Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa Enak

Resep Cara Membuat Dadar Gulung

Resep dadar gulung, makanan yang ini pasti sering mendengar kan, bahkan sering mencicipi bahkan mudah ditemui di sekitar kita. Dadar gulung merupakan kue atau panganan khas Indonesia dan Malaysia. Kue ini tergolong ke dalam makanan pancake. Dadar gulung mempunyai isi yaitu parutan kelapa muda kemudian di campur dengan gula jawa cair. Bagian isi dari dadar gulung sering kita kenal atau sebut dengan unti.

Cara membuat dadar gulung yang memang mantap sekali buat anda coba. Karena memang rasanya yang khas dan nikmat. Selain itu warna hijau yang menarik yang dihasilkan oleh bahan daun suji. Sehingga tampak lebih khas dan tradisional hasil akan budaya kita. Tentu bagi penggemar makanan atau kuliner dadar gulung bisa menjadi pilihan walaupun memang sudah sangat populer di masyarakat kita.
Resep Dadar Gulung, Cara Membuat Dadar Gulung
Resep dadar gulung yang mempunyai wangi memikat dan tergolong dalam sebagai kue basah sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Kalau kita amati kita sering menemui makanan ini pada acara tertentu seperti arisan, pertemuan keluarga, aqiqah ataupun acara lainnya. Resep yang sudah beraneka ragam dan berkembang membuat kue dadar gulung mempunyai banyak variasi baik itu dari rasa ataupun penampilannya.

Cara membuat dadar gulung yang mudah bisa kita praktekkan dirumah. Makanan yang memang banyak digemari di kalangan masyarakat selain itu kalangan anak kecil juga suka banget dengan makanan ini. Berbagai macam rasa yang bisa dibuat seperti coklat, keju bahkan abon juga bisa tetapi yang paling umum memang isi kelapa.

Resep yang pertama kali kita butuhkan adalah bahan-bahan. Dengan melengkapi bahan yang dibutuhkan maka proses cara membuat akan lebih lancar. Selanjutnya anda bisa perhatikan detail berikut ini.

Resep Dadar Gulung

Bahan Ukuran
Telur kocok lepas 1 butir
Garam 1/2 sendok teh / secukupnya
Air daun suji yang dihasil dari 15 lbr daun suji dan 1 lembar daun pandan 25 ml
Santan dari 1/4 butir kelapa 175 ml
Tepung terigu 75 g
Bahan Isi :
Bahan Ukuran
Gula merah sisir halus 50 gram
Kelapa parut kasar 100 gram
Daun pandan ikat 1 lembar
Air 75 ml
Garam 1/2 sendok teh / secukupnya
Cara membuat seperti yang akan kita tuliskan di bawah ini. Perhatikan step by stepnya karena sudah tidak sabar ingin segera menikmati dadar gulung yang enak dan mantap. Silahkan simak cara membuat berikut ini.

Cara Membuat Dadar Gulung

  1. Untuk membuat dadar gulung yang enak langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kulitnya terlebih dahulu.Silahkan siapkan tempat untuk mengaduk bahan yaitu tepung terigu dan garam. Aduk hingga benar-benar rata.
  2. Selanjutnya tambahkan santan, daun suji, telur dan air. Aduk kembali hingga benar-benar rata.
  3. Selanjutnya tahap penggorengan dengan memanaskan wajan, kemudian menggoreng kulit yang dibuat dengan adonan tersebut. Silahkan buat dadar dengan tipis-tipis hingga adonan yang dibuat habis.
  4. Selanjutnya apabila sudah habis dan kulit sudah jadi kita buat isinya yang terbuat oleh parutan kelapa. Kelapa diparut kasar, campur dengan beberapa bahan yaitu gula merah, garam, daun pandan dan air. Aduk hingga tercampur dan mersap kedalam parutan kelapa dan agak kering.
  5. Tahap membentuk dadar gulung. Silahkan ambil kulit dadar yang tadi sudah di goreng. Isi dan lipat pada sisi kiri dan kanannya dan gulung.
  6. Dan akhirnya dadar gulung jadi dan siap untuk disajikan.
Resep yang bisa anda coba sendiri dirumah dan bisa dihidangkan bersama keluarga tercinta. Resep dadar gulung bisa menjadi andalan karena memang banyak peminatnya. Untuk pembuatan kulitnya harus hati-hati karena mudah sobek.

Cara membuat yang mudah bukan, oke sekian dulu cara membuat dadar gulung semoga menjadi inspirasi. Bisa bermanfaat bagi anda dan menjadi referensi yang baik. Silahkan baca juga artikel menarik lainnya yang sudah saya tulis disini seperti.