Resep Cara Membuat Kue Nastar Keju Lembut Spesial Empuk dan Enak - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Kue Nastar Keju Lembut Spesial Empuk dan Enak

Resep Cara Membuat Kue Nastar

Resep kue nastar, merupakan jenis kue yang sering kita temui di Indonesia. Seperti yang anda tahu kue nastar merupakan sejenis kue kering dimana adonannya terbuat dari tepung terigu, mentega dan telur. Untuk isinya menggunakan selai seperti selai nanas dan selai buah lainnya. Bagi anda yang memang sudah familiar dengan kue ini mungkin sudah tahu asal dari kue nastar. Namun, bagi anda yang belum tahu kue nastar merupakan asal kata dari bahasa Belanda yang berarti ananas dan taart.

Cara membuat kue nastar, dibentuk seperti bulatan-bulatan dengan ukuran kira-kira berdiameter 2cm, kemudian di atasnya diberi dan dihiasi dengan potongan kismis dan cengkeh pastinya akan terlihat cantik sekali. Didalamnya terdapat selai, selain selai nanas juga terdapat selai stroberi, blueberi dan selai lainnya yang bisa di padukan dengan kue nastar. Pada umumnya kue nastar bisa kita temui pada acara atau hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri, Natal bahkan Imlek juga rame dihiasi dengan kue ini. Untuk mendapatkan nastar kali ini juga sangat mudah, karena memang sudah tersebar dan banyak dijual di toko-toko roti, toko kue, atau di pasar swalayan sekalipun. Kue Nastar dijual dengan menggunakan kemasan toples plastik. Kue nastar sekarang ini sudah berkembang dan banyak variasi dari berbagai resep nastar yang beredar.

Resep Kue Nastar, Cara Membuat Kue Nastar

Resep kue nastar, yang merupakan kue kering yang memang sangat banyak sekali di gemari di kalangan masyarakat pada umumnya. Memang yang paling menonjol dan populer untuk kue ini pada saat hari Lebaran tiba. Kue yang sering disajikan dalam penyambutan tamu, apabila kita bersilaturrahmi dan berkunjung ke rumah saudara dan kerabat insyaallah kue nastar juga ramai menyambut anda.

Cara membuat kue nastar, dengan ramainya kue ini tentu saja anda penasaran dan berpikir bagaimana sih cara membuatnya. Pada kesempatan kali ini memang sengaja akan kita ulas bagaimana cara membuat kue nastar yang enak. Tentu saja menggunakan resep, bahan dan cara pengolahan yang benar. Untuk bahan tidak terlalu susah untuk di dapatkan seperti telur, mentega, tepung terigu dan bahan-bahan lainnya untuk membuat kue nastar akan dijelaskan dibawah ini.

Resep ini bisa kita buat dengan langkah awal mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan tentunya sepeperti apa, anda simak dibawah ini.

Resep Kue Nastar

Bahan Ukuran
Kuning telur untuk olesan 2 butir
Mentega butter / margarin ½ kg
Vanili 1 bungkus
Kuning telur 4 butir
Kayu manis 1 potong kecil
Keju Gouda / Keju Cheddar 100 gr
Kismis 50 gr
Tepung terigu ½ kg
Nanas 1 buah
Gula halus untuk kue 100 gr
Gula pasir untuk selai 300 gr
Cara membuat merupakan step berikutnya apabila bahan sudah benar-benar komplit sehingga anda bisa membuatnya dengan baik. Cara yang sangat mudah silahkan anda bisa mengikutinya pada step berikut ini.

Cara Membuat Kue Nastar

Membuat Selai :
  1. Langkah pertama untuk membuat kue nastar adalah membuat selainya terlebih dahulu dengan cara mengupas nanas kemudian di partut.
  2. Campur dan masukkan gula pasir kemudian silahkan dimasak hingga kental.
  3. Apabila sudah masak silahkan didinginkan, buat dan bentuk seperti bulatan mutiara.
Membuat Bahan Adonan :
  1. Tahap berikutnya yaitu membuat adonan dengan mempersiapkan loyang yang berbentuk persegi panjang. Olesi dulu dengan margarin agar tidak lengket.
  2. Silahkan kocok 4 buah kuning telur dicampur dengan gula halus dan mentega hingga benar-benar rata dan mengembang.
  3. Selanjutnya bisa memasukkan keju parut kedalam adonan, dilanjutkan dengan memasukkan tepung terigu dan vanili aduk adonan hingga rata dan adonan bisa dibentuk seperti bulatan.
Membuat KUE :
  1. Bulatkan dan bentuk kue dengan menggunakan tangan kira-kira ukurannya lebih kecil sedikit dari bola golf.
  2. Bulatan selai yang pertama tadi telah dibuat bisa dimasukkan kedalam bulatan kue yang sedang dibenuk.
  3. Selanjutnya bisa memotong kismis menjadi empat bagian kecil dan letakkan sepotong kismis di atas kue nastar.
  4. Untuk permukaan kue bisa diolesi dengan kuning telur yang sudah disiapkan.
  5. Susun sedemikian rupa hingga kue terlihat bagus di dalam loyang sehingga anda siap untuk memanggan di dalam oven. Adonan tersebut dibuat untuk 40 butir. Apabila sudah masak kue nastar bisa diangkat dan dihidangkan.
Resep sudah anda buat, sungguh rasanya sangat menggoda selera karena memang enak. Resep kue nastar bisa anda buat sendiri dirumah. Kue natar ini bisa sebagai koleksi cara membuat kue yang bisa anda catatat dan simpan karena siapa tahu nanti setelah mendekati hari raya anda membutuhkan resep ini.

Jadi lapar dan ingin segera menyantapnya, demikian cara membuat kue nastar semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi yang baik bagi anda. Silahkan baca juga artikel menarik lainnya anda bisa dapatkan di blog ini karena memang sudah banyak sekali resep yang kami tulis sebelumnya seperti.