Resep Cara Membuat Nasi Kuning Guri Komplit Enak Spesial - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Guri Komplit Enak Spesial

Resep Cara Membuat Nasi Kuning

Resep nasi kuning, makanan khas Indonesia merupakan makanan yang berwarna kuning. Dinamakan nasi kuning karena memang warnanya kuning yang merupakan efek dari campuran bumbu didalamnya yaitu kunyit. Nasi kuning bahan utamanya yaitu beras di masak bersama dengan kunyit dan dicampur dengan rempah lainnya tidak lupa terdapat santan juga yang dicampurkan. Pada umumnya rasa dari nasi kuning ini gurih, nasi kuning bisa disebut juga variasi lain dari nasi putih. Sering kita lihat nasi kuning biasanya disajikan pada acara acara tertentu biasanya selametan atau biasa kita sebut dan digunakan sebagai tumpeng.

Cara membuat nasi kuning yang nantinya ketika masak disajikan dengan lauk pauk khas Indonesia. Seperti yang kita semua tahu mungkin masih ada beberapa yang belum tahu nasi kuning sebagai tradisi yang terkandung di dalamnya mempunyai makna tertentu. Nasi kuning melambangkan gunung emas yang maknanya yaitu kemakmuran, kekayaan dan juga moral yang luhur. Jadi memang kenapa sering kita temui nasi kuning pada acara-acara tertentu karena memang mempunyai arti yang penting bagi budaya dan tradisi Indonesia.

Resep Nasi Kuning, Cara Membuat Nasi Kuning

Resep nasi kuning yang apabila sudah jadi kita sering jumpai pada acara kelahiran, syukuran, pernikahan, tunangan dan banyak acara lainnya. Selain itu kita bisa temui di bali, tradisi bali sering mengartikan warna kuning adalah salah satu dari empat warna yang keramat yang pernah ada. Tiga warna diantaranya adalah putih, hitam dan merah. Seperti kita lihat nasi kuning juga disajikan atau dipakai juga sajian pada upacara kuningan yang ada di bali.

Cara membuat nasi kuning yang memang sangat populer, tetapi mungkin anda belum tahu bagaimana cara membuatnya. Sengaja pada kesempatan kali ini ingin membahas bagaimana cara membuat nasi tumpeng atau nasi kuning yang enak. Tentu saja seperti biasa anda beberapa bahan utama dari nasi kuning ini seperti beras, kunyit dan rempah lainnya.

Resep nasi kuning kita buat, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini.

Resep Nasi Kuning

Bahan Ukuran
Serai memarkan 1 batang
Air kunyit 2 sendok makan
Daun pandan 1 lembar
Kunyit bubuk 1/4 sendok teh
Garam 1 sendok makan
Daun salam 2 lembar
Beras cuci dan tiriskan 500 gram
Santan dari 1 butir kelapa 500 ml
Lengkuas memarkan 2 cm
Kaldu ayam 300 ml
Cara membuat, kita lanjutkan untuk mendapatkan hasil nasi kuning yang enak. Seperti apa anda bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut.

Cara Membuat Nasi Kuning

  1. Untuk membuat nasi kuning silahkan campur semua bahan menjadi satu. Satukan dengan beras tunggu beberapa saat hingga bumbu benar-benar meresap pada beras.
  2. Beras siap untuk dimasak silahkan ambil kukusan, masak beras hingga benar-benar matang dan menjadi nasi kuning.
  3. Apabila sudah masak anda bisa menyajikannya, pada umumnya sajian biasanya berupa irisan telur darar, ayam serta sayuran dan berbagai lauk lainnya.
Resep yang dibutuhkan untuk membuat nasi kuning ini sangatlah sederhana sekali. Seperti hampir sama dengan memasak nasi bedanya yaitu dengan memberikan bumbu dan campuran santan. Resep nasi kuning sangat penting karena nantinya anda pasti mempunyai acara-acara seperti syukuran dan acara lainnya yang membutuhkan nasi kuning ini.

Cara membuat diatas bisa anda catat tentunya karena suatu saat membutuhkan anda bisa membukanya kembali atau bisa berkunjung kembali pada blog ini. Karena memang saya update terus kontennya dengan berbagai resep manarik lainnya.

Demikian cara membuat nasi kuning kami sajikan untuk anda. Harapannya semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik bagi pembaca. Artikel menarik lainnya bisa anda baca seperti.