Resep Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur

Resep kue lumpur sengaja kita bahas karena memang unik. Tentu saja makanan ringan ini sudah banyak sekali dan mudah untuk di dapatkan di Indonesia. Makanan ringan yang populer di konsumsi dengan santan, kentang, telur dan tepung terigu yang merupakan bahan utama dari makanan ini. Untuk bahannya tidak terlalu nyeleneh sih sangat simple dan mudah untuk didapatkan. Untuk terlihat lebih cantik kue ini biasanya dihiasi dengan kismis dan kelapa muda di iris dan ditaruh di permukaannya kue lumpur.

Cara membuat kue lumpur ini menggunakan vanila sebagai pewangi, sehingga apabila di makan akan terasa wanginya dan mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan wangi tersebut membuat rasa yang dihasilkan semakin nikmat karena di dukung oleh aroma vanila. Jadi bagi anda sebagai pecinta jajanan bisa mencoba kue ini. Namun, memang kue lumpur tidaklah bisa bertahan lama karena merupakan jenis jajanan basah.
Resep Kue Lumpur, Cara Membuat Kue Lumpur
Resep kue lumpur bisa didapatkan di mana saja, termasuk pada blog ini sengaja akan kita bahas bagaimana membuat kue lumpur ini enak. Anda bisa mencoba dirumah berkreasi dengan ide-ide anda untuk membuat kue dan menghasilkan rasa yang terbaik. Tentu saja dengan anda bisa membuat kue akan terasa lebih bermanfaat dan membuat keluarga anda lebih bahagia. Karena siapa sih yang tidak suka istri atau ibu tercinta suka masak. Tentu saja itu bisa menambah nilai plus tersendiri bagi anda sebagai wanita tentunya, selain itu suami akan senang mempunyai istri yang pintar masak.

Cara membuat kue lumpur akan kita bahas nanti, silahkan baca terus artikel ini. Kue lumpur menggunakan bahan-bahan umum yang bisa kita dapatkan di toko atau swalayan terdekat beberapa bahan contoh seperti tepung terigu, kentang dan vanili sebagai bahannya. Tentu saja vanili memang sebagai kelebihan dari makanan ini sehingga menghasilan rasa, aroma dan tekstur yang sempurna. Selain itu memang jajan pasar yang satu ini sangat digemari di kalangan masyarakat. Kue lumpur juga banyak disajikan pada adat-adat tradisional.

Resepnya seperti apa mari kita simak dan coba buat tentu saja dengan menyiapkan bahan secara lengkap seperti berikut ini. Apa saja bahannya silakan simak..

Resep Kue Lumpur

Bahan Ukuran
Tepung terigu 500 gr
Margarine yang dicairkan 250 gr
Daging lembut dari kelapa muda 1 buah
Kismis Secukupya
Telur ayam 4 butir
Gula pasir 250 gr
Garam ½ sendok teh
Vanili ½ sendok teh
Kentang kuku dihaluskan 250 gr
Santan cair 850 ml
Cara membuat kita lanjutkan, karena memang sudah tidak sabar dengan kue yang satu ini untuk dapat segera masak dan dinikmati. Seperti apa cara membuatnya silahkan simak terus.

Cara Membuat Kue Lumpur

  1. Yuk kita buat kue lumpurnya pertama-tama yaitu menyiapkan wadah untuk membuat adonan yang isinya yaitu telur, vanili, gula kemudian campur dan kocok hingga rata kurang lebih sekitar 10 menit.
  2. Masukkan kentang dan kocok kembali hingga kentang juga benar-benar tercampur dengan baik.
  3. Apabila sudah anda bisa mencampurkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  4. Selanjutnya bisa dengan menuangkan santan, margarin cair dan garam aduk kembali.
  5. Saatnya menyiapkan cetakan untuk kue lumpur tidak lupa untuk mengolesi margarin pada permukaannya agar tidak lengket kemudian panaskan.
  6. Apabila cetakan sudah agak panas selanjutnya bisa menuangkan adoan dan memanaskannya kurang lebih selama beberapa menit hingga setengah matang.
  7. Tahap berikutnya yaitu dengan menaburi kismis dan menambahkan kelapa muda pada kue lumpur yang setengah matang tadi, kemudian masak kembali beberapa menit hingga bagian atas pada kue lumpur mulai padat. Apabila masak silahkan angkat dan bisa disajikan.
Resep yang begitu mudah bukan, sedikit tamahan tips untuk mendapatkan kue lumpur yang maksimal yaitu sebelum memasak kue lumpur dan menuangkan pada cetakan alangkah baiknya terlebih dahulu adonan disaring agar supaya tekstur lembut yang didapatkan oleh kue ini.

Cara membuat yaitu dengan dipanggang dengan menggunakan cetakan. Untuk cetakan sebenarnya juga bisa diganti dengan menggunakan cetakan cup cake dengan durasi memasak kurang lebih sama namun hasilnya akan lebih baik.

Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat kue lumpur yang lembut. Sebagai referensi dan koleksi menu anda setiap hari alangkah baiknya anda bisa membaca resep menarik lainnya yang sudah ditulis di blog ini seperti.