Resep Cara Membuat Bakpao Daging Lembut Empuk Mini Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Bakpao Daging Lembut Empuk Mini Enak

Resep Cara Membuat Bakpao

Resep bakpao, sebagai orang Indonesia tentu kita sudah mengenal makanan yang satu ini. Makanan yang merupakan ciri khas orang Tionghoa. Orang Tionghoa juga banya sekali yang tinggal di Indonesia. Bakpao sebenarnya mempunyai arti tersendiri. Kalau dijabarkan “pao” yang artinya adalah bungkusan, sedangkan “bak” artinya adalah daging jadi dapat kita simpulkan bahwa “bakpao” bisa diartikan dengan bungkusan yang berisi daging didalamnya.

Cara membuat bakpao bisa menggunakan daging ayam, ataupun daging lainnya. Bakpao yang dibuat menggunakan daging ayam disebut juga dengan kehpao. Untuk kulit luarnya bakpao dibuat dengan menggunakan adonan yang berbahan dasar tepung terigu. Tepung terigu diberi ragi agar mengembang kemudian diberi isi didalamnya setelah adonan mengembang nantinya akan dikukus sehingga matang dan bisa kita nikmati.
Resep Bakpao, Cara Membuat Bakpao
Resep bakpao yang memang unik. Seperti yang kita tahu bahwa untuk membuat bakpao bisa menggunakan berbagai macam isian didalamnya. Untuk mengetahui isian yang digunakan pada bakpao biasanya di atas bakpao diberikan tanda yang berupa titik warna. Seperti misalnya bakpao yang tanpa daging kita beri warna titik merah diatasnya dan isian yang lain kita beri warna biru atau warna yang lainnya.

Cara membuat bakpao yang dibawah ini akan kita bahas lebih lanjut. Bakpao mempunyai arti harfiah yaitu baozi yang isinya daging. Pada awal mulanya daging yang digunakan sebagai isian menggunakan daging babi. Namun, untuk isiannya bisa kita isi menggunakan bahan lain seperti daging ayam, sayur-sayuran, selai kacang kedelai, kacang hijau, kacang azuki, serikaya manis ataupun bahan lainnya sesuai dengan kreasi anda sendiri.

Resep yang mungkin sudah tidak sabar akan kita buat. Yang pertama yaitu menyiapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bakpao yang enak. Bisa diperhatikan pada bagian bahan dibawah ini.

Resep Bakpao

Bahan Ukuran
Garam 1 sendok teh
Air Es 175 ml
Tepung Maizena 60 gram
Gula Tepung 100 gram
Baking Powder 1/2 sendok teh
Ragi Instan 8 gram
Mentega Putih 30 gram
Tepung Terigu Protein Rendah 300 gram
Isi Bakpao:
Bahan Ukuran
Merica Bubuk 1/4 sendok teh
Bawang Putih 2 siung
Bawang Merah 4 buah
Garam 1/2 sendok teh
Gula Pasir 1/4 sendok teh
Daun Bawang iris halus 1 batang
Ayam Giling 200 gram
Cara membuat, yang merupakan tahap setelah bahan diatas sudah siap sehingga tahap ini akan berjalan dengan baik. Seperti apa caranya silahkan simak dibawah ini.

Cara Membuat Bakpao

  1. Langkah pertama yang perlu kita siapkan adalah menyiapkan tempat untuk adonan yang akan kita campur dan diaduk dengan rata. Bahanya adalah tepung terigu, tepung maizena, ragi, baking powder dan gula tepung.
  2. Apabila sudah merata silahkan masukkan air es tambahkan juga mentega putih dan garam. Uleni dan diamkan kurang lebih sampai setengah jaman.
  3. Tahap berikutnya yaitu dengan membuat adonan menjadi bulatan bulatan. Untuk satu bulatan kita bisa gunakan timbangan agar bentuknya lebih pas dan rata kurang lebih 30 gram. Apabila bulatan dari adonan sudah terbentuk silahkan diamkan selama kurang lebih 10 menitan.
  4. Untuk isi bakpao silahkan haluskan bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir, dan merica bubuk masukkan juga daging ayam yang sudah digiling sebelumnya setelah itu aduk hingga tercampur rata.
  5. Pipihkan adonan untuk memberikan isi didalamnya kemudian bentuk bulatan lagi dan taruh di atas kertas bakpao diamkan selama kurang lebih setengah jam biarkan hingga mengembang.
  6. Tahap selanjutnya yaitu proses mengkukus, untuk proses ini diperlukan kurang lebih setengah jaman kukus hingga matang. Proses pengukusan bisa menggunakan api sedang agar bakpao yang dihasilkan lebih matang secara merata dan mantap.
Resep yang bisa menggunakan aneka macam kreasi isi yang bisa anda gunakan untuk membuat bakpao. Entah itu menggunakan kacang tahan, blueberry, kacang hijau atau isian lainnya yang biasa anda kreasikan. Resep bakpao bisa anda buat sendiri. Selain itu anda bisa berinovasi dengan cara membuatnya sehingga lebih berbeda dan menarik.

Nah, itulah tadi sudah kami ulas bagaimana cara membuat bakpao. Resep bisa menjadi andalan anda untuk sajian dirumah maupun untuk acara-acara tertentu. Kami juga menulis banyak tentang beberapa resep yang menarik lainnya yang bisa anda baca dan coba seperti.