur yang sangat terkenal dan tidak kalah nikmat adalah soto ceker Surabaya. Sajian resep soto ceker yang gurih ini dilengkapi dengan ceker dan bahan pelengkap yang istimewa banget.

Bagi anda pecinta soto, soto pada umumnya menggunakan daging bahkan jeroan. Lain halnya dengan soto kali ini yang menggunakan ceker sebagai bahan utamanya sehingga menjadi soto ini mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadi kuliner khas dan populer asal Surabaya. Selain itu Madura punya juga Resep Cara Membuat dan Bumbu Soto Ayam Madura.

Apabila anda sempat bermain ke Surabaya, pastikan anda mencicipi resep soto ceker. Selain itu anda tetap dapat menikmati soto dengan dengan sajian yang berbeda. Memang soto ceker ini memberikan kesan dan kenikmatan tersendiri bagi peminatnya.

Resep Cara Membuat Soto Ceker Bumbu Spesial

Resep Cara Membuat Soto Ceker Bumbu Spesial

Mungkin bagi anda yang kurang biasa dan mendengar kata ceker akan jijik. Jijik karena ceker kesannya jorok dan mengandung banyak kotoran. Akan tetapi mealui proses pencucian dan pengolahan yang tepat ceker pun akan terasa nikmat.

Selain itu ceker dapat menghasilkan kaldu yang banyak dan kandungannya hampir sama dengan daging pada bagian yang lainnya. Untuk menghilangkan amis anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis secukupnya saja.

Untuk menikmati soto ceker anda bisa membeli di Surabaya, di daerah anda yang sudah tersedia penjual soto ceker (pastikan penjual dan resepnya asli Surabaya) dan apabila tidak, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan soto ceker kreasi sendiri sekalian belajar memasak.

Resep Soto Ceker

Bahan Ukuran
Ceker ayam 500 gram
Air 3.000 ml
Serai dimemarkan 2 batang
Daun jeruk dibuang tulangnya 10 lembar
Ikan bandeng digoreng dan diblender dengan 100 ml air 100 gram
Garam 3 sendok makan
Gula pasir 2 1/2 sendok teh
Merica bubuk ½ sendok teh
Minyak untuk menumis 5 sendok makan
Minyak untuk menggoreng Secukupnya
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Bawang merah 8 butir
Kemiri digoreng 5 butir
Bawang putih 4 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Kunyit 3 cm
Serbuk Koya (haluskan):
Bahan Ukuran
Kerupuk udang di goreng 100 gram
Bawang putih di iris dan di goreng 50 gram
Pelengkap:
Bahan Ukuran
Soun rendam 100 gram
Taoge seduh 100 gram
Seledri iris halus 5 tangkai daun
Bawang goreng 10 siung
Jeruk nipis 3 buah
Kecap manis 3 1/2 sendok makan
Nasi putih 10 porsi

Cara Membuat Soto Ceker Surabaya

  1. Siapkan minyak dan panaskan untuk menumis bumbu yang telah di haluskan di atas dan tambahkan dengan daun jeruk dan serai hingga layu dan harum. Tuang airnya aduk rata dan tunggu hingga panas.
  2. Selanjutnya anda bisa memasukkan bahan utama yaitu cekernya dan masak hingga matang sampai terlihat kaldunya. Untuk proses ini gunakan api kecil agar lebih matang sempurna.
  3. Masukkan bandeng yang telah dihaluskan, merica bubuk, gula serta garam dan biarkan hingga mendidih.
  4. Tunggu beberapa lama hingga masak. Soto ceker surabaya siap untuk dihidangkan.
Untuk penyajiannya anda bisa menyiapkan nasi putih, serbuk koya, ayam serta pelengkapnya. Selain itu anda bisa juga menyiapkan sambalnya agar lebih hot dan mantap pedasnya. 

Resep soto ceker sangat terkenal dan lagi booming sehingga anda akan rugi apabila tidak mencobanya. Selain soto ceker apabila anda suka santan bisa mencoba soto ini...