Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Enak Khas Solo - DAPUR RESEP NUSANTARA

Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Enak Khas Solo

Resep Cara Membuat Tongseng Kambing

Resep tongseng kambing, setelah postingan sebelumnya yang membahas tentang tongseng ayam sekarang giliran tongseng kambing yang akan kita buat. Tongseng kambing umumnya rame ketika hari raya Idul Adha tiba karena mengapa, memang pada hari raya tersebut ramai akan daging kambing jadi resep ini merupakan resep yang handal untuk di gunakan. Bukan hanya pada hari raya Idul Adha saja anda bisa membuatnya sekarang juga bisa hehehe... namun anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu untuk membuat tongseng kambing.

Cara membuat tongseng kambing yang sangat terkenal ini bisa anda buat dirumah. Tongseng kambing merupakan makanan khas Solo. Cara membuat songseng ini gampang-gampang susah sih namun anda bisa membuatnya hanya butuh kesabaran dan kemaun untuk membuat tongseng agar supaya hasil yang didapat bisa maksimal untuk tongseng kambing yang menggoda selera.
Resep Tongseng Kambing, Cara Membuat Tongseng Kambing
Resep tongseng kambing, sebenarnya tongseng kambing ada dua jenis yaitu dengan menggunakan santan dan tanpa santan. Namun kali ini yang akan kita buat yaitu tongseng dengan menggunakan santan sebagai kuahnya. Rasa yang didapatkan memang khas gurih, legit dan nikmat. Untuk membuat tongseng kambing tentu saja bahan utamanya harus direbus terlebih dahulu untuk hasil yang empuk untuk dikonsumsi.

Cara membuat tongseng kambing, agar tidak bau daging kambing tidak perlu dicuci dan direbus setengah matang cara ini sebenarnya untuk menggantikan pencucian. Karena ini memang cara yang ampuh untuk menghilangkan bau kambing yang tajam selain itu agar didapat daging yang empuk dan mudah dikunyah. Sepertinya anda sudah mulai penasaran tentang tongseng kambing. ayok kita buat simak terus ya.

Resep membuat masakan ini menggunakan bahan-bahan yang bisa disiapkan terlebih dahulu. Untuk bahannya seperti berikut ini.

Resep Tongseng Kambing

Bahan Ukuran
Daging kambing 600 gram
Garam 2,5 sendok teh
Air 1,5 liter
Daun salam 3 lembar
Santan buah kelapa 1.200 ml
Lengkuas memarkan 3 cm
Sayur kol potong kotak-kotak kecil 200 gram
Bawang merah kupas tipis 3 siung
Serai dimemarkan 1 batang
Tomat hijau 2 buah
Cabe rawit 6 buah / sesuai selera
Daun bawang 3 batang
Kecap manis kental 5 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus :
Bahan Ukuran
Bawang putih 5 siung
Kemiri sangrai 5 butir
Jahe kupas 3 cm
Bawang merah 6 siung
Lada bubuk secukupnya
Ketumbar 1,5 sendok teh
Kunyit dibakar 4 cm
Cara membuat kita lanjutkan apabila bahan benar-benar terkumpul dengan baik. Agar supaya proses pembuatan tongseng kambing ini lancar.

Cara Membuat Tongseng Kambing

  1. Untuk membuat tongseng kambing anda bisa menyiapkan satu buah panci terlebih dahulu kemudian diisi dengan air bersih secukupnya untuk merebus daging tadi di atas kemudian tambahkan daun salam hingga empuk. Apabila sudah empuk bisa ditiriskan kemudian di potong kecil-kecil sesuai dengan selera anda.
  2. Siapkan satu panci lagi untuk merebus santan, untuk merebusnya silahkan gunakan api kecil sehingga santan masak dengan mantap.
  3. Selanjutnya memasukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam rebusan santan yang dibuat kemudian tambahkan juga daun salam, garam, serai dan lengkuas. Aduk kembali hingga mendidih dan rata. Setelah itu matikan apinya.
  4. Tahap berikutnya yaitu menumis bumbu seperti bawang merah dan cabe rawit yang sudah dipotong kecil seperti di atas dengan menggunakan wajan yang diberi sedikit minyak.
  5. Saatnya memasukkan daging kambing yang direbus tadi dan telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu. Kemudian aduk hingga rata dan aromanya harum.
  6. Masukkan juga kol sebanyak kedalam tumisan bumbu goreng hingga warnanya layu.
  7. Anda bisa menambahkan kecap manis, tentu saja anda gunakan kecap yang bagus untuk hasil yang maksimal dan rasa yang lezat. Aduk kembali hingga benar-benar rata dan bahan tercampur dengan sempurna.
  8. Berikutnya dengan memasukkan santan kedalam tumisan kemudian mengaduknya kembali agar tercampur dengan semua bahan sampai mendidih dan benar-benar rata. Untuk proses pengadukan baiknya diaduk secara terus menerus agar santan benar-benar tercampur dengan baik dan tidak pecah.
  9. Lankah terakhir yaitu dengan memasukkan potongan tomat hijau dan daun bawang aduk kembali hingga benar-benar rata untuk apinya menggunakan api sedang untuk hasil yang maksimal.
  10. Silahkan cicipi hidangan tersebut mungkin kurang asin atau kurang bagaimana jadi anda mengira kekurangan bumbunya. Setelah yakin dan benar-benar masak silahkan angkat bisa disajikan.
Resep tadi sudah dibuat dengan baik. Tentu saja anda bisa membuatnya dirumah sendiri dan menyajikannya dengan keluarga tercinta. Resep tongseng kambing bisa dijadikan resep andalan anda apabila mempunyai banyak daging kambing.

Cara membuat sangat mudah bukan, oke sekian tips cara membuat tongseng kambing bisa anda catat agar tidak lupa atau bisa mengunjungi blog ini lagi apabila membutuhkan. Semoga bermanfaat dan jadi referensi yang baik bagi anda. Selain resep ini anda berbagai resep menarik lainnya yang sudah saya tuliskan di blog ini bisa anda simak seperti.