Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makasar & Pemuda Paling Enak Sederhana - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makasar & Pemuda Paling Enak Sederhana

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makasar & Pemuda Paling Enak Sederhana

Es pisang ijo, berbagai variasi unik dari olahan resep es pisang ijo yang dibuat menjadi es pisang seperti es pisang ijo Makasar dan es pisang ijo pemuda. Cara yang kreatif akan membuahkan hasil yang unik dan menarik.

Pisang ijo atau Es pisang ijo merupakan minuman khas yang berasal dari kota Makasar, Indonesia. Jadi apabila sahabat dapur resep bermain dan berkunjung ke kota tersebut sempatkan untuk menikmati es pisang ijo, selain harganya yang terjangkau harga es pisang ijo murah dan enak. Minuman tradisional khas asal Sulawesi Utara ini sudah banyak di kenal dan menjamur di daerah Indonesia. seperti yang kita lihat sekarang ini banyak sekali yang menjual es pisang ijo.

resep es pisang ijo, cara membuat es pisang ijo, es pisang ijo, resep es pisang ijo makasar, resep es pisang ijo paling enak

Memang dari resep atau takaran ada yang berbeda dari aslinya akan tetapi bahan yang digunakan kurang lebih sama yaitu menggunakan pisang ijo. Warna yang ijo juga menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari olahan es ini.

Kali ini kita akan coba resep es pisang ijo paling enak. Pastinya anda akan penasaran dan ketagihan dengan rasanya. Selain itu cara membuat es pisang ijo sederhana bisa dibuat di rumah. Jadi buat sahabat yang belum sempat ke Makasar menikmati es pisang bisa coba bereksperimen sendiri. Seperti apa resepnya, yuk kita simak berikut ini :

Resep Es Pisang Ijo

Bahan Ukuran
Pisang raja matang 6 buah
Tepung beras, ayak 175 gram
Tepung beras 50 gram
Air daun suji atau pewarna makanan 100 ml / secukupnya
Air 300 ml
Garam ½ sendok teh
Bahan Saus :
Bahan Ukuran
Santan 650 ml
Tepung terigu 50 gram
Gula pasir 75 gram
Garam ¼ sendok teh
Daun pandan, ikat Simpul 1 lembar
Bahan Pelengkap :
Bahan Ukuran
Susu kental manis secukupnya
Cokelat meses secukupnya
Sirup strawberry secukupnya
Es serut secukupnya
Serutan keju cheddar secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Ijo

  1. Langkah pertama yaitu menyiapkan tempat panci untuk mencampur dan memasak bahan menjadi satu, bahan yang akan di campur yaitu air, tepung beras, pewarna makanan, daun suji dan garam dalam satu tempat kemudian diaduk hingga rata sampai mendidih. Untuk memasaknya menggunakan api sedang kemudian sampai beberapa lama dan terlihat adonan jadi lembut. Angkat.
  2. Selanjutnya menambahkan adonan tepung beras. Masukkan tepung beras sedikit demi sedikit hingga terbentuk dan menjadi kalis.
  3. Tahap berikutnya yaitu membentuk adonan, kurang lebih ambil hingga 6 bagian dan bentuk bulat yang ukurannya kurang lebih sekitar 0,5 cm. Kemudian adonan dibalutkan pada pisang hingga tertutup rata. Setelah adonan jadi dan terbungkus adonan dengan baik kukuslah hingga masak. Apabila sudah bisa di angkat dan dinginkan.
  4. Sekarang membuat sausnya, dengan cara memasak beberapa bahan berikut santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan kemudian garam jadi satu. Aduk hingga mendidih. Apabila sudah bisa diangkat dan dinginkan.
  5. Pisang ijo sudah siap untuk disajikan.

Demikian resep dan cara membuat es pisang ijo, untuk penyajiannya yaitu bisa menggunakan mangkuk ukuran sedang. Adonan pisang yang sudah jadi dan masak bisa di potong-potong hingga menjadi beberapa bagian dan letakkan di atas mangkuk. Sirami dengan menggunakan sausnya, tambahkan beberapa es serut, tambahkan juga pelengkapnya anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Wuzz,, rasanya benar-benar mantap, resep es pisang ijo paling enak dan cara membuat es pisang ijo sederhana ini bisa diandalkan sebagai sajian atau bisa dibuat hidangan penutup. Selain itu juga bisa diminum begitu saja sambil menikmati pemandangan dengan santai dan nikmat. Suasana yang panas akan lebih mendukung untuk resep es pisang ijo ini dan anak-anak pasti juga suka. Saya yakin sahabat akan berhasil untuk membuat resep ini karena memang sangat sederhana. Sekian semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

(Resep Dadar Gulung dan Cara Membuat Cheese Cake)